Sabtu, 25 Juni 2022

Genmuda – Minggu Lebaran bakal segera berlalu dan sebagian dari Kawan Muda otomatis harus kembali ngejalanin rutinitas sehari-hari kayak biasanya. Dengan kata lain, kamu harus ngegunain weekend ini buat ngembaliin kondisi tubuh kamu kayak semula.

Setelah 30 hari puasa, godaan buat makan ini itu pas Lebaran biasanya bakal sulit buat ditahan. Ketupat, opor, rending, sambal goreng ati, semua menu tersebut rasanya kayak jadi lebih nikmat saat Lebaran. Pokoknya Lebaran seakan jadi pelampiasan buat puas-puasin makan enak banget deh.

Namun demikian, ini udah saatnya buat kamu bangun dan hadapi kenyataan, Kawan Muda. Kebersamaan dan silahturahmi Lebaran emang sebaiknya tetap kamu jaga, tapi bukan lemak dan gula yang numpuk dari berbagai makanan bersantan dan manis yang kamu nikmatin selama Lebaran. Berikut ini adalah 5 hal yang bisa kamu lakuin supaya tetap sehat dan bugar setelah Lebaran:

1. Jalan kaki di pagi hari

Kalo kamu engga punya waktu buat olahraga secara khusus, minimal kamu harus pastiin kamu bisa jalan kaki di pagi atau sore hari. Jalan kaki yang baik bisa ngerilis hormon endorfin yang berpengaruh positif pada suasana hati dan ngebantu ngejaga nafsu makan kamu. Dengan jalan kaki, kamu pun bisa ngerasa lebih segar, santai, aktif, dan bahagia.

2. Banyak minum air putih

Minuman manis nan segar kayak sirup atau soda emang bisa ngilangin rasa haus. Tapi, efeknya cuma sebentar dan engga begitu bermanfaat kalo dibandingin dengan air putih sebagai penyedia cairan tubuh. Bahkan, sebuah riset udah nyimpulin bahwa orang-orang yang minum dua gelas air putih (500 ml) sebelum makan berpotensi ngekonsumsi 75 sampai 90 kalori lebih sedikit saat makan. Lumayan loh buat kamu yang pengen diet, Kawan Muda!

3. Konsumsi buah dan sayur

Mengingat Lebaran identik dengan makanan daging yang berlemak, ada baiknya kamu seimbangin lagi kebutuhan serat tubuh kamu dengan konsumsi buah dan sayur. Air dan serat pada buah dan sayur punya peran penting dalam ngebikin kamu tetap terhidrasi dan nimbulin rasa kenyang alias ngendaliin nafsu makan kamu. Selain itu, rasa manis pada buah segar juga bisa muasin keinginan kamu terhadap hidangan manis, sehingga konsumsi makanan penutup kamu bakal berkurang.

4. Kontrol porsi makanan

Hayo, pas Lebaran udah makan gila-gilaan, abis Lebaran mulai disesuain lagi ya porsinya. Saat kamu nambahin banyak makanan ke piring kamu, biasanya dari dalam diri kamu bakal muncul suatu desakan buat ngabisin semua makanan tersebut supaya kamu engga buang-buang makanan. Untungnya, itu semua bisa kamu hindarin dengan netapin batasan porsi makan yang bisa dicerna perut kamu atau kamu makan sambil ngobrol sama orang lain biar perhatian kamu bisa teralih ke obrolan kalian.

5. Istirahat yang cukup

Abis keliling ke saudara-saudara atau abis mudik, kamu tentu harus nyediain waktu khusus buat istirahat buat ningkatin kondisi tubuh kamu lagi. Istirahat di sini bukan sekedar diam di rumah engga ke mana-mana doang loh ya. Kamu harus, kudu, mesti, dan wajib banget tidur yang cukup supaya kamu engga mendadak sakit saat kembali beraktivitas. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer