Kamis, 26 November 2020

Gengmuda – Tak disangka Tere Liye menjadi Trending Topic Indonesia di Twitter. Padahal sang penulis pun hingga sekarang belum memiliki akun pribadi di media sosial itu. Lalu apa yang membuatnya mendadak tenar?

Ternyata, salah satu status di Facebook yang dibuat Tere Liye mengundang kecaman dari banyak netizen. Bahkan ada salah satu netizen yang membuat surat terbuka untuk Tere Liye dan di share oleh lebih dari 5000 netizen.

(Sumber: Qureta)

Hmm, kira-kira apa isi surat terbukanya ya? Beginilah komentar netizen sekaligus sebagai pelajaran untuk Kawan Muda.

 

Engga ada Salahnya Rajin Baca Buku

Pelajaran pertama, sebelum memberikan pernyataan ada baiknya kita mengumpulkan informasi yang relevan. Media sosial itu engga bisa dibendung, jadi hati-hati dalam memilih kata yang kamu digunakan.

 

Karena Nila Setitik Rusak Susu Sebelanga

Kayaknya berat banget ya peribahasanya. Tapi itu bener banget, Kawan Muda. Apalagi buat kamu yang masih ngerasa labil, lebih baik pikir dua kali deh kalau mau nulis sesuatu yang sedikit kontroversial.

Jangan sampai hanya karena tulisan yang dibuat engga sampai 5 menit, jadi ngerusak kehidupan pribadi yang sudah kita bangun. Kalau mau jadi viral, bisa melalu cara yang lebih positif yah.

 

Jangan Bolos Kelas Sejarah

Nah, yang rajin bolos pasti kelewatan cerita sejarah Indonesia nih. Mending buat Kawan Muda yang berniat bolos, dibatalkan saja supaya bisa dapat informasi yang banyak.

Buat Kawan Muda yang engga tahu bisa sekalian nanya siapa itu Tan Malaka, Cokroaminoto, dan beberapa pahlawan yang namanya ikut terbawa karena kasus Tere Liye ini, biar kalian dikira engga googling doang.

Gimana? Masih mau bolos?

 

Kata Bung Karno : JAS MERAH

Ini yang penting. Terima Kasih untuk Bung Karno dan Abang Arie Kriting yang sudah ngingetin para netizen untuk engga cuma komentar tapi Jas Merah alias ‘Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah’

Bukan berarti kita harus mendalami, tapi apa salahnya kalau kita belajar untuk tahu gimana Indonesia sebelum sekarang kan? Wah, ini sih pelajaran banget buat seluruh Kawan Muda ya.

 

Tapi… Dari hebohnya Tere Liye, jangan tiba-tiba ada yang nongol seperti ini ya.

Jadi apa pendapat kamu tentang hebohnya status dan surat terbuka untuk Tere Liye, Kawan Muda? Seenggaknya, kita belajar untuk menggunakan media sosial dengan sebaik mungkin.

Banyak baca, banyak cari informasi itu engga ada salahnya. So, perbanyak pengetahuan sebelum kamu pengen bikin pernyataan yang bikin netizen gempar ya. Happy Wednesday, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments