Jum'at, 20 September 2019

Genmuda – Susah tidur emang engga enak banget, apalagi kalo besoknya ada aktivitas yang harus ngeluarin energi lebih. Gejala susah tidur sering juga disebut insomnia, bahkan istilah medis tersebut sering muncul kalo kamu buka Instagram Stories di malam hari. Udah mah ‘insom’, eh gebetan mendadak reply storiesnya, makin tambah engga bisa tidur deh.

Saat kamu mulai baca paragraf kedua ini, udah waktunya ilangin masalah susah tidur kamu mulai dari sekarang. Tenang, kali ini Genmuda.com punya 7 cara sederhana yang bisa kamu cepat tidur dan siap beraktivitas di esok hari.

1. Matiin lampu

Ruang gelap akan ngebuat otak kamu berfikir bahwa udah waktunya untuk tidur. Ada tambahan lagi nih, tidur dengan lampu menyala justru akan menghambat tumbuhnya hormon melatonin pada tubuh kamu. Padahal, hormon tersebut baik untuk mencegah sel kanker pada tubuh. Oleh sebab itu, para ahli kesehatan menganjurkan untuk mematikan lampu saat tidur.

2. Pakai bantal kesayangan

Engga peduli meski udah ada pulau (baca: Iler) dan dekil, namanya aja udah kesayangan pasti engga bisa dilupain. Secara engga langsung bantal kesayangan bisa ngebantu kamu merasa nyaman untuk tidur. Tapi kalo kamu mau bobo sama ‘yang nyaman’ lainnya boleh juga kok. Kayak boneka atau pasangan kamu yang udah halal.

3. Minum susu

Engga heran jika anak kecil bisa tambah pules saat tidur setelah minum susu. Banyak penelitian membuktikan bahwa kandungan karbohidrat dalam susu bisa meningkatkan produksi hormon trytophin yang mendorong otak supaya memproduksi hormon bahagia. Jadi sebelum minum susu, jangan lupa juga buat bahagia ya.

4. Pakai piyama/baju yang nyaman

Via Google
(Sumber: Istimewa)

Pakaian yang ketat dan banyak kancingnya bakal bikin kamu ngerasa terganjal. Akhirnya tubuh yang udah ngerasa kelelahan justru bikin tidur kurang nyenyak. Kalo boleh ngasih saran, mendingan kamu pakai baju atau piyama yang berbahan katun dan longgar. Sehingga saat tidur tubuh kamu bisa tetep nyaman.

5. Peregangan tubuh

Sama halnya sebelum olahraga, tidur juga perlu peregangan loh. Biar otot-otot kamu engga kaku, lakuin aja selama 10 menit seperti kamu ngelakuin pemanasan sebelum olahraga. Jadi engga adalah lagi deh nyalahin bantal karena besok pagi engga bisa nengok.

6. Mandi

©Tiger Simon/zefa/Corbis
(Sumber: Istimewa)

Selain buat kebersihan tubuh, mandi bisa bikin kamu lebih fresh. Terutama jika kamu menggunakan air hangat saat mandi. Kenapa alasannya? Air hangat bisa meningkatkan suhu tubuh kamu dan membantu kamu ngebebasin pikiran kamu. Kalo engga percaya, baca aja artikel lengkapnya di sini.

7. Pakai selimut dan kaus kaki

Kehangatan yang kamu dapetin dari selimut dan kaus kaki bikin tubuh mendorong otak menghasilkan hormon serotonin, yang bisa membuat perasaan kamu lebih tenang. Secara alami, ‘si serotonin’ ini bakal terkonversi menjadi melatonin yang memberikan tanda kepada tubuh kamu supaya beristirahat total. Biar makin nyenyak kamu juga bisa atur mimpi kamu pake cara ini. Met bobo ya! (sds)

Comments

comments

Al Fanny Panestika
Wannables, penyuka ice cream dan colak colek Nutela