Senin, 24 Januari 2022

Genmuda – Kabar pencarian aktris untuk proyek film live-action “Mulan” akhirnya menemukan titik terang. Beda sama “Aladdin” dan “Lion King” yang udah banyak diisi sama nama-nama ngetop, Disney keliatan hati-hati banget memilih prajurit Wanita China tersebut kalo enggak mau dianggap “whitewashing” oleh fans.

Namun, keinginan para fans supaya Mulan dimainkan oleh aktris Asia akhirnya terkabul lewat sosok Liu Yifei atau yang dikenal dengan nama panggung Crystal Liu. Sebelumnya, cewek  juga sempat nongol di film “The Forbidden Kingdom” barengan Jackie Chan dan Jet Li. Kamu belum tau? Yaudah, baca aja informasinya yang udah Genmuda.com rangkum dibawah:

Mengalahkan 999 kandidat lainnya

via: Google
(Sumber: Istimewa)

Buat kamu yang belum tau, proyek film ini udah mulai digaungkan sama Disney sejak tahun 2016 kemarin. Di tengah tuntutan para fans, pihak rumah produksi pun berkeliling dunia untuk mencari pemeran Hua Mulan yang sesuai dengan cerita film.

Dilansir Genmuda.com dari The Hollywood Reporter, nama Liu berhasil dipilih setelah menghabiskan waktu sekitar lebih dari satu tahun dari 1.000 kandidat aktris yang telah diaudisi.

Gak cuma modal cantik

via: Profilbos
(Sumber: Profilbos)

Karena Mulan adalah seorang prajurit perempuan, maka syaratnya gak cuma bisa akting atau modal cantik doang. Gimana enggak, gengs? Tim produksinya membutuhkan aktris yang memiliki keterampilan bela diri yang kredibel, plus punya kemampuan berbahasa Inggris yang baik.

Bukan tanpa alasannya kenapa syarat segitu tinggi, hal itu dikarenakan pihak studio ingin memberikan gambaran yang tepat demi menghormati kebudayaan China secara universal. Dan menurut pihak Disney, semua paket lengkap itu ada pada sosok Liu yang juga masuk dalam daftar 100 wanita cantik di TC Candler sejak tahun 2013-2016.

Berasal dari keluarga berpengaruh di China

via: Zimbio
(Sumber: Zimbio)

Ayah Liu adalah mantan sekretaris 1 kedutaan besar China di Prancis, sekaligus profesor bahasa Prancis dan ibunya adalah seorang penari dan pemain teater. Sedangkan kakeknya adalah pendiri dari Beijing Tongchan Investment Group di China.

Saat orangtuanya bercerai, Liu yang berusia 11 tahun tinggal bersama ibunya di Amerika Serikat. Dari situlah dia mulai belajar bahasa Inggris sampe akhirnya balik lagi ke China tahun 2002 buat sekolah akting di Beijing Film Academy.

Prestasinya bikin kamu iri

via: Drama Fever
(Sumber: Drama Fever)

Di negaranya, Liu dijuluki “Fairy Sister” dari fans dan media di China lewat perannya di drama “Demi-Gods and Semi-Devils” yang berhasil menjadi drama paling laris di Taiwan. Wajahnya juga meramaikan drama “The Return of the Condor Heroes” yang sering banget diputar di stasiun tv di Indonesia.

Film Hollywood pertama Liu adalah “The Forbidden Kingdom” (2008). Penghargaan paling bergensi sebagai aktris terbaik pernah dia dapetin di Macau International Movie Festival dari perannya di film The Assassins (2012).

Gak cuma itu, karena masuk kriteria aktris serba bisa, Liu sempat menjajal dunia tarik suara di bawah naungan label Sony Music Entertaiment Jepang pada tahun 2006. Plus, menjadi wanita China pertama yang menjadi ambassador buat dua brand mewah, yaitu Dior dan Tissot.

Secara keseluruhan, gak heran kan kenapa Liu bisa memerankan tokoh Mulan? FYI, film live-action “Mulan” sendiri bakal disutradarai oleh sutradara perempuan, Niki Caro dengan budget lebih dari 100 juta dolar AS dan akan dirilis tahun 2019 mendatang.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.