Jum'at, 24 September 2021

Genmuda – Udah bukan rahasia lagi kalo berbagai film yang beredar saat ini sebagian besarnya merupakan hasil adaptasi buku laris. Bahkan, engga sedikit pula yang terinspirasi dari kisah nyata, termasuk film horor loh, Kawan Muda.

Kalo ada film horor berdasarkan kisah nyata yang paling fenomenal di abad ini, maka itu adalah ‘The Conjuring’. Sukses dengan film pertamanya di tahun 2013, sekuelnya akhirnya menyusul di tahun ini dan kembali bikin bulu kuduk merinding (walau di Indonesia setannya justru dijadiin bahan meme).

Namun demikian, sebelum ‘The Conjuring’ sebenarnya dari dulu udah banyak loh film horor luar yang juga diangkat dari kisah nyata. Engga cuma yang berkaitan dengan proses pengusiran setan dan roh jahat, tapi ada pula yang berkaitan dengan pembunuhan sadis. Berikut ini adalah 5 contoh di antaranya:

1. ‘The Exorcist’ (1973)

via newmediarockstars.com
(Sumber: Istimewa)

Percaya engga percaya, tapi praktik pengusiran setan ternyata masih terjadi di berbagai belahan dunia. Praktik pengusiran setan yang jadi ide buat film ini kabarnya merupakan aksi dari sekelompok pastur di Maryland terhadap “Roland Doe” alias “Robbie Mannheim”, seorang bocah laki-laki yang diduga bisa bahasa roh dan ‘ngegerakin’ benda-benda gara-gara kerasukan. Kasus tersebut juga jadi inspirasi buat film lainnya, yaitu ‘Possessed’ (2000).

2. ‘The Texas Chain Saw Massacre’ (1974)

via wheresthejump.com
(Sumber: Istimewa)

Sama kayak ‘Psycho’-nya Alfred Hitchcock (1960), film ini juga terinspirasi dari Ed Gein, seorang pembunuh berantai asal Amerika yang suka ngemutilasi bagian tubuh mayat korbannya maupun mayat hasil curian. Film ini sukses dinobatin sebagai salah satu film paling brutal pada masanya. Ya gimana engga? Udah mah Ed Gein-nya sendiri nyeremin, ditambah lagi tokoh antagonis di film ini digambarin sebagai sosok yang pakai topeng kulit manusia dan bawa-bawa gergaji mesin pula. Sadih lah pokoknya!

3. ‘The Amityville Horror’ (1979)

via adventuresinpoortaste.com
(Sumber: Istimewa)

Kalo kamu udah nonton ‘The Conjuring 2’, harusnya sih kamu udah rada ngeh sama film ini. Film yang di-remake di tahun 2005 ini berkisah tentang keluarga muda yang pindah ke sebuah rumah yang pernah jadi lokasi pembunuhan. Secara spesifik, di tahun 1975 keluarga Lutz pindah ke rumah di mana seorang pria bernama Ronald DeFeo Jr ngebunuh keluarganya di tahun sebelumnya. Keluarga Lutz ngeklaim bahwa mereka ngalamin kejadian supranatural dan akhirnya pindah lagi kurang dari sebulan.

4. ‘A Nightmare on Elm Street’ (1984)

via lloydmoviereviews.com
(Sumber: Istimewa)

Well, Freddy Kruger emang engga benar-benar ada dan belum ada bukti spesifik kalo seseorang bisa meninggal setelah dibunuh di mimpinya. Terlepas dari itu, sutradara Wes Craven terinspirasi buat bikin film ini dari serangkaian laporan di Los Angeles Times tentang para pengungsi Laos yang meninggal secara misterius pas lagi tidur. Yang lebih gokilnya lagi, mereka yang masih hidup bahkan sampai takut buat tidur karena mereka percaya bahwa mereka bakal mati saat mimpi buruk.

5. ‘Child’s Play’ (1988)

via hollywoodreporter.com
(Sumber: Istimewa)

Kamu yang termasuk anak Generasi 90-an mungkin rada asing sama judul film ini, tapi pasti udah engga asing lagi sama karakter utamanya, yaitu Chucky si boneka pembunuh. Chucky mulai muncul sebagai ikon horor yang paling dikenal berkat film ini. Hal lainnya yang mungkin juga belum kamu tau adalah film ini diduga dibikin berdasarkan kisah seorang penulis bernama Robert Eugene Otto. Katanya sih doi disumpahin sama seorang perawat, sehingga salah satu boneka masa kecilnya jadi kayak kerasukan. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer