Rabu, 18 September 2019

Genmuda – Ponsel Google Pixel dan Pixel XL udah resmi diluncurin Google waktu ngadain seminar Google Event di San Francisco, Amerika Serikat, Selasa malam waktu setempat, atau Rabu (5/10) WIB. Para petinggi Google dan media langsung mensejajarkan ponsel anyar itu dengan iPhone 7 dan 7 Plus.

“Ini adalah ponsel perdana yang didesain luar-dalamnya oleh Google. Inilah ponsel paling mutakhir yang pernah kami buat sejauh ini,” kata CEO Google Sundar Pichai, mirip seperti omongan CEO Apple Tim Cook waktu launching generasi iPhone 7.

Seperti info yang udah bocor, Google Pixel dipasangin baterai 2.770mAh, prosesor Qualcomm 2.0Ghz, 4GB RAM, kamera belakang 12MP, kamera depan 8MP, layar 5 inchi AMOLED, dan memori internal 32 GB atau 128 GB.

Sementara Pixel XL punya baterai 3.450mAh, prosesor quad-core Qualcomm, 4GB RAM, kamera belakang 12MP, kamera depan 8MP, layar 5,5 inchi AMOLED, dan memori internal 32 GB/128 GB. Bukan spesifikasi hardware itu yang bikin generasi Pixel nyaingin generasi iPhone 7, tapi fitur di bawah ini:

1. Asisten digital

via techcrunch.com
Fitur Google Assistant yang bisa diajak ngobrol kayak ‘Siri.’ (Sumber: techcrunch.com)

Kalo iPhone udah punya ‘Siri’ dari dulu, kini Google masang Google Assistant (GA) di Pixel dan Pixel 7. Otomatis, OS Android yang ditanem di kedua ponsel itu adalah versi terbarunya, Android 7 Nougat.

2. Finger print scanner

via mirror.co.uk
Lingkaran yang terbuka di belakang ponsel itu adalah fingerprint scanner-nya. (Sumber: mirror.co.uk)

Engga mau tertinggal masalah teknologi, Google pun masang scanner sidik jari ke ponsel teranyarnya ini. Bentuknya mirip seperti tombol home di iPhone 7 dan 7 Plus. Bedanya, Google meletakkan scanner itu di bagian belakang ponsel.

3. Punya aplikasi video chat bawaan

via mirror.co.uk
Ki-ka: Fitur Google Assistant dan aplikasi ‘Duo’ di Pixel. (Sumber: mirror.co.uk)

Kalo di Apple, namanya adalah ‘FaceTime.’ Kalo Google menyebut aplikasi video chatnya dengan nama ‘Duo.’ Fungsinya sama-sama sebagai aplikasi video chat bawaan.

4. Kameranya sama-sama punya image stabilization

via techradar.com
Cuplikan iklan kamera Google Pixel. Tapi kamera aslinya ga menyembul loh, gaes. (Sumber: techradar.com)

Fitur ‘stabilization’ dan HDR+ udah oke buat bikin hasil jepretan jernih dan fokus. Meski begitu, kameranya Pixel XL belum dilengkapi fitur ‘telephoto’ yang bisa motret gambar nge-zoom tetap jernih seperti di iPhone 7 Plus. Uniknya, lembaga penilai kamera ponsel DXOMark menilai kamera Pixel dan Pixel XL dengan skor 89. Sementara generasi iPhone 7 cuma dapet 86. Hmm… Mungkin karena jepretan generasi iPhone 7 terlalu jernih kali ya.

5. Punya penyimpanan Cloud

blog.google.com
Tampilan promosi Google Photos. (Sumber: blog.google.com)

Google Pixel juga langsung dilengkapi tempat penyimpanan cloud yang katanya engga terhingga. Dengan begitu, engga perlu takut storage ponsel kepenuhan karena Kawan Muda hobinya selfie atau bikin vlog.

6. Live customer support

via techradar.com
Kilasan presentasi Pixel di Google Event, 4 Oktober waktu San Francisco. (Sumber: techradar.com)

Berhubung ini pertama kalinya Google ngedesain hardware ponselnya sendiri, mereka terbilang masih khawatir soal kebolehannya. Mereka akhirnya menghubungkan semua keluarga Pixel ke customer service yang bisa ngeliat langsung tampilan langsung layar di ponsel dari jarak jauh.

7. Terhubung dengan iPhone

via arstechnica.com
Google nunjukin caranya migrasi dari iPhone ke Pixel. (Sumber: arstechnica.com)

Google juga menyediakan kabel penghubung Pixel dengan iPhone 7. Kalo dicolokin, semua kontak, foto, video, musik, pesan singkat, kalender, dan iMessages dari iPhone 7 langsung masuk ke Google Pixel. Jadi, pengguna iPhone yang mau ‘migrasi’ engga perlu repot-repot copy-paste dari nol.

8. Ada audio jack 3,5mm

via arstechnica.com
Harga Google Pixel adalah 649 dollar AS (sekitar 8,4 juta rupiah) atau bisa dicicil 27 dollar AS per bulan (sekitar 351 ribu rupiah per bulan). (Sumber: arstechnica.com)

Biarpun desain, spesifikasi, dan fiturnya menyaingi generasi iPhone 7, Pixel masih mempertahankan lobang audio jack 3,5mm. Pemilik headset berkabel engga perlu khawatir karena headsetnya pasti berfungsi asalkan colokannya tepat.

Delapan fitur itu yang bikin Google pede banget para pengguna iPhone bakalan pindah ke Pixel. Selain itu, Google juga udah nyiapin warna ‘Very Silver,’ ‘Really Blue,’ dan ‘Quite Black.’

Smartphone Google ini udah bisa dipesen di AS, Inggris, Australia, Jerman, dan Kanada. Sedangkan negara lainnya akan menyusul di tanggal 20 Oktober nanti. Well, kita doain aja semoga engga telat masuk Indonesia. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.