Minggu, 14 April 2024

Genmuda – Berikut review Galaxy Fit3 yang meluncur beberapa waktu lalu di Indonesia. Hadir dengan harga yang cukup terjangkau, “Apa aja sih yang ditawarkan oleh smartband anyar Samsung tersebut?”

Nah, kali ini Genmuda.com berkesempatan untuk menjajal perangkat ini dalam beberapa minggu terakhir di bulan Ramadan. Berikut reviewnya.

Unboxing

Hadir dengan packingan kotak yang cukup simple, dalam kotak Galaxy Fit3 sudah ada beberapa aksesori pendukung dalam paket penjualan. Kawan Muda sudah bisa mendapatkan satu unit smartband dengan strap, kabel charger, dan buku panduan manual. Di sini kami kebetulan mencoba Galaxy Fit3 warna grey.

Desain

Galaxy Fit3 ©Genmuda/2024

Ngomongin masalah desain, Galaxy Fit3 punya layar AMOLED 1.6 inci (256×402 piksel) dan berat 18.5 gram (jika belum menggunakan strap). Kesan premium juga hadir dari bodi smartband yang menggunakan bahan almunium.

Beda dari generasi sebelumnya, kali ini Galaxy Fit3 dibekali Home Button yang memudahkan kontrol getur navigasi ke tiap menu. Biar nyaman digunakan setiap kondisi, Galaxy Fit3 juga sudah mendapatkan sertifikasi IP68 dan ketahanan air sampai dengan 5 ATM. Sehingga gak perlu worries soal debu atau air.

Performa dan Fitur

Galaxy Fit3 ©Genmuda/2024

Dalam pengisian 0-100% kami mencatat baterai Galaxy Fit3 dapat terisi penuh dalam waktu 30-45 menit. Pada review kali ini kami juga mengaktifkan beberapa fitur mulai dari Daily Activity, Steps, Heart Rate, Workouts, Stress, hingga Sleep Monitoring. Dengan penggunaan non-stop selama 24 jam, baterai Galaxy Fit3 mampu bertahan hingga 6 hari sampai benar-benar mati total.

Untuk Exercise dan Sleep Tracking sejatinya sangat membantu pengguna, khusus di bulan Ramadan. Kami sendiri mendapatkan laporan cukup akurat, terutama pada sleep tracking. Layaknya Galaxy Watch6, pengguna juga akan mendapatkan skor dari jumlah waktu tidur mereka. Kalau skornya cukup ya bagus, kalau skornya jeblok maka perbaiki deh waktu tidur kamu.

Gak cuma sampai di situ, Galaxy Fit3 juga sudah dilengkapi oleh Fall Detection dan Light Sensor yang ada di Galaxy Watch6. Fall Detection sendiri merupakan perpaduan dengan sensor barometer yang akan mendeteksi pengguna dalam keadaan-keadaan krusial.

Pengguna tinggal memasukan nomor emergency dan cukup menekan tombol home banyak lima kali, maka smartband akan memberikan notifikasi sekaligus memberikan laporan medis di layar smartband. Tentu lebih baik sedia payung sebelum hujan ya.

Lanjut ke fitur lainnya, Galaxy Fit3 juga bisa melakukan sejumlah quick action yang berguna buat pengguna, mulai Camera Control untuk menjadi timer di kamera ponsel, Media Control untuk mendengarkan musik, mencari ponsel, atau sekedar membaca notifikasi email, SMS, atau pesan WhatsApp.

Sementara untuk berolahraga, smartband ini punya Automatic & Manual Recording untuk mendeteksi tipe workout, mulai dari jalan santai, berlari, berenang, dynamic workout. Yang jelas ada 100 lebih mode olahraga yang bisa pengguna custom sesuai kebutuhan.

Semua laporan aktivitas harian kami pun secara lengkap bisa dilihat secara lengkap di Samsung Health. Pastinya hal ini cukup membantu meningkatkan gaya hidup sehat buat Kawan Muda.

Namun demikian Galaxy Fit3 belum dibekali dengan fitur GPS. Jadi kalau ingin tahu jarak dan kecepatan saat berlari setidaknya kamu masih perlu membawa ponsel yang terhubung dengan Galaxy Fit3.

Kesimpulan

Hematnya, Samsung Galaxy Fit3 memberikan fitur dan performa yang cukup memuaskan di harga Rp700 ribuan. Dengan desain premium dan fitur yang lumayan lengkap, rasanya sayang untuk tidak menjajal smartband satu ini.

Kalau pun belum adanya GPS, kami merasa hal itu sudah cukup sepadan kok. Toh, kalau mau lebih lengkap, langsung aja naik ke Galaxy Watch6 sekalian. He-he.

Gimana, Kawan Muda mulai kepincut sama Galaxy Fit3? Jangan lupa tulis komentar kalian di bawah ya. Have a nice day!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.