Selasa, 31 Januari 2023

Genmuda – Jumlah YouTuber Indonesia nambah terus hampir tiap harinya tapi gak semua videonya enak ditonton. Perasaan juga makin sebel kalo channel yang patut dipantengin gak ngerilis video sesering yang diharapkan, misalnya cuma seminggu sekali. Tanpa hiburan, bahkan hari libur terasa hambar.

Untunglah ada channel-channel luar yang gak kalah lucu, inspiratif, dan sama menariknya dari karya YouTuber Tanah Air. Gak perlu takut kendala perbedaan bahasa juga karena udah ada subtitle yang senantiasa membantu. Jadi, channel apa aja yang bisa jadi alternatif saat bosen nonton YouTube lokal? Liat di bawah ini.

1. Life of Boris

Si orang “Slav” (sebutan untuk orang Eropa Timur yang berbahasa Rusia) ini lagi naik daun sejak tahun 2016. Boris yang selalu menjaga kerahasiaan identitas asli dan wajahnya itu awalnya cuma bikin video memperkenalkan gaya hidup dan obrolan orang-orang Slav.

Karena videonya kocak, aneh, dan original, penggemarnya sering meminta Boris bikin konten seru di channel miliknya. Akhirnya doi keluar dari pekerjaannya sebagai programmer di Estonia dan alih profesi jadi full-time YouTuber, hingga sekarang terdapat lebih dari 100 ribu subscriber dan terus nambah.

2. Hydraulic Press Channel

Kabarnya, Lauri Vuohensilta dapet warisan sebuah pabrik pengepresan hidraulik dari kakeknya. Faktanya, Vuohensilta dan istrinya, Anni menggunakan pabrik itu buat memvideokan berbagai macam objek ditekan sampai hancur sama mesin pabrik. Kedengeran hambar tapi lebih dari 100 ribu subscriber channel HPC suka banget sama video ngebosenin tersebut.

Vuohensilta dan Anni pernah nyoba buktiin mitos yang bilang kalo selembar kertas gak bakal bisa dilipat lebih dari 7 kali. Ketika mesin pengepres mereka mencoba menekan kertas pada lipatan ketujuh, kertasnya meledak. Video itu viral dan memancing pakar fisika berkomentar soal alasan kertas bisa meledak.

3. Carsandwater

Nama Carsandwater mungkin gak kamu kenal tapi aksi miminnya meletakkan bola nikel panas (Red Hot Nickel Ball, RHNB) ke atas berbagai benda pasti udah banyak yang liat. Logikanya sih, RHNB bakal tembus dari atas ke bawah dan membakar benda itu dalam perjalanannya.

Tapi, fakta berkata lain. Ketika nikel yang panasnya ratusan derajat celcius itu diletakkan di atas busa pengganti tanah tumbuhan, nikelnya justru tertahan di atas sementara busanya terbakar jadi arang. Sekarang, channel itu di-subscribe lebih dari 849 ribu orang.

4. Slow Mo Guys

Miminnya Slow Mo Guys benar-benar manfaatin kecanggihan kamera mereka. Dengan kualitas super HD dan daya tangkap lebih dari 24 fps, kameranya bisa menghasilkan gerak lambat yang jernih semua momennya. Mereka biasa ngerekam momen-momen balon pecah dan emang menarik banget ngeliatnya.

5. JennaMarbles

Jauh sebelum doi tampil seksi, jadi model, seleb YouTube, artis, peng-endorse banyak produk, dan dapet 17 juta subscriber, JennaMarbles adalah cewek lulusan S2 Psikologi Boston University yang selera humornya aneh. Kalo gak percaya, cek aja video doi tahun 2010 yang Genmuda.com cantumin di atas tuh.

6. NIGAHIGA

Pengen tau betapa nyinyirnya orang-orang luar negeri kalo lagi ngatain orang? Langsung tonton video-video NIGAHIGA. Channel yang udah di-subscribe 19 juta orang itu pernah ngatain habis-habisan Justin Bieber, baik dengan ngecengin langsung atau pakai sarkasme, dalam parodi dokumenter “Never Say Never” si penyanyi asal Kanada itu.

7. Annoying Orange

Dan, di antara semua absurdnya video-video yang berkeliaran di YouTube, Annoying Orange juaranya. Si jeruk tak berhidung itu jago banget bikin buah-buahan lain di dapur, bintang tamu, bahkan penontonnya ngerasa kesel. Entah itu karena ketawanya yang kayak orang minta diinjek-injek, komentar, atau suaranya. Anehnya, ada lebih dari 5 juta orang yang subscribe channel itu. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.