Selasa, 7 Juli 2020

Genmuda – Percaya engga kalo semua pengusaha lokal jadi target utama program pengampunan pajak (Tax Amnesty) yang dibuat Pak Jokowi. Salah satu tujuannya sih supaya para pengusaha bisa makin giat muter duit di dalam negeri, bukannya nimbun uang ke luar.

Target apaan nih maksudnya? Maksudnya, pengusaha lokal dengan modal mikro, kecil, dan menengah yang diharapkan bisa nikmatin program pengampunan pajak ini. Bukannya orang-orang tajir yang duitnya udah engga ada ‘seri-nya’ lagi karena saking tajir melintir.

Yakin program ini bukan buat orang tajir doang?

Well, kata Pak Jokowi sih begitu, seperti yang diberitain The Jakarta Post, (18/7). Pemerintah juga punya program tax amnesty khusus buat para pegiat usaha mikro, kecil, dan menengah (termasuk toko online).

Pak Jokowi sendiri sedang nyebarin info ini ke pedagang-pedagang lokal di Surabaya, Medan, Bandung, Makassar, dan Balikpapan. Sayangnya, masalah perpajakan macam ini selalu dianggap ribet duluan dan bikin orang males ngurusnya. Padahal engga segitunya kok.

Berdasarkan programnya, para pedagang di Pasar Santa, Jakarta juga bisa ikut program pengampunan pajak, lho. (Sumber: freemagz.com)

Tunggu dulu. Apa sih Tax Amnesty Itu?

Kalo berdasarkan ensiklopedia, pengampunan pajak berarti kesempatan terbatas buat mereka yang wajib bayar pajak untuk engga membayar pajak utama, bunga, ataupun dendanya. Namun, kesempatannya dibatasi sesuai program yang berlaku.

Selain itu, mereka perlu bayar uang jaminan sebelum bisa diampuni pajaknya. Di program ini, Pemerintah juga meminta para wajib pajak buat mendeklarasikan jumlah kekayaan mereka yang ada di dalam ataupun luar negeri.

“Kami berharap peserta pengampunan pajak melaporkan semua harta yang dimilikinya sedetil mungkin,” kata Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, seperti yang diberitakan Tempo, (2/7). Dengan begitu, negara bisa menghitung kembali aset sebenarnya.

Kalo kata Detik Finance, (1/7), bakal ada pengampunan tarif spesial buat mereka yang mindahin hartanya dari luar ke untuk diinvestasi ke dalam negeri. Boleh dikatakan kalo pajak mereka ini bakal diampuni lebih banyak lagi.

Gimana caranya supaya engga perlu bayar pajak?

Pedagang di pasar bisa ga ikut pengampunan pajak? Bisa sih. Kan engga dilarang. (Sumber: whatsonpamulang.com)

Kalo kamu udah punya usaha dan berminat diampuni pajaknya, kamu perlu buat laporan kekayaanmu dulu. Kamu perlu rinci utang, modal, dan harta bersih kamu. Jangan lupa sertakan pula bukti-bukti seperti rekening bank, sertifikat, atau bukti lain yang mendukung.

Surat laporan kekayaan itu bisa kamu berikan ke petugas pajak, sekalian kamu mengajukan diri ikut program tax amnesty. Nanti, total kekayaan yang kamu laporkan bakal dipakai buat menghitung tarif jaminanmu. Kamu perlu bayar uang jaminan ini supaya negara engga rugi bandar.

Kata Menteri Keuangan, kamu perlu punya Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) kalo mau ikutan program ini. Bikinnya gampang dan cepat kok sekarang. Tinggal bawa KTP, Kartu Keluarga, dan berkas lain ke kantor pajak. Jika lagi sepi, kartunya bisa selesai saat itu juga. Kalo umur kamu belom cukup buat bikin NPWP berarti kamu belom perlu bayar pajak.

Emang kenapa sih perlu dibikin Tax Amnesty kayak gini?

Yang punya toko online juga bisa ikut Tax Amnesty. (Sumber: arifprasetyo.com)

Sebenernya program ini engga wajib diikuti kok. Kalo kamu masih pengen bayar pajak kayak biasanya ya silakan aja. Tapi sayang banget kan kalo kesempatan kayak gini dilewatin begitu aja. Program ini dibuat supaya mancing orang-orang kaya kembali nyimpen duit di dalam negeri dan pegiat UMKM bisa makin untung tanpa kebanyakan bayar pajak.

Kalo ngeliat data Menteri Keuangan, jumlah uang orang Indonesia yang ada di luar negeri tuh jauh lebih besar dari produk domestik bruto. Dengan kata lain, lebih banyak duit orang Indonesia yang dimakan orang-orang bule daripada uang yang dihasilkan di negera sendiri.

Jumlahnya sih ada lebih dari 11.400 triliun rupiah. Dan, praktik macam ini udah dilakukan sejak tahun 70-an. Kenapa repot-repot bawa uang ke luar negeri? Supaya engga perlu bayar pajak di dalam negeri yang sepertinya jauh lebih besar.

Boleh dibilang mereka ngumpetin kekayaannya dari pantauan petugas pajak. “Berpuluh-puluh tahun ada uang disimpan di luar, yang nikmati siapa? Negara itu. Padahal itu adalah uang kita semuanya,” ujar Jokowi seperti dikutip Pos Kota, (17/7).

Masih ngejelimet? Logika sederhananya kayak gini guys, kalo orang-orang kaya akhirnya mindahin duit mereka ke dalam negeri maka makin banyak duit yang bisa dipinjem ke pengusaha lokal biar lebih berkembang. Kalo usaha lokal berkembang, lapangan kerja makin banyak dan akhirnya pengangguran berkurang. Semua senang deh.

Lebih kurang, begitulah makna pengampunan pajak, alias Tax Amnesty yang perlu kamu ketahui. Udah jelas kan kalo semua warga bisa mengikuti program ini. Jadi, jangan dulu sebar hatespeech ke pemerintah sebelum kamu tau tujuannya. Think positive ya! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.