Minggu, 3 Maret 2024

Genmuda – Wish menjadi film animasi terbaru Walt Disney yang sekaligus menjadi perayaan 100 tahun Disney dengan film-film mereka yang penuh keajaiban.

Wish sendiri digarap sama Chris Buck (Frozen) dan Fawn Veerasunthorn (Raya and the Last Dragon). Filmnya sendiri masih kental dengan sejumlah film animasi musikal dengan sejumlah easter egg dari sejumlah film-film klasik Disney.

Harapan yang Hilang, dan Harus Diperjuangkan

© Disney 2023

Sesuai kayak judulnya, film ini menceritakan seputar harapan yang harus diperjuangkan. Dikisahkan seorang remaja bernama Asha (Ariana DeBose) memiliki berpendirian kuat dan cerdas dari kerajaan Rosas yang dipimpin oleh Raja Magnifico (Chris Pane).

Rakyat Rosas datang dari seluruh dunia untuk menyampaikan harapan mereka kepada sang Raja yang berjanji untuk mengabulkan keinginan terdalam mereka, suatu hari nanti. Tapi Magnifico ternyata tidak sepenuhnya murah hati, dia sendiri lah yang memutuskan keinginan siapa yang akan dikabulkan, dan dia menikmati kendali tersebut.

Tau akan hal itu, Asha kemudian membuat sebuah permintaan luar biasa yang dikabulkan oleh kekuatan kosmik, sebuah bola kecil dengan kekuatan yang tak terbatas bernama Star. Bersama, Asha dan Star berusaha untuk menghadapi Raja Magnifico yang semakin diliputi energi negatif dan menghancurkan mimpi-mimpi rakyatnya.

Mampukah Asha, Star, dan kawan-kawannya berjuang menyelamatkan rakyat Rosas dan mengembalikan seluruh harapan milik mereka?

Disney Banget?

©Disney/2023

Secara visual film Wish emang menggabungkan 2D dan 3D dengan teknik watercolor. Fans film-film klasik Disney tentu sangat familiar sama visual yang ditawarkan. Menariknya lagi ada animator Indonesia yang bekerja di Walt Disney Animation Studios, Griselda Sastrawinata-Lemay yang dipercayai menjadi Associate Production Designer untuk film Wish.

Di sisi lain untuk musikalitas juga udah engga bisa diragukan lagi ya, Kawan Muda. Sejumlah soundtrack di film ini pun cukup terngiang-ngiang di dalam kepala penulis saat keluar bioskop. Selain itu ada pula sejumlah easter egg dari film-film Disney yang sayang untuk dilewatkan.

Meski begitu, cerita film ini terasa diburu-buru sehingga tiap karakternya seperti kurang berkesan, serta pesannya pun kurang ngena.

Kesimpulan

© Disney 2023

Meski terlihat menarik, film ini belum bisa dibilang wah. Apalagi banyak fans Disney yang memiliki ekspektasi tinggi akan peringatan 100 tahun Disney. Buat Genmuda, konflik dan alur ceritanya terbilang ‘tipis’ banget.

Dan sekali lagi, film ini seolah memberikan rangkuman akan pesan visi dari Walt Disney yang begitu memorable, yakni “All our dreams can come true if we have the courage to pursue them.”

Penasaran? Tonton aja langsung film Wish yang tayang mulai 22 November 2023 di Indonesia.

Our Score

Comments

comments