Sabtu, 25 Juni 2022

Genmuda – Ngomongin soal hari kemerdekaan, biasanya emang bakal identik dengan berbagai lagu wajib nasional. Namun demikian, bukan berarti engga ada lagu populer yang bisa kamu nyanyiin buat ngerayain hari kemerdekaan loh ya, Kawan Muda.

Dalam hitungan jam, perayaan hari kemerdekaan Indonesia bakal segera digelar. Sebagian dari kamu mungkin ada yang masih ikut upacara di sekolah, kampus, atau kantor, tapi ada juga yang cuma terlibat di lombanya doang. Bahkan, bisa jadi engga sedikit pula di antara kamu yang cuma diam aja di rumah.

Nah, buat kamu yang masih gabut dan engga tau mau ngapain aja buat ngabisin 17 Agustus besok, salah satu hal yang bisa kamu lakuin tanpa perlu ribet adalah ngedengerin lagu bertema nasionalisme dari para musisi Tanah Air. Berikut ini Genmuda.com rangkumin 10 contoh di antaranya:

1. ‘Bendera’ – Cokelat

Lagu yang satu ini bisa dibilang merupakan dedengkotnya lagu populer bertema nasionalisme di awal 2000-an. Lagu ciptaan Eross Candra ini secara engga langsung turut ngedorong para musisi lainnya buat ngikutin jejak Cokelat ngebawain lagu nasionalisme. Bahkan, saking seringnya lagu ini diputar atau dibawain jelang perayaan kemerdekaan, engga sedikit yang ngira bahwa lagi ini emang lagu nasional.

2. ‘Dari Mata Sang Garuda’ – Pee Wee Gaskins

Lagu bertema nasionalisme lainnya yang engga kalah populer adalah ‘Dari Mata Sang Garuda’. Lagu ini merupakan salah satu single dalam album ‘Ad Astra Per Aspera’ (2010). Dengan musik pop punk yang cenderung kekinian pada masanya, lagu ini bakal nularin semangat besar bagi para pendengarnya.

3. ‘Berkibar Tinggi’ – Endank Soekamti

Engga kalah bersemangat dari lagu sebelumnya, ada pula ‘Berkibar Tinggi’ karya Endank Soekamti. Lagu yang terdapat dalam album ‘Soekamti.com’ (2010) ini berisi tentang janji Generasi Muda buat ngabdiin diri pada bangsa. Terlepas dari itu, khusus buat hari kemerdekaan tahun ini, Endank Soekamti bakal ngerilis film 360 derajat berjudul ‘Vlog Fest 2016 The Movie’ loh, Kawan Muda!

4. ‘Bengawan Solo’ – Sore feat. Tika

Beralih dari lagu ‘kencang’, kali ini ada lagu yang jauh lebih santai dan nenangin. Lagu gubahan Pak Gesang Martohartono ini pada dasarnya emang berkisah tentang sungai terpanjang di Jawa dengan cara yang puitis. Dibawain ulang oleh Sore dan Tika, kesan lawas lagu ini masih tetap berasa dan sukses jadi ajang nostalgi(l)a.

5. ‘Garuda di Dadaku’ – Netral

Buat kamu yang anak bola banget, lagu ini pasti udah sering kamu dengerin dan bahkan ada di daftar putar hp kamu. Walau identik dengan laga sepak bola, lagu yang bagian refrainnya mirip lagu daerah ‘Apuse’ ini kerap diputar dan dibawain pula di acara kemerdekaan. Lagu ini pun jadi soundtrack buat dua sekuel film berjudul sama dan dimuat dalam album ‘The Story Of’ (2009).

6. ‘Selamanya Indonesia’ – Twentyfirst Night

Lagu bertema nasionalisme lainnya yang wajib kamu dengerin adalah ‘Selamanya Indonesia’ dari Twentyfirst Night. Dengan irama pop rock, lagu ini merupakan salah satu single dari album ‘Dreams of Youth’. Lagu ini sempat dipakai pula dalam iklan beasiswa bulutangkis dari sebuah produk rokok ternama di Tanah Air.

7. ‘Merah Putih’ – Saykoji

Pop udah, jazz udah, rock juga udah. Giliran musik hip hop nih yang disorot lewat lagu ‘Merah Putih’-nya Saykoji. Sesuai dengan judulnya, lagu ini ngebahas tentang bendera pusaka Indonesia sebagai cerminan bangsa. Lewat lagu ini, Saykoji sekaligus ngingetin lagi apa aja yang jadi pemersatu dan kekuatan Indonesia.

8. ‘Luka Indonesia’ – Superman is Dead’

Superman Is Dead emang dikenal sebagai salah satu band yang kerap ngebahas soal masalah negeri ini dalam berbagai lagu-lagunya. Engga heran, masalah kemerdekaan dan masa depan bangsa pun turut dibahas dalam lagu mereka yang satu ini. Walau liriknya ada yang terkesan kayak sarkasme, justru itulah daya tarik dari lagu ini maupun dari Superman is Dead sendiri.

9. ‘Di Bawah Tiang Bendera’ – Iwan Fals

Engga jauh beda dari Superman is Dead, Iwan Fals juga dikenal sebagai seorang musisi yang kritis dalam ngebahas beragam persoalan bangsa ini. Hal tersebut salah satunya terbukti lewat lagu ini. Secara garis besar, lagi ini semacam bentuk perenungan buat kembali bersatu sebagai Indonesia yang utuh. Bahkan, dari awal lagunya kamu udah bakal langsung diingetin bahwa kita semua adalah “saudara”.

10. ‘Tanah Airku’ – Isyana Sarasvati

Kalo Sore dan Tika milih buat ngearansemen ulang lagu ‘Bengawan Solo’, maka lain halnya dengan Isyana. Doi justru lebih milih buat ngearansemen ulang lagu ‘Tanah Airku’. Dengan suara seriosanya, doi ngebawain lagu ini sambil diiringi musik orkestra dari Alvin Witarsa. Selain jadi soundtrack ‘My Trip My Adventure: The Lost Paradise’, lagu ini juga bakal diputar selama 17 jam di berbagai radio pada 17 Agustus besok. Selamat ngedengerin, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer