Minggu, 1 November 2020

Genmuda – Produsen gawai asal Korea Selatan, Samsung, kembali merilis produk anyar mereka di pasar tanah air. Selasa (18/8/2020), Samsung resmi memperkenalkan empat produk terbaru mereka sekaligus yang diklaim mampu memenuhi kebutuhan gaya hidup Kawan Muda di era kebiasaan baru. Keempat produk tersebut yakni, Samsung Galaxy Note20 dan Note20 Ultra, Samsung Galaxy Tab S7 dan S7+, Samsung Galaxy Watch3, dan Galaxy Buds Live.

Seperti yang banyak Kawan Muda ketahui Samsung Galaxy Note20 dan Note20 Ultra memulai debut secara global pada tanggal 5 Agustus lalu, namun kedua smartphone flagship tersebut baru akan meluncur pada tanggal 21 Agustus 2020 di Indonesia. Menurut President Samsung Electronics Indonesia, Jaehoon Kwon seri terbaru Galaxy Note20 sangat mendukung kebutuhan saat kerja maupun bermain game.

“Galaxy Note20 series yang kami resmikan hari ini, akan mendukung Power to Work dengan kekuatan S Pen, Samsung Notes, Wireless Dex, dan layar canggihnya, dan Power to Play dengan peningkatan performa yang dapat mendukung keseruan bermain games hingga peningkatan kualitas kamera untuk foto dan video yang membuat konsumen mampu menghasilkan konten layaknya seorang professional,” beber Kwon.

Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra

(Sumber: Samsung)

Di atas kertas kedua smartphone ini punya kinerja dan spesifikasi paling canggih yang ditawarkan oleh Samsung. ‘Otak’-nya menggunakan prosesor Exynos 990 yang mampu membawa pengalaman multimedia hingga gaming di level tertinggi saat ini. Prosesornya mampu mendukung perekaman video 8K pada 24fps dan mengeditnya dengan efek bokeh, serta mendukung refresh rate 120Hz yang mampu memberikan pengalaman visual game yang begitu mulus.

Prosesor kenceng di Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra ditunjang RAM LPDDR5 yang mampu menciptakan performa tertinggi pada sebuah smartphone dengan pin speed hingga 6.400 Mbps dan transfer data mencapai 51,2 Gbps. Sehingga mampu menciptakan pengalaman bermain game tanpa lag serta efisiensi daya hingga 20% dibandingkan dengan seri sebelumnya. Performa tingkat tinggi pun semakin lengkap dengan kapasitas baterai yang ditingkatkan hingga 4.500mAh pada Galaxy Note20 ultra dan 4.200mAh pada Galaxy Note 20.

Galaxy Note 20 memiliki layar sebesar 6,7 inci dengan panel Super AMOLED Plus dan FHD+, resolusi 2400×1080. Galaxy Note 20 menggunakan takik model Infinity-O Display. Pada kamera utama terdapat tiga kamera masing-masing lensa ultra wide 12MP, wide-angle 12MP dan telephoto 64MP. Kamera tersebut dilengkapi oleh kemampuan tiga kali zoom optik hibrida serta Super Resolution Zoom 30x. Sementara kamera depan Galaxy Note 20 memiliki lensa 10MP.

Sementara untuk Galaxy Note 20 Ultra, Samsung memberikan layar berukuran 6,9 inci dengan panel Quad HD+ Dynamic AMOLED 2X, resolusi 3088×1440 yang juga menggunakan notch model Infinity-O Display. Sama dengan Galaxy Note 20, kamera utamanya terdapat tiga kamera dengan konfigurasi ultra wide 12MP, wide-angle 108MP dan telephoto 12MP. Namun yang menjadi pembeda kamera belakangnya memiliki kemampuan zoom optik 5x dan Super Resolution Zoom hingga 50x.

Di Indonesia keduanya akan tersedia secara online maupun offline pada 21 Agustus 2020. Galaxy Note 20 dan Galaxy Note 20 Ultra varian 256 GB masing-masing dijual seharga Rp 14,5 juta dan Rp 18 juta. Sedangkan buat Galaxy Note 20 dengan kapasitas memori 512GB dilego seharga Rp 20 juta.

Samsung Galaxy Tab S7 dan S7+

(Sumber: Samsung)

Galaxy Tab S7 dan Tab S7+ udah mendukung refresh rate hingga 120Hz, keyboard eksternal, serta S Pen yang telah dioptimalkan untuk menggambar maupun mencatat yang juga memiliki latency 9ms. Keduanya juga mengadopsi Samsung Notes yang terdapat pada Galaxy Note20 Series untuk membuat pengguna serasa mengoperasikan komputer berkat efisiensi yang dihadirkan.

Baik Galaxy Tab S7 maupun Tab S7+ mengusung prosesor Snapdragon 865+, GPU Adreno 650, RAM hingga 8GB, memori internal hingga 512GB, kamera 13MP dan 5MP di bagian belakang, serta kamera selfie 8MP. Perbedaan kedua perangkat tersebut dapat ditemui pada layarnya. Galaxy Tab S7+ mengusung layar Super AMOLED berukuran 12,4 inci, sedangkan Galaxy Tab S7 memiliki layar LTPS IPS LCD berukuran 11 inci.

Samsung Galaxy Buds Live

(Sumber: Samsung)

Galaxy Buds Live mengombinasikan teknologi produksi suara dari AKG dengan speaker 12mm serta bass duct yang lebih besar untuk menghasilkan suara yang lebih dalam dan kaya. Terdapat fitur Active Noise Cancellation serta tiga microphone dan Voice Pickup Unit untuk memberikan pengalaman menelepon yang lebih baik, serasa lawan bicara sedang berada tepat di sebelah. Galaxy Buds Live dibanderol seharga Rp 2,6 juta dengan dua varian warna, yaitu black dan bronze.

Samsung Galaxy Watch 3

Galaxy Watch3 adalah perangkat yang memudahkan penggunanya untuk hidup sehat sekaligus lebih bersemangat dalam menjalani kegiatan sehari-hari berkat tersedianya lebih dari 120 program olahraga yang dapat dilakukan di dalam maupun di luar rumah. Kerennya adalah, Galaxy Watch3 dilengkapi fitur oksimeter yang membantu penggunanya memonitor kadar oksigen dalam tubuh dengan fitur SpO2, fall detection, serta pengukur detak jantung. Galaxy Watch3 hadir dalam dua ukuran, yaitu 41mm seharga Rp 6 juta dan 45mm senilai Rp 6,3 juta dengan dua pilihan warna black dan bronze.

Comments

comments

Sari Muda
Tech Enthusiast