Senin, 19 Agustus 2019

Genmuda – Hai Kawan Muda, buat kamu penggila gadget pasti udah pada tau kan ya kalau Samsung udah ngeluarin ponsel anyar mereka yang paling canggih saat ini. Kali ini Genmuda.com bakalan ngulik salah satu variannya, yaitu Samsung Galaxy S7 Edge.

Tahun ini Samsung luncurin dua varian ponsel high-end mereka, Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge. Keduanya memiliki spesifikasi yang identik, kecuali estetika, ukuran layar dan baterai. Karena itulah Genmuda.com review Galaxy S7 Edge, karena kurang lebih dapat mewakili kedua ponsel tersebut.

Unboxing

Pertama kali ngeliat packaging S7 Edge kamu tentu udah punya feeling kalau ponsel ini emang ditujukan buat kelas atas. Perpaduan warna yang elegan dan desainnya yang simpel semakin mempertegas status ponsel premium satu ini. Begitu kamu buka tutup kotaknya, smartphone yang kamu idam-idamkan sudah menunggu buat diangkat.

Samsung Galaxy S7 Edge Unboxing (c) Genmuda.com/Sari Muda
Samsung Galaxy S7 Edge Unboxing (c) Genmuda.com/2016 Sari Muda

Packaging-nya terbilang sangat rapi dan mudah buat dibuka. Selain ponsel, terdapat beberapa kelengkapan lainnya seperti Adaptive Fast Charger Adapter, kabel USB, USB Connector, dan Earphone. Selain itu ada juga buku panduan dan kartu garansi.

Smart Switch via USB Connector antara S7 Edge dan Note 4 (c) Genmuda.com/Sari Muda
Smart Switch via USB Connector antara S7 Edge dan Note 4 (c) Genmuda.com/2016 Sari Muda

USB connector yang disematkan di dalam kotak S7 Edge ini sangat bermanfaat loh gaes! Selain kamu bisa migrasi data dari hape kamu yang lama ke S7 Edge via USB Connector dan aplikasi Smart Switch, kamu juga bisa manfaatin USB Connector ini untuk mindahin data dari S7 Edge kamu lebih cepat ke ponsel lain atau PC kamu.

Design

Samsung Galaxy S7 Edge Welcome Screen (c) Genmuda.com/Sari Muda
Samsung Galaxy S7 Edge Welcome Screen (c) Genmuda.com/2016 Sari Muda

Secara kasat mata kamu bakal disuguhi dengan desain yang mirip dengan pendahulunya, yaitu Samsung Galaxy S6 Edge. Campuran metal dan kaca, serta lekukan layar yang indah, terlebih layar ini juga memiliki kegunaan, engga cuma sekedar pemanis tampilan, ngebuat ponsel ini benar-benar terlihat premium. Kalau kamu suka dengan desain S6 Edge, maka kamu bakal makin kagum dengan desain S7 Edge yang makin disempurnakan.

Dengan layar 5,5 inci dengan bentang layar 1440×2560 pixels (534 ppi), S7 Edge terbilang kecil dengan body to screen ratio 76,1% persen. Apalagi pas kamu pegang, curve yang ada di bagian depan dan belakang semakin ngebuat ponsel ini seolah kecil dan compact. Overall, S7 Edge jauh lebih enak digenggam dibanding S6 Edge, meskipun kadang layar curve-nya masih sering kepencet engga sengaja ketika kita operasikan.

Dengan dibekali lapisan Gorilla Glass 4 di bagian depan dan belakang, S7 Edge ternyata masih termasuk kategori ponsel yang cukup licin, jadi hati-hati aja ya jangan sampe kepeleset jatuh dari tangan. Selain itu S7 Edge juga rawan sama sidik jari, apalagi kalau kamu abis makan gorengan dan lupa cuci tangan.

Hardware

Kartu Sim Dual SIM (Nano-SIM)
Dimensi 150,9 x 72,6 x 7,7 mm / 157 gram
Layar Super AMOLED capacitive touchscreen, 5,5 inci 1440 x 2560 pixels (~534 ppi pixel density) + Corning Gorilla Glass 4
Memori 32 GB, microSD, up to 200 GB
Ram 4 GB
Kecepatan Internet HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat9 450/50 Mbps
Sistem Operasi Android OS, v6.0.1 (Marshmallow)
Processor / Chipset Exynos 8890 Octa, Quad-core 2,3 GHz Mongoose + Quad-core 1,6 GHz Cortex-A53
Kamera Belakang 12 MP, f/1,7 aperture, 26 mm, OIS, autofocus, LED flash
Kamera Depan 5 MP, f/1.7, 22mm, dual video call, Auto HDR
Kapasitas Baterai Non-removable Li-Ion 3600 mAh battery

Dari dapur pacu yang ada, S7 Edge punya dua varian prosesor tergantung dari daerah produksi dan pemasarannya. Kedua prosesor itu adalah Qualcomm Snapdragon 820 dan Exynos 8890, masing-masing varian dibekali dengan RAM 4GB LPDDR4. Khusus di Indonesia, prosesor yang digunakan adalah Exynos prosesor octa-core dengan 4 inti 2,6GHz Mongoose dan 4 inti 1,6GHz Cortex-A53.

Samsung keliatannya berusaha ngedengerin keluhan dari penggunanya, sekarang S7 Edge di-upgrade dengan menutupi kecacatan yang ada di pendahulunya, yaitu S6. S7 Edge memiliki kapasitas baterai yang lebih besar yaitu 3600 mAh, mendukung SD Card hingga 200GB, sertifikasi IP68 (anti debu dan air hingga kedalaman 1,5 meter).

Secara keseluruhan Samsung Galaxy S7 Edge ini udah benar-benar nutupin kekurangan dari pendahulunya, dimulai dari S5 (fitur lengkap tapi desain yang terlihat murahan), S6 (desain bagus, tapi baterai terlalu kecil dan engga bisa pake storage tambahan).

UX (User Experience)

Pasti seneng dong begitu kita beli ponsel baru, kita udah langsung ngerasain OS yang paling baru. Nah, Samsung udah ngelakuin hal tersebut dengan menggunakan sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow. Sesuai tradisi, Samsung juga memodifikasi User Interface dengan menerapkan TouchWiz. Tapi tenang Kawan Muda, meskipun kita tau TouchWiz punya reputasi yang kurang baik (karena berat dan banyak fitur yang engga begitu penting) Samsung berusaha untuk terus memperbaiki kekurangan UI mereka.

Tampilannya bisa kamu ubah melalui Theme Store dari Samsung. Kamu bisa pilih tema sesuai keinginan dan kesukaan kamu. Mau yang warna-warni? Atau kamu lebih senang dengan tampilan Stock Android? Semua bisa diatur, ditambah lagi tema ini engga hanya sekedar ngubah wallpaper, tapi juga UI kamu secara keseluruhan.

TouchWiz juga merupakan UI yang paling direkomendasikan kalau kamu emang mau maksimalin kinerja dan fitur yang ada di Samsung Galaxy S7 Edge ini. Split-window multi tasking yang memudahkan kita untuk lebih produktif udah bisa kamu pake mulai dari ponsel Samsung terdahulu, sedangkan ponsel lain masih berharap dari Android N untuk aktifin fitur tersebut.

Edge launcher yang bisa kamu akses dengan cara geser dari ujung layar, bakal ngasih kamu menu tambahan yang bener-bener berguna. Mulai dari kontak favorit, jalan pintas untuk aplikasi favorit kamu, hingga tools yang bermacam-macam.

