Kamis, 29 Oktober 2020

Genmuda – Sebuah langkah besar tampaknya kembali diambil Snapchat, Kawan Muda. Hal tersebut terbukti lewat perilisan sebuah fitur baru bernama Memories.

Salah satu keunggulan Snapchat adalah aplikasi tersebut ngemungkinin kamu buat ngirimin sesuatu tanpa ninggalin jejak. Walau orang lain bisa aja nge-screenshot Snapchat kamu, seengganya kamu bakal dapat pemberitahuan, sehingga privasi dan keamanan kamu masih tetap terjaga.

Tapi, baru-baru ini Snapchat udah ngumumin fitur Memories, yaitu sebuah cara baru buat nyimpan Snap dan Story kamu. Dalam sebuah postingan di blognya, pihak Snapchat ngejelasin bahwa Memories adalah “suatu koleksi personal dari momen-momen favorit kamu yang ada di bawah layar kamera.”

FYI, kamu bisa ngegunain Memories buat ngebikin Story dari Snap yang kamu ambil. Kamu bahkan bisa ngegunain fitur tersebut buat ngekombinasiin berbagai Story berbeda jadi sebuah cerita yang lebih panjang. Kamu cuma perlu nge-swipe ke atas dari kamera buat ngebuka Memories.

Bukan cuma itu, Snapchat sekarang juga ngehadirin cara baru buat ngirimin Snap dari Memories ke teman-teman kamu atau bahkan ngeposting Snap tersebut ke Story kamu. Jika kamu nge-upload Snap lama (baca: yang lebih dari sehari yang lalu) ke Story terbaru kamu, Snap tersebut nantinya bakal muncul dengan bingkai yang nunjukin bahwa Snap tersebut udah lama.

Yang lebih menariknya lagi, Memories pun bakal ngemungkinin kamu buat mindahin Snap dan Story ke sebuah folder khusus bernama ‘My Eyes Only’. Dengan begitu, kamu bisa nge-scroll foto-foto seharusnya emang cuma buat kamu tanpa takut bakal ngelamin awkward moment gara-gara teman-teman kamu ikut ngelihat.

Eits, ada tapinya nih, Kawan Muda. Memories engga bakal nge-back up foto atau video apapun dari Camera Roll kamu, kecuali kamu ngegunain foto atau video tersebut buat ngebikin Story baru maupun nambahin foto atau video tersebut ke My Eyes Only. Singkatnya, Snapchat cuma bakal nge-back up foto atau video yang udah kamu gunain.

Well, bisa dibilang Memories udah sekaligus ngubah dan engga ngubah fungs utama dari Snapchat. Ditambah fitur Discover, Memories otomatis ngeposisiin Snapchat bukan cuma sebagai tempat buat ngebagiin selfie atau foto-foto ‘skandal’, tapi juga kompetitor sah dari Facebook, Instagram, dan berbagai media sosial populer lainnya.

Rencananya, Snapchat bakal mulai ngeluncurin Memories di sepanjang bulan depan. Pihak Snapchat bakal ngeluncurin secara perlahan, mengingat fitur tersebut merupakan salah satu perubahan besar bagi layanan mereka. Kamu bakal dapat Chat dari Team Snapchat saat fitur baru itu udah bisa kamu gunain. Yang sabar ya, Kawan Muda!

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer