Kamis, 23 November 2017
Kekinian

Cerita Soal ‘Om Telolet om’ yang Jadi Viral di Dunia Maya (Sekalian 5 Video Paling Kocak!)

via: Google(Sumber: Istimewa)

Genmuda – Para DJ terkenal, Selasa (19/12) malam mendadak heboh ngomongin soal “Om Telolet Om” di media sosial. Mereka kebingungan sama kalimat itu setelah ngeliat trendingnya dari akun-akun Indonesia yang mengupload kelakuan mereka waktu minta sopir bus bunyiin klakson.

Ya. “Telolet” adalah suara klakson modifikasi bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi). Kamu udah pernah denger kan klakson bersuara bising yang ada nadanya? Nah, anak-anak bocah biasanya nongkrong di pinggir jalan, nunggu bus AKAP melintas, lalu teriak “Om, Telolet, Om!” Mereka minta tolong sopirnya supaya bunyiin klakson terus girang dengernya.

Kebiasaan itu ternyata dilakuin juga sama remaja pecinta Bus gede. Bedanya, orang yang lebih dewasa suka ngerekam momen “Telolet” mereka dan mengunggahnya ke medsos. Trennya viral di Indonesia, kesebar ke luar negeri, lalu diliat para DJ Barat.

Tapi, mayoritas mereka cuma liat kalimat “Om Telolet Om” doang tanpa nonton videonya. Setelah ada yang ngasih penjelasan singkat soal fenomena itu, baru deh mereka nonton videonya dan paham.

Fenomena klakson bus itu pada akhirnya juga menarik minat media-media asing. Misalnya aja Billboard.com yang juga ikut kebingungan sama kicauan seputar ‘Telolet’ di kalangan artis EDM. Seteleh ditelusuri, ternyata ada satu hal yang bikin suara klakson bus bisa menarik minat DJ Barat.

Nada yang dikeluarin klakson Telolet mirip seperti nada Electronic Arpeggiator, salah satu alat musik elektronik yang fungsinya mengeluarkan kombinasi nada harmonis berurutan dari rendah ke tinggi atau sebaliknya. Harmonisasi macam itu biasanya dipakai di intro atau filler lagu-lagu EDM.

Engga heran kalo para DJ langsung meremix suara “Telolet” jadi lagu EDM yang catchy abis sesuai ciri masing-masing. Kalo trennya engga dibendung, bisa jadi festival-festival musik Spring Break di pantai-pantai Amerika beberapa bulan lagi dipenuhi lagu-lagu Telolet EDM.

Di Indonesia sendiri, sampai berita ini diturinin belum ada beredar remix Telolet dangdut. Tapi kayaknya sih tinggal tunggu aja tanggal mainnya. Sekarang kamu tonton aja dulu sejumlah video ‘Telotet” yang lucu-lucu di bawah ini:

1. Versi pesawat terbang

https://youtu.be/A5_VM0lhT_g

Ini agak maksa tapi biarin aja deh, namanya juga kreasi anak bangsa.

2. Versi abang tukang bakso

Kurang kreatif apalagi coba? Buktinya di Indonesia klakson bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) bisa merangkap jadi hiburan murah dengan lagu Abang Tukang Bakso.

3. Telotet FAIL (malah kena tilang)

Bukan salah si supir, tapi lagi apes aja bunyiin klakson telotet di depannya ada razia polisi. Sedih kan lo!

4. Telotet Sebenernya

https://youtu.be/SCXKog6Ro1g

Udah nunggu lama, dari jauh busnya keliatan, pas mau direkam bunyinya beneran TE-LO-TET. KZL banget kan!

5. Jangan tertipu

A video posted by Huri Aditama (@huri_aditama) on

Yaudah, gitu aja. Yang penting tetep bisa “Telotet Om!” (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.