Rabu, 1 Desember 2021

Genmuda – Iko Uwais lagi dalam proses syuting film “Triple Threat” di Bangkok, Thailand, sejak pertengahan April ini, gaes. Proses syuting film yang awalnya mau digarap di Meksiko rencananya itu kelar Mei 2017. Abis itu, masuk tahap “finishing” hingga waktu yang belum ditentukan. Sabar.

Berdasarkan info dari manajemen Iko Uwais, aktor laga dapet gelar penampil silat terbaik Festival Pencak Silat Cibubur 2005 itu bukan satu-satunya jagoan silat di film. Doi main bareng banyak praktisi berbagai aliran seni bela diri dari berbagai belahan dunia yang punya ciri khas seperti di bawah ini.

1. Tony Jaa

Jangan nonton “Fast & Furious 7” (2015) atau “xXx: Return of Xander Cage” (2017) kalo mau tau aksi aktor sekaligus praktisi Muay Thai tradisional ini. Coba pantengin film “Ong-Bak Trilogy” (2003, 2008, 2010) dan “The Protector” (2005), dan liat serangan jarak jauh, tendangan terbang, lompatan dua meter, salto, dan aksi keras lain yang doi lakuin dengan luwes.

2. Tiger Hu Chen

https://www.youtube.com/watch?v=qOV_7PPywJ8

Awalnya berguru di bawah ajaran Yuen Wo Ping, koreografer laga “Snake in the Eagle’s Shadow” (1978) dan “Drunken Master” (1978), Tiger Hu Chen kemudian jadi guru bela dirinya Keanu Reeves dan terlibat sebagai stuntman berbagai film laga Hollywood. FYI, doi pula yang bikin koreografi berantem di film “The Matrix” (1999). Ketika masih berusia 18-19 tahun, aktor “Man of Thai Chi” (2013) itu juga udah menjuarai kontes Wushu nasional di Tiongkok.

3. Scott Adkins

Atlet Mixed Martial Arts (MMA) Inggris ini sama sekali bukan pemeran utama film “Undisputed II” (2006) dan “Undisputed III” (2010), tapi karakter bad ass dan gerakan laga doi yang nge-flow ngedorong produser film itu bikin satu film lagi khusus buat karakter yang doi perankan, Yuri Boyka si jawara tarung bebas. Film yang dimaksud yaitu “Boyka: Undisputed” (2016).

4. Michael Jai White

Nah, aktor kulit hitam sekaligus praktisi MMA ini yang jadi pemeran utama “Undisputed II dan III.” Dalam dunia bela diri, doi merupakan pemegang sabuk hitam Goju Ryu Karate, Kyokushin Karate, Shotokan Karate, Kobudo, Tang Soo Do, Taekwondo, Wushu, dan Jiujitsu. Biar punya banyak aliran bela diri, kuda-kuda doi saat berlaga pasti selalu tegap.

5. Michael Bisping

Bisping bukan aktor laga atau praktisi. Doi atlet UFC yang memegang gelar Middleweight Champion dari 2016 hingga 30 April 2017 dan mungkin akan mempertahankan gelarnya dalam bulan-bulan berikutnya. Kamu bisa tonton pembukaan video di atas biar tau ganasnya serangan Bisping atau pantengin sampai akhir supaya tau perjuangan yang juga harus doi lakuin di luar ring.

6. Celina Jade

Cantik iya. Model iya. Pemain film drama iya. Penyanyi iya. Praktisi Kung Fu juga iya. Celina Jade emang semacam cewek whole package. Pemeran Shado di serial “Arrow” itu dapet dasar-dasar bela diri dari bokapnya yang merupakan praktisi panahan, menembak, dan Taekwondo. Kalo mau liat semua kebolehan doi dalam satu film, langsung aja tonton “Legendary Assassin” (2008).

7. Yanin Vismitananda

Aktris Thailand ini dikenal juga dengan nama panggilan “Jeeja” (dibacanya Chicha) dan pemegang sabuk hitam Taekwondo di negaranya. Jurus-jurus beladiri dan kemampuan akting doi pertama kali terkombinasi dalam film “Chocolate” (2008). Karena sering bikin film laga Thailand, pada akhirnya doi juga bisa gerakan-gerakan Muay Thai tradisional seperti yang dipahami Tony Jaa.

8. Ron Smoorenburg

Penggemar Jackie Chan pasti familiar sama Ron Smoorenburg dengan jurus “Kaki Setan,” “Kaki Liar,” dan “Tendangan Bayangan” di film “Who Am I?” (1998). Praktisi beladiri kelahiran Belanda itu kini lagi menetap di Thailand dan jadi stuntman sekaligus koreografer laga film-film action di sana.

9. Tim Man

Waktu berusia 8 tahun, Tim Man mulai berlatih Taekwondo. Hingga usia 15 tahun, cowok berdarah Tiongkok kelahiran Swedia itu udah megang 3 gelar juara Taekwondo nasional dan peringkat 3 Taekwondo dunia. Hingga dewasa, doi juga memperdalam Muay Thai tradisional, Wushu, Tinju, dan MMA. Doi emang jarang jadi aktor tapi hampir semua film laga pasti minta kisi-kisi koreografi sama doi.

Itulah nama-nama ahli bela diri yang bakal main bareng Iko Uwais. Kabarnya, Iko bakalan satu tim sama Tony Jaa dan Tiger Chen sementara Bisping, Jai White, dan Adkins bakalan jadi antagonis. Jade, Jeeja, dan Smoorenburg bakal jadi pemeran pembantu, terus koreografi berantemnya dibuat sama Tim Man.

Who says "Thai" chi isn't real. @tonyjaaofficial @iko.uwais @tigerchenhu @celinajade

A post shared by Mikebisping (@mikebisping) on

(sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.