Senin, 6 Juli 2020

Genmuda – Ngomongin soal bahasa universal, biasanya bakal identik sama yang namanya musik atau cinta. Tapi, di samping kedua hal tersebut, ternyata baru-baru ini ada lagi loh satu hal lainnya yang juga udah diakui sebagai bahasa universal.

Buat Kawan Muda yang masih suka ngerasa agak miris atau terintimidasi gara-gara punya tampilan resting bitch face, kini kamu udah bisa bernapas lebih lega. Kamu udah engga perlu ngerasa gimana-gimana lagi sama ekspresi wajah kamu yang seakan udah jutek permanen. Di balik itu semua, justru terdapat sebuah kekuatan besar yang belum kamu sadari.

Lah, kok bisa gitu? Well, sebuah riset terbaru dari Ohio State University udah nemuin kalau resting bitch face merupakan salah satu dari beberapa ekspresi wajah yang bisa ngelampauin batasan budaya. Dengan kata lain, resting bitch face yang kamu miliki itu merupakan bagian dari bahasa universal.

Anna Kendrick (Sumber: someecards.com)

FYI, dalam riset yang diterbitin di jurnal ‘Cognition’ itu, para peneliti udah ngambil gambar bingkai demi bingkai dari sejumlah pelajar yang lagi ngomong pas mereka engga setuju sama sesuatu. Dari situ, para peneliti akhirnya mampu buat nyimpulin suatu ekspresi ketidaksetujuan umum, yang mereka sebut sebagai ‘Not Face’ (semacam istilah lain buat resting bitch face).

Rihanna (Sumber: elle.com.au)

Lebih tepatnya, para peneliti nemuin kalau ekspresi wajah tertentu biasa digunain ketimbang kata-kata di berbagai bahasa yang berbeda, termasuk bahasa Inggris, Spanyol, Mandarin, dan Bahasa Isyarat Amerika. Riset mereka itu sendiri pun sebenarnya terinspirasi dari sebuah teori Charles Darwin, yang percaya kalau penyampaian sikap agresif dan bahaya merupakan aset penyebaran umat manusia.

Sepengetahuan kami, ini adalah bukti pertama bahwa ekspresi wajah yang kita gunakan untuk mengkomunikasikan penilaian moral negatif telah disusun menjadi suatu bagian universal yang unik dari bahasa,” kata Aleix Martinez, profesor teknik elektro dan komputer Ohio State University sekaligus salah satu peneliti di balik riset tersebut.

So, pada dasarnya resting bitch face kamu merupakan suatu hal luar biasa yang mampu melampaui kata-kata. Resting bitch face bisa dibilang udah kayak semacam kekuatan pemersatu di berbagai penjuru dunia. Ekspresi wajah tersebut pokoknya jauh lebih dahsyat dari yang selama ini kamu kira. Hidup pemilik resting bitch face! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer