Kamis, 28 Mei 2020

Genmuda – Usia muda adalah momen paling pas bagi Kawan Muda untuk mulai memikirkan rencana di masa depan. Lantaran masa muda gak bakal datang dua kali, itu pula sebabnya kita wajib menyusun rencana keuangan atau financial planner.

Ajakan perencanaan keuangan inilah yang kemudian digalangkan lewat kampanye #iGotYourBack yang dicetuskan oleh Astra Life di IKEA Indonesia, Tangerang, pada Rabu, (11/2). Menurut Head of Marketing, Branding and Digital Channel, Windy Riswantyo, kampanye ini diharapkan dapat mendampingi dan melindungi seluruh masyarakat Indonesia dari risiko keuangan yang mungkin terjadi kepada siapa aja.

Sebagaimana disebut sebelumnya perencanaan keuangan menjadi suatu hal yang perlu dilakukan dan wajib dipikirkan saat Kawan Muda udah memiliki penghasilan, entah saat masih jomblo atau udah menikah.

CEO and Founder Jouska, Aakar Abyasa, yang turut hadir dalam acara mengatakan bahwa perencanaan keuangan bagi seseorang mutlak dilakukan meski engga suka dengan ‘angka’ sekalipun. Untuk para jomblo ia menyebut jika perencanaan keuangan lebih mudah dilakukan karena bisa dikelola seorang diri, sebaliknya jika telah menikah sebaiknya urusan keuangan didiskusikan secara terbuka bersama pasangan lo.

“Gak mungkin kehidupan finasial seseorang mulus-mulus aja. Setiap orang punya momentumnnya sendiri. Ketika menikah pun otomatis kebutuhan hidup makin banyak, di situlah perlunya financial planner sedari sekarang.” kata Aakar.

Pentingnya komunikasi keuangan bersama pasangan juga dirasakan oleh Influencer Beauty, Travel, dan Lifestyle, Andra Adolita. Sempat males buat terbuka ngomongin masalah duit dengan pasangan akhirnya ia dan sang suami Abenk Alter, sampai memutuskan menggunakan jasa financial planner.

Ki-Ka: Aakar Abyasa (CEO & Founder Jouska), Windy Riswanto (Head of Marketing & Branding Digital Astra Life) dan Andra Alodita (Beauty, Travel, Lifestyle Influencer) ©Genmuda.com/2020 Liki

“Memang penting [perencanaan keuangan] dengan pasangan. Komunikasi, kerja sama, dan kerja keras. Semuanya rinci dihitung angka-angkanya.” jelas Adolita.

Lebih lanjut pasca melakukan itu semua, ia sekarang lebih gampang buat membagi berbagai jenis pengeluaran buat keluarga. Mulai dari uang kebutuhan pokok, biaya tak terduga, dan lain-lain. Oleh sebab itu melalui #iGotYourBack diharapkan dapat mengedukasi anak muda Indonesia untuk lebih peduli dengan apa yang terjadi di masa depan, khususnya dalam merencanakan kehidupan mereka.

“Faktanya kita sibuk mengejar cita-cita dan investasi tapi kadang hal yang menjamin keamanan keuangan dan diri sendiri engga dijaga.” pungkas Windy. (sds)

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.