Rabu, 12 Agustus 2020

Genmuda – Ada makna mendalam soal kehidupan di balik ‘Game Dark Souls III’ yang susahnya sangat fenomenal itu. Karena itulah game yang masuk The Game Awards 2016 itu emang layak jadi salah satu game terbaik tahun ini.

Engga cuma di serial terbarunya, pelajaran hidup itu bisa ditemui juga di semua serial ‘Dark Souls’ (Demon’s Souls, Dark Souls, Dark Souls II, dan Dark Souls III). Di bawah ini adalah hikmah-hikmah yang bisa Genmuda.com kasih ke Kawan Muda:

1. Tetap menjadi ‘manusia’

via giphy.com

Mungkin kosa kata yang tepat adalah ‘tetap berperikemanusiaan.’ Di game ini, ratusan manusia setengah hidup akan menyerbu. Tugasmu adalah mengalahannya tanpa tertular kondisi setengah hidup itu. Seperti halnya di dunia nyata. Kamu pun perlu menjaga rasa ‘perikemanusiaan’ kamu sambil ngelawan orang-orang yang udah halalin segala cara buat dapetin tujuannya. *tsah!

2. Belajar dari kesalahan

Serial ‘Dark Souls’ terkenal banget pelit ‘tutorial.’ Tiap pemain langsung diceburin ke permainan yang susahnya minta ampun. Udah pasti semuanya langsung pada mati di menit-menit pertama. Tapi toh semua pemain engga ada yang berhenti mencobanya lagi dan lagi hingga akhirnya namatin game itu. Di game aja bisa, kenapa di kehidupan nyata kamu perlu nyerah?

3. Engga ada yang nawarin bantuan

Begitu mati di dalam game, tulisan “YOU DIED” langsung muncul. Engga seperti game lain yang masih baik hati nawarin “Continue? Y/N” Di dunia nyata pun jarang banget ada yang nawarin bantuan kecuali kamu minta.

4. Engga ada jalan pintas

via giphy.com

Kecuali kamu jago banget ngehack game, serial ‘Dark Souls’ sama sekali engga ada cheat. Engga ada yang namanya ‘smart way.’ Kamu cuma perlu coba lagi, usaha terus, hingga akhirnya nemu jalan buat lanjutin levelnya.

5. Terima kenyataan

Sejago apapun, karakter di game ‘Dark Soul’ pasti pernah mati beberapa kali. Kamu boleh marah, nangis, ngomong kotor, atau banting stik, tapi kenyataan engga bisa diubah. Hadapi aja kenyataan.

6. Bersyukur

Meski engga pindah level, bisa maju selangkah lebih jauh dari sebelumnya pun udah kayak prestasi, terutama bagi pemain baru. Di kehidupan nyata, buat ngelangkah lebih jauh tuh sebenernya lebih sulit daripada di game ini. Namun, manusia sering lupa bersyukur karena menganggep dirinya ‘pemain lama.’

via giphy.com

Itu dia enam pelajaran berharga dari ‘Dark Souls’ yang Genmuda.com kembangkang dari pendapatnya John Faugno, Profesor Bahasa Inggris University of New Haven yang dimuat di The-Artifice.com. Semoga kamu engga gampang nyerah ya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.