Kamis, 13 Agustus 2020

Genmuda – Libur panjang engga selalu menyenangkan. Akan tiba satu titik seseorang ngerasa bosen saking gak ada kerjaannya. Tontonan di TV terasa monoton sementara video di medsos belum banyak yang baru. Satu-satunya yang bisa dilakuin ya main medsos.

Gak usah muna, deh. Kamu pasti termasuk orang yang cek medsos tiap ada kesempatan, misalnya di sela-sela kerja, ketika antre, atau ketika bengong gak jelas. Lama-lama, bisa ketagihan. Gak dilarang Undang-udang memang. Tapi, ketagihan medsos punya efek negatif.

Selain ngabisin waktu, susah tidur dan depresi adalah contohnya. Makin ketagihan, efeknya jelas makin buruk kayak pakai narkoba. Makadari itu, waspadai 12 tanda-tanda ketagihan medsos yang jarang orang sadari, seperti yang dijelasin di bawah ini.

1. Baru bangun kulihat ponsel

via twitter.com
Muke lo ketika ngeliat ponsel saat nyawa belum ngumpul. (Sumber: twitter.com).

Masa gak sadar sih kalo baru bangun langsung liat ponsel tuh tanda-tanda kecanduan. Harusnya kan bangun tidur tuh godain istri/suami (punya sendiri ya. Jangan punya orang lain), minum, mandi, sarapan, olahraga, atau mungkin tidur lagi.

2. Lagi ngobrol tau-tau buka medsos

Buat kamu yang hobinya ngeliatin medsos ketika lagi berbicara atau nongkrong sama orang lain, nih pertanyaan buat kamu. Emang orang-orang di sekitar tuh segitu kalah menariknya dari feed Instagram yang belum banyak berubah dari beberapa jam lalu, ya?

3. Jalan-jalan tapi sibuk nge-vlog

via tumblr.com

Okelah kalo Rando, Fathia Izzati, atau Tara Arts dan Gema Show Bersaudara sering melakukannya. Itu tuntutan profesi. Vlognya pun dibuat atas dasar pemahaman selera penontonnya. Nah kamu. Vlogger bukan, YouTuber juga masih amatiran. Daripada buang waktu ngevlog gak jelas sambil jalan-jalan, mending pahami dulu deh selera penonton kamu supaya beneran bisa jadi pro kayak para pro.

4. Kelamaan motret daripada makan

Bukan rahasia lagi bahwa peningkatan waktu kunjung seseorang di restoran gak sebanding sama jumlah pesanannya. Mereka lama mengunjungi sebuah resto karena kelamaan motret makanan Instagrammable. Makannya sih cepet dan paling makanan yang udah dibeli mahal-mahal itu gak diabisin.

5. Menyapa teman dengan nama akun medsosnya

via fod4.com

Jiung: “SADIS! Ketemu lagi sama @emobassiskillminster!”

Koko: “@marjiungz! Lo gak manggung?”

Jiung: “Lagi libur, nih! Si @Bayusvara ngasih libur”

Koko: “Gokil! Doi emang manajer band terbaik! Panutan!”

Jadi, siapakah nama asli @bayusvara? Gak ada yang tahu. Bahkan Jiung dan Koko pun kini kemungkinan besar telah lupakan nama asli satu sama lain.

6. Kelamaan di kamar mandi

Kenapa lama di kamar mandi? Karena menyelesaikan urusan alam sambil browsing ponsel. Kasian tuh orang-orang pada antre kelamaan.

7. Menge-like postingan FB sendiri

via tumblr.com

Atau, menge-love postingan foto sendiri. Atau, mengepin postingan Pinterest sendiri. Atau, menekan favourite twit sendiri. Intinya, kecanduan medsos bikin kamu narsis bukan main.

8. Tersinggung saat orang nanya “Liburan ke mana aja?”

Bayu: “Woi, Koko! Liburan ke mana aja, lo? Kok gak ada kabar?”

Koko: “Lah? Lo gak liat foto-foto yang gua posting di IG? Lagian, gue kan juga udah banyak cerita lewat Twitter dan bikin update status panjangnya di Facebook.”

Bayu: “Duh. Sori, ko. Gue mudik dan susah dapet sinyal.”

Koko: “Oh, yaudah gak apa-apa.” (Tapi si Koko bete).

9. “Check in” di segala tempat

Di tempat nongkrong, “check in.”

Di perjalanan, “check in” sambil update status dengan hashtag #JakartaSepi.

Di rumah, “check in.”

Apabila bermimpi juga bisa “check in,” pasti dia bakal melakukannya. Eh, wait. Di Path kan emang bisa “check in” untuk pamer lagi tidur, ya.

10. Ngomong “LOL”

via giphy.com

Tak bisakah kamu tertawa terbahak-bahak seperti manusia normal atau paling gak bilang “Anjay! Ngakak banget gue” daripada ngomong “LOL” di dunia nyata? Emangnya, tertawa segitu membuang waktu dan melelahkannya, ya?

11. Mesos kamu dipenuhi selfie

Bahkan seleb-seleb gak terus-terusan update foto selfie loh, gaes. Foto yang mereka unggah tuh beragam dan menceritakan kehidupan mereka. Kamu yang feednya dipenuhi selfie tuh bisa-bisas dikira gak punya temen, loh. Kalau kamu seorang make up artist sih fine-fine aja itu feed dipenuhi foto selfie.

12. Berpikir dengan meme

via smosh.com

Gawat adalah ketika kejadian di sekitar kamu terekam ulang di dalam kepala dalam bentuk meme.

Coba deh evaluasi diri sendiri. Ketika salah satu dari 12 tanda di atas udah ada pada diri kamu, ada baiknya kamu mulai mengurangi penggunaan medsos dengan cara ini. Inget ya, gaes. Segala hal yang berlebihan itu gak pernah baik, termasuk cinta.

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.