Jum'at, 19 Juli 2024

Genmuda – The Boogeyman jadi film baru yang tayang bulan ini di Indonesia. Terinpirasi dari cerita pendek Stephen King, film ini bakal membuat Kawan Muda jadi waspada di dalam kegelapan!

Skenario film sejatinya muncul sejak 2018 lalu. Film ini juga awalnya disiapkan untuk serial pendek yang tayang streaming di Disney Plus. Namun karena pandemi Covid-19, rencana tersebut harus molor dan kini The Boogeyman hadir dalam versi layar lebar.

Horor klasik

©20th Century Fox/Hulu

Layaknya karya Stephen King pada umumnya, The Boogeyman syarat dengan formula horor klasik yang melibatkan anak-anak, orang tua, dan kegelapan. Klasik emang, tapi nyata formula tersebut masih laku buat sejumlah orang.

Diceritakan Will (Chris Messina) baru saja kehilangan istrinya akibat kecelakaan. Dia kemudian menjadi orang tua tunggal yang berusaha move one dengan dua putrinya, Sadie (Sophie Thatcher) dan Sawyer (Vivian Lyra Blair).

Awalnya gak ada yang aneh dari kehidupan keluarga Will. Namun pada suatu hari, Wil yang merupakan psikiater- menerima pasien misterius bernama Lester Billings (David Dastmalchian).

Diceritakan jika Lester merasa bersalah karena kematian putrinya. Dia mengaku anak sosok misterius yang membunuh puterinya. Sadar ada yang aneh, Will kemudian menelepon polisi untuk melaporkan Lester.

Lester yang traumatis justru nyelonong naik lantai atas dan melihat Sadie. Seketika itu pula Lester teringat akan puterinya. Tanpa ‘ba-bi-bu’, dia lantas masuk ke lemari kamar istri Will dan memutuskan gantung diri. Sadie yang melihat hal tersebut langsung syok luar biasa.

Usai kejadian tersebut, sejumlah hal ganjil dialami oleh keluarga Will. Sawyer diganggu oleh makhluk misterius yang datang dari kegelapan. Hal itu pun juga dialami oleh Sadie yang perlahan mengetahui jika teror tersebut nyata, alias bukan imajinasi semata.

Klise, tapi rapih

©20th Century Fox/Hulu

Komposisi cerita yang ditawarin sejatinya gak baru-baru banget. Anak kecil takut tidur sendirian, monster yang menoror mereka di dalam kegelapan, serta orang dewasa yang berusaha menyangkal itu semua.

Scoring dan jump scare yang ditonjolin sama fim ini juga terbilang rapih alias gak mengganggu penonton. Permainan efek kamera dan cahaya menjadi sajian yang tidak kalah megangkan buat penonton.

Rob Savage selaku sutradara juga rapih menghadirkan sosok misterius The Boogeyman. Penonton seperti dibuat penasaran, ini hantu, monster atau cuma imajinasi belaka.

Peran Keluarga Will pun juga mempertegas unsur drama di film ini. Secara nalar pun film ini seperti sebuah manifestasi dari kekecewaan serta ketakutan dari sebuah kehilangan orang tersayang.

Kesimpulan

Seperti penulis bilang sebelumnya, secara sinopsis film The Boogeyman jelas tidak terlalu fresh banget. Namun rapihnya pengembangan karakter, cerita, dan jump scare membuat film ini terasa lebih asik buat dinikmati.

So, buat Kawan Muda yang penasaran langsung aja tonton kegelapan dari The Boogeyman di bioskop mulai 9 Juni 2023. Penasaran? Tonton trailer di bawah ini!

Our Score

Comments

comments