Selasa, 2 Juni 2020

Genmuda – Tato saat ini emang udah bukan hal yang asing lagi dalam budaya populer. Banyak yang bikin cuma buat gegayaan atau biar dibilang keren aja, tapi engga sedikit pula yang bikin buat dijadiin kenangan akan sesuatu atau seseorang.

Di Indonesia, orang-orang yang bertato (apalagi kalo tatonya dari ujung kaki sampai ujung kepala dan bahkan sampai ke muka segala) sering kali masih suka dipandang sebelah mata. Lain halnya dengan di negara lain kayak Amerika Serikat, tato justru udah jadi semacam bagian dari kehidupan masyarakatnya.

Terlepas dari itu, tato engga cuma diminatin masyarakat awam, tapi juga para artis ternama. Mulai dari yang tatonya keliatan jelas banget sampai yang cuma seiprit kayak bukan tato, semua punya artinya masing-masing. Berikut ini adalah 5 artis yang tatonya simpel, tapi maknanya personal dan mendalam:

1. Kendall Jenner

via refinery29.com
(Sumber: Istimewa)

Dari sekian banyak desain tato yang ada, model yang satu ini ternyata malah milih buat ngebikin tato berbentuk titik di masing-masing jari tengah kedua tangannya. Yang lebih uniknya lagi, tato tersebut berwarna putih. “Baginya, itu adalah hal kecil yang berarti. Warnanya putih karena dia tidak ingin menunjukkannya pada dunia modeling dan semua itu,” ungkap seniman tato JonBoy pada Refinery29.

2. Emma Stone

via pintattoos.com
(Sumber: Istimewa)

Kalo ada penggemar The Beatles yang paling beruntung, bisa jadi doi adalah Emma Stone. Dalam rangka ngerayain ibunya yang udah terbebas dari kanker, Emma dan sang ibu mutusin buat bikin tato sebagai tribut buat lagu favorit mereka, yaitu ‘Blackbird’-nya The Beatles. Emma lantas ngirimin surat ke Paul McCartney buat minta tolong dibikinin gambar kaki burung dan Paul ngabulin permintaannya.

3. Sam Smith

https://instagram.com/p/_BP9box2Z8/

Beberapa waktu yang lalu, Sam Smith udah ngebikin bukan cuma satu, tapi empat tato sekaligus. Masing-masing tato tersebut punya arti penting baginya. Mulai dari pandangannya terkait pernikahan sesama jenis dan kesetaraan bagi semua manusia sampai janjinya buat bermusik secara jujur, semua tersirat lewat tato-tatonya.

4. Miley Cyrus

via marieclaire.com
(Sumber: Istimewa)

Tato pertama Miley Cyrus adalah tulisan “Just Breathe” yang dibikin saat usianya 17 tahun. Tato tersebut merupakan tribut bagi temannya, Vanessa, yang meninggal karena penyakit paru-paru serta kedua kakeknya yang juga meninggal karena kanker paru-paru.

“Tato ini mengingatkanku agar tidak menerima hal-hal begitu saja. Maksudku bernapas — itu adalah hal yang tidak bisa mereka lakukan, hal yang paling dasar. Aku meletakkannya di dekat hatiku, karena di sinilah mereka akan selalu berada,” jelas Miley pada Harper’s Bazaar.

5. Lady Gaga

via tattcafe.wordpress.com
(Sumber: Istimewa)

Ngomongin soal tato, penyanyi eksentrik ini emang punya banyak tato. Meski begitu, satu tatonya yang paling istimewa adalah kutipan berbahasa Jerman dari ‘Letters to a Young Poet’ karya Rainer Maria Rilke, yang berbicara tentang kesunyian dan doi anggap sebagai sesuatu yang harus diterimanya sebagai artis. Di tato tersebut, ada pula tulisan tanggal “12/18/1974”, sebagai peringatan bagi tantenya yang meninggal sebelum doi lahir, tapi menurutnya punya hubungan yang mendalam sama doi. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer