Senin, 1 Juni 2020

Genmuda – Engga kerasa beberapa hari lagi kita bakal nyambut tahun baru nih gaes. Kita juga pasti udah sibuk mikirin kira-kira tahun depan ada hal apa lagi nih yang bakal trending, bahkan kemarin kita juga udah sempat ngebahas kira-kira apa aja yang bakal ngetrend di dunia teknologi di tahun 2017 (bukan om telolet om ya).

Namanya juga teknologi emang engga bakal pernah habis buat dibahas, sebelum beranjak ke tahun baru, ada baiknya kita coba kilas balik ada apa aja sih di dunia teknologi selama tahun 2016 ini.

Google

Kalo ngomongin raksasa teknologi satu ini pasti kamu bakal langsung keinget kalimat “Ok Google”, itu adalah salah satu usaha Google untuk ngenalin AI mereka yang bernama Google Assistant ke Indonesia. Kenapa mereka gencar banget iklanin fitur ini? Selain karena pengguna Android di Indonesia yang buanyak banget, Google juga pelan-pelan mau ngebiasain kita untuk terus make fitur Google Assistant supaya produk-produk hardware mereka (Google Pixel, Pixel XL dan Home) bisa lebih diterima masyarakat Indonesia. Walaupun secara resmi mereka belum ngerilis ponsel Google Pixel dan Pixel XL via Play Store, tapi ada beberapa situs jual beli Indonesia yang udah mulai nawarin ponsel buatan Google ini loh.

via genmuda.com
(Sumber: Istimewa)

Tapi sayangnya ada beberapa kendala yang ditemui Google di Indonesia, yaitu masalah pembayaran pajak. Kasus ini sempat heboh, soalnya menurut perkiraan Ditjen Pajak, pendapatan iklan Google di Indonesia ini mencapai Rp 5 triliun.

Dari segitu banyak uang yang mereka kantongi, taksiran pajak yang harus mereka bayar itu sekitar Rp 437,5 miliar. Walaupun Google selama ini katanya udah bayar pajak, tapi menurut Ditjen Pajak, yang mereka bayar itu masih kurang. Sampe sekarang pun masalah ini juga belum kelar-kelar.

Eniwei, seluruh media di dunia juga mulai bertanya-tanya, kira-kira hardware buatan Google itu mampu engga ya bersaing dengan produsen-produsen teknologi lainnya di tahun 2017 nanti? We’ll see.

Microsoft

Masih inget dengan keputusan Microsoft yang mengakuisisi Nokia sambil berharap kalo penjualan Windows Phone mereka bakal makin naik? Sayangnya di tahun 2016 ini mereka engga berhasil wujudin harapan itu gaes. Walaupun penjualan PC/Laptop Windows 10 makin meningkat, sayangnya Windows 10 Mobile engga bisa bersaing dengan sistem operasi lain seperti Android dan iOS.

Windows 10 dan Windows 10 Mobile yang harusnya jadi duet kece (c) Microsoft

Terbukti di tahun 2016 ini Microsoft sama sekali engga ngeluarin ponsel Lumia terbaru, bahkan ponsel dengan brand Microsoft Surface Phone yang rumornya bakal dirilis tahun 2016 ini pun engga muncul juga. Eh yang ngagetinnya lagi malah ada pengumuman kalo Nokia bakal comeback dengan ponsel Android di tahun 2017.

Apple

Hal yang paling menonjol dari Apple tahun ini tentu engga jauh dari hardware yang mereka punya, salah satunya adalah iPhone 7. Secara garis besar iPhone ini emang jauh lebih keren dibanding pendahulunya, spesifikasinya makin gahar, desainnya makin oke, sayangnya ada satu hal yang bikin nama iPhone 7 jadi jelek.

Yup, keputusan Apple untuk ilangin jack headphone dan beralih ke adaptor tambahan emang cukup ngeselin. Nyesek kan kalo kalian punya headphone yang mahal, tapi mau nyolok ke iPhone kudu pake adapter dulu?

Kendati Apple udah bilang kalo masa depan headphone itu full wireless, tapi buktinya wirelss AirPod earbuds buatan mereka ternyata masih kurang pas untuk ngegantiin headphone kesayangan kalian selama ini.

Engga cuma itu, bahkan MacBook Pro 2016 yang dibuat lebih tipis dan ringan ini juga dapet banyak banget kritik dari media. Walaupun udah makin canggih dengan adanya fitur Touch Bar, sayangnya MacBook yang super mahal ini engga se-Pro namanya. Masa iya engga ada slot buat nyolok kartu memori? Atau seengganya port USB banyakin dikit deh.

Samsung

Samsung Galaxy S7 Edge (c) Genmuda.com/2016 Sari Muda

Tahun ini bisa dibilang Samsung cukup bikin heboh seluruh dunia. Kalo heboh positifnya sih mereka sukses bikin semua orang tercengang dengan kemampuan ponsel Samsung Galaxy S7 & S7 Edge. Bahkan sampe artikel ini ditulis, S7 Edge tetap jadi salah satu ponsel terbaik yang ada di tahun 2016. Penjualannya oke, iklannya pun jalan terus sampe sekarang. Tapi ada sedikit kesalahan yang Samsung lakuin.

©Genmuda.com/2016 TIM
©Genmuda.com/2016 TIM

Samsung Galaxy Note 7, adalah kesalahan yang cukup fatal buat raksasa teknologi yang berasal dari Korea Selatan ini. Berawal dari peluncuran Note 7 yang mulus, review yang keluar juga banyak yang positif, eh ujungnya berakhir tragis.

Note 7 mendadak meledak dan bikin orang-orang panik. Bahkan maskapai penerbangan beberapa negara ngeluarin aturan kalo ponsel Galaxy Note 7 ini dilarang untuk ikut naik pesawat. Sempat ngebenerin ponsel yang beresiko meledak ini, ternyata Note 7 tetap bikin malapetaka, yang akhirnya maksa Samsung untuk narik seluruh Galaxy Note 7 yang beredar. Yup, seluruhnya tanpa terkecuali. So kalo kamu punya hape ini, mending simpen aja deh, bakalan jadi barang langka! (awas meledak).

Ini yang engga kalah ngebohin gaes

via ted.com
Elon Musk. (Sumber: ted.com)

Ketika banyak produsen mobil yang berlomba-lomba untuk nyempurnain teknologi self-driving car, ternyata malah ada CEO salah satu produsen mobil yang udah berambisi untuk berangkatin orang-orang bumi buat pindah ke Mars.

Elon Musk, pemilik perusahaan roket SpaceX dan mobil Tesla ini emang punya ambisi yang sangat besar! Bahkan proposal doi untuk ngebuat koloni manusia di Mars ini bikin hampir semua umat manusia geleng-geleng kepala.

Kira-kira momen mana nih yang paling inovatif menurut kamu? Kasih komentar kamu di bawah ya! (sds)

Comments

comments

Sari Muda
Tech Enthusiast