Selasa, 11 Agustus 2020

Genmuda – Hari libur masih banyak tersisa tapi film action di bioskop sama sekali gak ada yang gereget selepas turunnya “Wonder Woman” atau “Resident Evil Vendetta.” Kecuali kamu suka genre chicklit, drama, komedi, dan horor, gak ada alasan untuk pergi ke layar lebar kecuali jajan popcorn.

Para penggemar film sci-fi pun sama geregetannya karena “Transformer: Last Knight” bener-bener gak memuaskan. Penggarapan standar Hollywood dan Box Office Movienya gak sebanding dengan alur cerita yang ternyata kentang gak ada benang merahnya.

Untunglah ada “layar digital” yang selalu setia mengobati gundah gulana pecinta film. Portal-portal nonton (bukan yang bajakan) kan selalu nyediain rekomendasi film-film terbaik dan terlaris. Kalo gak bisa langganan portal nonton berbayar, selalu ada YouTube yang bisa diakses gratisan, kok.

Jadi, kita nonton apa dong?

Waktu lagi menjelajahi dark side of YouTube, Genmuda.com tau-tau nyangkut di film pendek yang sumpah keren banget. Judulnya adalah “R A K K A” buatan channel Oats Studio. Kalo diamati, film berdurasi 22 menit itu punya nuansa yang mirip abis sama “District 9” (2009), “Elysium” (2013), dan “Chappie” (2015).

Setelah ditelusuri, wajar kalo film pendek yang rilis pertengahan Juni itu mirip tiga film layar lebar di atas. TERNYATA SUTRADARANYA SAMA. Ya, Neill Blomkamp si lelaki berdarah Afrika Selatan-Kanada itu yang ada di atas bangku sutradara dan penulis naskah.

Film pendeknya bertema post-apocalypse. Bumi hancur lebur dijajah bangsa alien kadal. Oksigen di bumi dihisap dan digantikan zat metana supaya tercipta atmosfer yang sesuai planet kampung halaman para alien.

Manusia yang tertangkap hanya bisa pasrah dijadikan objek permainan, percobaan teknologi alien, atau dibunuh tanpa ada alasan. Miliaran orang tewas dalam kekejaman itu. Hanya mereka yang beruntung, sadis, dan cekatan yang bisa selamat.

Meski dalam keadaan genting, umat manusia masih belum bersatu. Ada sebagian orang egois, berusaha menghalkan segala cara mereka selamat. Konflik selalu ada di sebuah karya bertema “bumi pasca kehancuran,” mulai dari “Fall Out,” “Hunger Games,” hingga “The Walking Dead.”

Intinya, “R A K K A” tuh wajib banget ditonton kalo kamu suka film action, sci-fi, dan post apocalypse. Dari judul videonya, film yang bisa kamu tonton di akhir artikel ini adalah episode pertama dan pasti akan ada episode-episode selanjutnya. Harus banget ada episode lanjutannya, karena filmnya KEREN!

Agak nyindir

Buat yang mengamati kebiasaan dan kepercayaan warga Amerika Serikat, film ini bakal terasa nyindir BGTZ (harus pake ‘z’). Jadi gini, warga AS punya sebutan kasar buat para politikus, pejabat, dan pemimpin negara yang hobinya korupsi, yaitu Lizard PeopleMalah, sebagian orang percaya kalo mereka adalah manusia kadal beneran.

Di film pendek ini, bumi emang berada di bawah tirani manusia-manusia kadal yang kerjaannya merusak atmosfer, membakar hutan, menghasut orang lain, dan membangun gedung-gedung pencakar langit. Kalo itu gak menyindir, gak tau lagi deh apa yang bisa menyentil para politikus korup.

Nah, biar gak penasaran, kamu tonton sendiri nih video pendeknya. Cek juga channel Oats Studio karena berisi judul film pendek lain yang gak kalah keren.

(sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.