Rabu, 8 Februari 2023
HiburanMusik

5 Single Baru Luar VS 5 Single Baru Tanah Air. Mana yang Paling Kamu Suka?

via Ditto Percussion dan Ayudia Bing Slamet abis manggung di Galeri Salihara Jakarta, 23 April lalu. (Sumber: IG @ayudiac).Ditto Percussion dan Ayudia Bing Slamet abis manggung di Galeri Salihara Jakarta, 23 April lalu. (Sumber: IG @ayudiac).

Genmuda – Single-single baru yang rilis pada minggu terakhir April 2017 ngebuktiin kalo hampir semua musisi luar negeri, terutama dari Amerika Serikat udah hanyut keseret “tsunami EDM.” Musik-musik Tanah Air justru terkesan lebih banyak pilihannya.

Di antara banyak pilihan itu, lagu-lagu nge-jazz dan nge-rap yang beberapa tahun lalu ada di jalur side-stream kini kayak lagi jadi mainstream karena jumlahnya banyak banget kayak Instagram Story-nya Dian Sastro. Meskipun demikian, semua lagunya emang enak di dengerin.

Kali ini, Genmuda.com mau menantang kamu buat dengerin 5 lagu korban “tsunami EDM” dan 5 lagu dalam negeri buat buktiin sendiri pendapat Genmuda.com sebelumnya. Jadi, siap-siap setel speaker yang kencang karena tetangga gak bakal teranggu dan langsung enjoy nih musik-musiknya.

1. “Quit” – Cashmere Cat feat Ariana Grande

Hubungan yang udah gak sehat cuma bisa dibenerin dengan putus. Kalo ditunda, rasanya malah makin gak karuan. Kalo masih gak percaya, coba aja denger “ratapan” merdu Ari yang featuring di lagunya Cashmere Cat. “Quit” rencananya bakal masuk album 9, debutnya si DJ Norwegia dan gak bakal masuk album-albumnya Grande.

2. “First Time” – Kygo feat Ellie Goulding

DJ Norwegia yang jago bikin irama house lanjutin suksesnya ngegarap EDM yang ngepop. Dulu doi ajak Selena Gomez, kini doi merapat ke Ellie Goulding. Suara Goulding yang basah mendesah saat nyanyiin lirik lagu cinta monyet itu terasa bersahut-sahutan sama irama buatan Kygo.

3. “Bon Appetit” – Katy Perry feat Migos

Emang udah waktunya si California Girl bikin lagu berirama EDM yang gak tanggung-tanggung. Meski musiknya udah digarap barengan sama trio-rap Migos yang lagi naik namanya di kalangan anak muda Amerika, lagunya masih kedengeran “Katy Perry banget.” Terutama, di bagian verse, bridge, dan reffnya. Fans mbak Perry gak bakalan kagok kok denger penyanyi idolanya diiringi musik elektronik.

4. “Thunder” – Imagine Dragons

Mengecewakan. Band Rock asal Las Vegas ini padahal diharapkan menghasilkan musik-musik alternatif yang bisa dinikmati di tengah arus musik pop. Tsunami musik elektronik pada akhirnya menghanyutkan Dan Reynolds cs hingga bikin musik Rock yang ada elektronik-elektroniknya. Love it or hate it, itu yang terjadi pada band pelantun “Radioactive” ini.

5. “She’s My Collar” – Gorillaz feat Kali Uchis

Sementara itu, empat karakter kartun ciptaan Damon Albarn dan Jamie Hewlett masih tetep doyan bereksperimen di aliran trip-hop ala mereka. Kamu yang lagi jatuh cinta tapi gak berani pedekate mungkin bakal paham sama lirik yang dinyanyiin si karakter 2D sepanjang verse dan reffnya.

6. “Cukup Tau” – Rizky Febian

https://www.youtube.com/watch?v=kDKx3vU04j4

Lain dari single “Kesempurnaan Cinta” yang dibawa dengan format full band, suara Iky yang mendesah cuma diiringi petikan gitar, perkusi, dan choir di single “Cukup Tau.” Berhubung tema lagunya patah hati, format minimalis terdengar lebih ngena. Apalagi, irama lagunya diaransemen supaya terdengar agak jazzy.

7. “Tanya Jadi Rasa” – Vadi Akbar

Lagu pop yang jazzy sodara Vidi Aldiano ini jadi tambahan karya doi setelah nerbitin album Berujung Terang, pada 2015 dan 3 single single lain sepanjang 2014-2016. Coba dengerin lagunya sambil perhatiin video lirik lagu yang alirannya gak jauh beda dari alirannya Vidi itu, maka kamu bakalan paham rasanya jatuh cinta monyet. Bukan cinta sama monyet, ya.

8. “Sendiri” – Dengarkan Dia

Judul lagunya “Sendiri,” loh. Dengarkan Dia itu adalah project suami-istri kekinian, Ayudia Bing Slamet dan Ditto Percussion diiringi full band cabutan yang abis showcase album di Galeri Salihara Jakarta, 23 April lalu. FYI, kibordis mereka waktu di showcase itu merupakan kibordis langganannya Afghan, loh.

9. “Buat Kamu” – Maria Stella

Alumni acara The Voice Indonesia ini seolah-olah pengen balikin era musik tahun 2000an lewat lagu “Buat Kamu” yang easy-listening. Di lagunya, suara doi waktu lagi ngambil nada tinggi agak kedengeran seperti suaranya Kikan mantan personel Cokelat.

10. “Back At It” – Rich Chigga

Gak perlu pura-pura nge-rap kayak orang sok mabok, banyak orang (termasuk yang gak tau-tau amat Bahasa Inggris) yang denger “Back At It” bakalan paham kalo Rich Chigga adalah semacam gangsta rapper. 

Liriknya emang nyeritain rapper yang pada akhir April ini berencana tur keliling beberapa kota di Amerika Serikat itu semacam nantangin orang-orang “palsu” yang kalo di medsos keliatan sok mewah, padahal hidup aslinya biasa aja. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.