Jum'at, 25 September 2020

Genmuda – Berita duka datang dari dunia sepak bola pada 24 Maret 2016. Legenda pesepakbola sekaligus pelatih, Johan Cruyjff dikabarkan meninggal dunia di Barcelona.

Sosok beliau engga mungkin terlupakan buat Kawan Muda yang cinta sama sepakbola. Gimana engga, beliau udah bergabung di salah satu klub asal tanah kelahirannya Belanda, Ajax sejak berumur 10 tahun.

Sosok beliau yang juga pernah melatih klub sepakbola besar seperti Ajax dan Barcelona inilah yang juga membuat dunia sepakbola benar benar kehilangan salah satu sosok legenda.

Biar makin rindu namun mengenal sosok Johan Cruyjff dengan baik, ada beberapa kutipan kata-kata dari sang legenda yang hingga saat ini pasti masih diingat sangat baik :

“Setiap ketidakberuntungan memiliki keuntungan”

Ini artinya dalem banget loh Kawan Muda. Ketika kita ngerasa engga beruntung hari ini, percaya deh kalau keberuntungan yang engga kita dapat hari ini sedang disimpan untuk hari berikutnya.

“Mengapa Anda tidak bisa mengalahkan klub kaya, saya belum pernah melihat sekantong uang mencetak gol.”

Kawan Muda pasti percaya kalau kebanyakan klub yang sukses kebanyakan klub besar yang memiliki dana yang banyak. Namun, bukan berarti dengan uang banyak kita dapat mendapatkan semuanya. Namun bisa jadi, dengan sesuatu yang sedikit kita dapat menjadi kaya.

“Jika Anda tidak bisa menang, pastikan Anda tidak kalah.”

Memang pilihannya cuma dua, kalau engga menang ya pasti kalah. Hanya saja pastikan kamu tidak dianggap lawan yang tidak sebanding. Namun, buat lawanmu merasa cukup berat untuk mengalahkanmu. Berat nih bahasanya ya, Kawan Muda.

“Kita harus memastikan pemain terburuk mereka mendapatkan bola, lalu Anda akan mendapatkannya kembali dalam waktu singkat.”

Ibaratnya mengalah bukan berarti kita kalah. Kalau kita membiarkan lawan yang lemah mendapatkannya terlebih dahulu dan membuatnya terlena, maka akan dengan mudah kita akan mendapatkannya kembali.

Walaupun sosok Johan Cruyjff sudah engga ada lagi di dunia sepakbola, namun dengan kutipan kata=kata penyemangatnya ini bikin sosoknya tetap abadi dan melegenda loh. So long legend! (sds)

Comments

comments