Sabtu, 20 Juli 2019

Genmuda – Meme (dibaca “mim” bukan “meme”) mewakili ungkapan perasaan yang kompleks seperti halnya gambar mewakili deskripsi ribuan kata. Dengan internet, penggunaan meme makin tersebar luas.

Pada akhirnya, muncul banyak banget meme khas daerah. Misalnya aja, meme soal kaleng rengginang, keluarga di kaleng biskuit Kong Ghuan, atau Ira Koesno yang cuma dipahami orang Indonesia.

Meme macam itu engga bakal dipahami forum internasional. Kamu butuh referensi yang umum diketahui mayoritas netizen. Biasanya, meme “universal” itu dateng dari drama-drama di bawah ini. FYI, semuanya merupakan drama yang paling banyak dibajak menurut TorrentFreak.com, Desember 2016, loh.

1. Game of Thrones

via memegenerator.net
(Sumber: memegenerator.net)

“GOT” jadi acara paling banyak dibajak dalam periode 2011-2016. Adegan di tiap episodenya selalu ada yang berakhir jadi meme. Salah satunya, meme “Brace Yourselves, Winter Is Coming” yang paling banyak berserakan dan dimodifikasi berkali-kali.

2. The Walking Dead

via pinterest.com
(Sumber: pinterest.com)

Posisi kedua drama yang paling banyak dibajak ditempati oleh “TWD.” Engga banyak meme yang muncul dari drama zombie. Sekalinya ada adegan yang meme-able, becandaannya engga pernah berhenti bahkan sampai sekarang. Misalnya aja, meme “dad jokes Rick Grimes dan Carl.”

3. Westworld

via tumblr.com

Serial eksklusifnya HBO ini rilis dan langsung menempati posisi ketiga film bajakan terlaris di tahun yang sama. Banyak banget adegan kasar dan agak-agak psikopat yang dijadiin meme dalam format gif. Misalnya aja, seperti dialog “fuck the fucker” yang dimunculin saat orang udah bete tingkat dewa.

4. The Flash

via pinterest.com
(Sumber: pinterest.com)

Meme “The Flash” mendadak berserakan gara-gara episode-episode Barry Allen mengacaukan aliran waktu dengan mengubah masa lalu. Saat ada kejadian buruk di dunia, netizen pada nyinyir “Thanks barry Allen for fucking up the time line!” Karena adegan jelajah waktu itu pula, peringkatnya naik gantiin posisi Arrow.

5. Arrow

via tumblr.com

Nah, jutaan meme dan gif nyinyir bersumber dari adegan dan dialog serial “Arrow,” gaes. Ceng-cengan antar tokoh drama superhero ini juga ngena kok ke anak-anak muda. Sayang, popularitas “Arrow” turun karena penonton kehilangan minat sama episodenya yang terbilang monoton.

6. The Big Bang Theory

via Pinterest.com

Semua meme yang geeky, nerdy, dan science-y asalnya dari sitkom “TBBT.” Meski mengisahkan empat cowok cerdas yang kikuk dalam dunia pergaulan, justru meme “dirty flirt” yang paling populer dari serial yang ada di peringkat enam dari daftar acara paling laris dibajak.

7. Vikings

via Istimewa
(Sumber: Istimewa).

Di Indonesia, “Vikings” sama sekali engga populer tapi di manca negara sangat laris. Filmnya diangkat dari kisah bad-ass-nya Ragnar Lothbrok nyatuin suku-suku Viking buat menjajah Inggris. Meski begitu, meme yang muncul engga berasal dari adegan di serial, tapi dari berbagai quotes-nya.

8. Lucifer

via imgflip.com
(Sumber: imgflip.com)

Lucifer si penjaga neraka resign dari kerjaannya di akhirat demi bikin klub malam di Los Angeles. Dalam perjalanan, doi kepincut cewek detektif dan malah bantuin doi menangani berbagai kasus. Ekspresi karakter-karakter di serial komedi itu loh yang sering dijadiin meme.

9. Suits

via pinterest.com
(Sumber: pinterest.com)

Serial “Suits” masuk daftar populer karena berisi quotes-quotes soal etos kerja. Meski begitu, serialnya penuh penipuan, tikam belakang, dan intrik hukum. Salah satu quotes yang paling populer pastinya “Work until you no longer have to introduce yourself.”

10. The Grand Tour

via imgur.com

Acara lanjutannya “Top Gear” ini saking populernya di kalangan otomotif sampai jadi satu-satunya non-drama yang masuk daftar paling sering dibajak. Karena acaranya sering mengulas kendaraan-kendaraan top di seluruh dunia, ekspresi para host-nya yang sering dijadiin meme. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.