Samsung Galaxy S7 Edge Always On Screen(c) Genmuda.com/Sari Muda
Samsung Galaxy S7 Edge Always On Display(c) Genmuda.com/2016 Sari Muda

Samsung Always On Display jadi hal yang sangat diidam-idamkan pengguna Samsung selama ini, karena akhirnya Samsung manfaatin teknologi AMOLED-nya untuk ngasih beberapa informasi melalui lockscreen ketika ponsel engga dipake. Kamu juga bisa atur tampilannya sesuai keinginan kamu. Sayangnya, di balik itu tetap masih ada kekurangan. Double Tap to Wake masih belum ada dan notifikasi yang ditampilin belum sepenuhnya lengkap.

Oh ya, kalau kamu gamer sejati, kamu bakal makin senang gaming pake ponsel ini. Melalui Game Launcher, kamu bisa main game tanpa diganggu oleh notifikasi lain yang masuk, minimize game yang sedang kamu mainin, ambil screenshot dan ngerekam video game yang sedang kamu mainin.

Samsung Galaxy S7 Edge 12 MP Camera Dual Pixel f/1,7 (c) Genmuda.com/Sari Muda
Samsung Galaxy S7 Edge 12 MP Camera Dual Pixel f/1,7 (c) Genmuda.com/Sari Muda

Kameranya sendiri merupakan salah satu kamera terbaik yang pernah ada di smartphone saat ini. Meskipun banyak yang komplain mengenai keputusan Samsung untuk turun dari resolusi 16MP ke resolusi 12MP, tapi Samsung berhasil memadukan sensor tersebut dengan bukaan lensa f/1,7 dengan lensa 27 mm, ukuran pixel 1,4 µm dan teknologi fokus yang semakin canggih, ngebuat ponsel ini benar-benar keren untuk dipake foto low-light sekalipun.

Hasilnya benar-benar keren gaes! Kalau kamu emang kurang suka dengan pengaturan auto dari Samsung (yang biasanya sih saturasinya terlalu tinggi), kamu bisa masuk ke mode manual yang ngebuat kamu bisa semakin kreatif untuk mengekspresikan gaya fotografi kamu. Silahkan kamu coba sendiri, maka kamu bakal tersenyum puas dengan hasil yang kamu dapetin.

Hasil Kamera Depan Samsung Galaxy S7 Edge low-light (c) Genmuda.com/Sari Muda
Hasil Kamera Depan Samsung Galaxy S7 Edge low-light (c) Genmuda.com/Sari Muda

Untuk kamera depan, Samsung menggunakan kamera 5 MP dengan aperture f/1,7. Hasilnya cukup jernih, ditambah beberapa mode beautify yang bisa mempercantik kamu dengan sekejap. Silahkan digunakan dengan bijak supaya hasil fotonya engga terlalu menipu ya! He-he.

Hasil rekaman Videonya juga mengagumkan dan stabil. Kameranya mampu merekam video 4K dengan kecepatan 30 frame per detik, 1080p hingga 60 fps, dan 720p hingga 240 fps! Cocok buat kamu yang hobi buat video Slow-Motion. Genmuda.com menyarankan untuk menggunakan pengaturan 1080p di 30 fps, karena mode ini tampaknya mode yang paling baik stabilization gambarnya.

Untuk masalah performa jangan ditanya lagi deh Kawan Muda, Genmuda.com udah nyobain buka aplikasi yang cukup banyak secara cepat, bahkan multi-tasking hingga belasan aplikasi dan ternyata engga nimbulin masalah sama sekali di S7 Edge. Selain hardware yang udah paling top, tampaknya ini juga berkat Android Marshmallow yang manajemen RAM-nya lebih efisien dibanding Android Lollipop.

Ketika gaming juga ponsel ini engga ngehasilin panas yang berlebih. So buat kamu gamer sejati, jangan khawatir, tangan kamu engga bakal gosong pas main game di S7 Edge. Kalaupun ada beberapa lag, kemungkinan disebabkan oleh belum banyaknya game yang mengadaptasi Vulkan.

Vulkan adalah versi terbaru dari Open GL. Vulkan membaca lebih baik performa multi-core dan OS Agnostic (engga peduli dengan OS yang kamu gunakan), jadi pengembang game bakalan lebih gampang untuk port game mereka ke platform lainnya. Jadi bersabarlah menanti game yang udah dioptimalkan dengan Vulkan dan jauh lebih berat grafiknya.

Dengan performa yang sebaik itu wajar kita bertanya-tanya apakah baterainya bakalan boros atau engga. Ternyata baterai S7 Edge termasuk kategori sangat tahan lama, yaitu Screen On Time 4 hingga 5 jam! Biasanya ponsel Samsung Galaxy lainnya hanya bertahan di Screen On Time selama 3 jam.

Samsung Galaxy S7 Edge belum mengadopsi USB Type-C (c) Genmuda.com/Sari Muda
Samsung Galaxy S7 Edge belum mengadopsi USB Type-C (c) Genmuda.com/2016 Sari Muda

Meskipun Samsung memutuskan untuk belum menggunakan USB Type-C dan protokol Fast-Charging baru dari Qualcomm, bukan berarti kamu bakal ngerasa tertinggal dari ponsel-ponsel lainnya. Seenggaknya kamu engga bakal ngerasa kesulitan dengan kemampuan baterai dari Samsung Galaxy S7 Edge.  

Wrap-Up

Pros
+ Desain yang sangat menawan
+ Layar 5,5 inci dual curve dengan resolusi tinggi
+ Hardware kelas atas
+ Kemampuan kamera yang sangat baik
+ Game Launcher
+ Baterai tahan lama dan Fast Charging menggunakan kabel maupun wireless
+ IP68 water resistance, support dual sim atau expandable storage

Cons
– Belum menggunakan USB Type-C
– Licin dan magnetnya sidik jari
– Baterai yang sulit dibuka

Dengan banyaknya keunggulan yang ditawarkan Samsung Galaxy S7 Edge, tampaknya Samsung engga main-main dengan memberikan harga yang sangat tinggi untuk memboyong ponsel satu ini ke rumah kamu. Harga yang dipatok untuk S7 Edge 32GB normalnya ada di angka Rp 10.500.000 ketika launching. Kecuali kamu melakukan pre-order, tampaknya kamu juga harus bersabar buat membeli seperangkat Gear VR yang dijual terpisah.

Tentu kamu juga bakal setuju kalau Genmuda.com ngasih predikat Samsung Galaxy S7 Edge ini adalah Galaxy terbaik yang pernah ada! Tentu konklusi ini bisa dibenarkan apabila kita hanya membandingkan ponsel ini dengan ponsel Samsung Galaxy yang sudah ada sebelumnya. Pasalnya S7 Edge ini benar-benar menunjukkan kalo dia layak menjadi salah satu ponsel terbaik di tahun 2016 ini.

Dengan desain yang sangat cantik nan elegan dan berkualitas, tahan air, baterai yang tahan lama, performa yang super cepat dan efisien, pilihan untuk menggunakan memori eksternal hingga 200GB atau menggunakan dual SIM, software yang semakin matang, dan yang terakhir kamera yang sangat mengagumkan.

Jadi kalau kamu lagi pengen nyari smartphone terbaik yang ada di pasaran sekarang, Samsung Galaxy S7 Edge merupakan salah satu ponsel yang recommended untuk kamu beli.

Disclaimer: Engga ada ponsel yang benar-benar sempurna untuk tiap-tiap individu. Semuanya balik ke selera dan kebutuhan kamu sendiri sebagai pengguna smartphone tersebut. Bijaklah dalam memilih ponsel dan membelanjakan uang, karena belum tentu yang paling mahal adalah yang paling cocok buat kamu. (sds)

Comments

comments

Sari Muda
Tech Enthusiast