Minggu, 12 Juli 2020

Genmuda – Beberapa hari yang lalu Kawan Muda pengguna WhatsApp pasti bingung (setengah panik) setelah nongol pesan warna kuning di chat kalian. Lagi error? Atau kenapa sih? Santai, itu merupakan fitur terbaru dari aplikasi chat yang populer di Indonesia ini.

Kayak isi utama dari pesan kuning yang berisikan perintah enkripsi, sekarang nih Kawan Muda bisa mengenkripsi pesan yang kamu kirimkan kepada lawan bicara kamu. Engga cuma isi chat sama selingkuhan aja loh ya, tapi juga segala bentuk file transfer kayak audio, dokumen, sampai panggilan suara bisa dienkripsi.

Mengingat pengguna WhatsApp dipenjuru dunia ini emang banyak banget, fitur ini pun dipercaya dapat memberikan keamanan lebih kepada pengguna aplikasi berlogo hijau tersebut. Dalam situs resminya, fitur anyar ini telah diberlakukan pada hari Selasa (5/4).

Selidik punya selidik, anak perusahaan Facebook ini kabarnya belajar dari kasus enkripsi yang masih hangat buat netizen, usai FBI meminta Apple membantu mengakses data dalam iPhone milik pelaku penembakkan di California, Syed Farook.

Terus kalau handphone kamu jadul gimana? Kamu engga bakal ‘dikotak-kotakin’ sama fitur baru ini kok. WhatsApp bilang kalau fitur enkripsi bisa digunain oleh semua merek smartphone tanpa khawatir buat disadap. Bahkan pihak WhatsApp sendiri engga dapat melihat data penggunanya. Aman banget kan?

Gimana Kawan Muda udah coba belum? Ngebantu atau bikin ribet kalau menurut kamu?

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.