Kamis, 8 Desember 2022
HiburanNgulikFilm

Review ‘Jurassic World Dominion’, Tetap Seru Meski Banyak Catatan Minor

(kiri-kanan) Dr. Ian Malcolm (Jeff Goldblum), Dr. Alan Grant (Sam Neill), Dr. Ellie Sattler (Laura Dern), Claire Dearing (Bryce Dallas Howard), Owen Grady (Chris Pratt), Maisie Lockwood (Isabella Sermon) and Kayla Watts (DeWanda Wise) di film Jurassic World Dominion ©Universal Pictures

Genmuda – Awal Juni ini trilogi Jurassic World kembali hadir di biokop. Yup, apa lagi kalo bukan Jurassic World: Dominion yang akan menjadi penutup cerita Owen Grady (Chris Pratt) dan Claire Dearing (Bryce Dallas Howard) yang debut nyaris tujuh tahun silam.

Sosok Collin Trevorrow kembali menangani film yang sempat dia garap pada tahun 2015 silam. Kira-kira apa yang bakal disajikan sama doi di film ini? Penasaran dong? Yaudah langsung aja Kawan Muda simak reviewnya di sini.

Saat Manusia Hidup Berdampingan dengan Dinosaurus

Jurassic World Dominion ©Universal Pictures

Buat intermezo, cerita kali ini berlanjut dari film Jurassic World Fallen Kingdom, dimana Owen Grady (Chris Pratt) dan Claire Dearing (Bryce Dallas Howard) masih jadi karakter utamanya. Kini sejumlah spesies dinosaurus hidup berdampingan dengan manusia.

Spesies yang jinak dibiarkan hidup berdampingan sedangkan spesies ganas dibiarkan hidup di wilayah khusus milik perusahaan Biosyn. Lebih lanjut, Biosyn dipimpin sama CEO licik bernama Lewis Dodgson (Campbell Scott).

Kehadiran Biosyn yang bisa jadi penyeimbang dinosaurus dan manusia nyatanya punya motif lain dari sebuah rekayasa genetik. Krisis ini pula yang bikin penonton bakal ketemu sama trio lawas dari film Jurassic Park, yakni Dr Alan Grant (Sam Neill), Dr Ellie Sattler (Laura Dern), Dr Ian Malcolm (Jeff Goldblum).

Di sisi lain Owen dan Claire yang sebelumnya tinggal bersama Maisie Lockwood (Isabella Sermon) berusaha bersembunyi dari kejaran oknum Biosyn yang memiliki misi untuk memburu Maisie -yang ternyata manusia kloningan.

Konflik yang Ngadi-ngadi

Owen Grady (Chris Pratt) di film Jurassic World Dominion ©Universal Pictures

Maksud hati ingin menampilkan karakter lama yang cukup ikonik, tapi nyatanya Jurassic World Dominion justru jauh dari ekspektasi penggemar, –terlebih ini merupakan sekuel trilogi Jurassic Park. Kehadiran tiga pemain lawas di film ini seolah menjadi pajangan sesaat demi menarik minat penonton.

Masalah lain juga tidak lepas dari konflik film yang kayaknya jauh dari dunia “dinosaurus”. Jika dulu penonton dibuat takjub sama rekayasa gentika reptil purbakala, atau dibuat penasaran apa lagi teror yang bakal disajikan, kini film justru melepas itu semua. Singkatnya kayak nabrak dari pakem yang udah dibuat selama ini atau malah cendrung mengada-ada.

Kesimpulan

Bryce Dallas Howard sebagai Claire Dearing in Jurassic World Dominion ©Universal Pictures

Jurassic World Dominion terbilang cukup biasa sebagai film penutup. Penulis merasa tidak terlalu puas dengan eksekusi konflik cerita yang justru jauh dari pengembangan reptil purbakala yang menjadi ciri khas utamanya.

Last but not least, penutup trilogi Jurassic World tetap memberikan aksi seru, khususnya pada adegan kejar-kejaran dengan dinosaurus. Varian reptil baru juga menjadi daya tarik dari penutup trilogi Jurassic World.

Tapi kalo Kawan Muda penasaran, gak ada salahnya buat ngebuktiin sendiri penilaian dari Genmuda.com barusan. FYI, filmnya mulai tayang Rabu (8/6/2022) di Indonesia. Kalo masih penasaran, nih tonton dulu trailernya. Happy watching!

Our Score

Comments

comments

Velesya Dea
A charmwoman