Kamis, 9 Desember 2021

Genmuda – Wisuda jadi babak akhir masa perkuliahan. Walau cuma perayaan tetep aja menjadi momen paling dinanti, apalagi kalo di rumah belum ada foto anaknya wisuda. (Kata mamah itu belum lengkap) *tsah.

Walau semua rintangan ’skripsi’ udah dilaluin tapi tetep aja, rasa sedih menghantui waktu wisuda. Soalnya, masa-masa di kampus bisa dibilang engga kalah seru kayak jaman SMA. Kelamaan jadi mahasiswa tingkat akhir pun bisa bikin kamu lupa kalo udah banyak temen-temen kamu yang udah melanglang buana di luar sana. Yang masih nganggur ada, yang udah pindah kerja berkali-kali juga ada.

Kalo jaman wisuda SMA, bisa bareng-bareng. Sayangnya pas kuliah kamu harus punya jalan-jalannya masing-masing sampe bikin kamu sedihnya bukan main, kira-kira apa aja yah? Langsung simak aja di bawah, itung-itung bisa nyemangatin kamu bikin skripsi!

1. Engga punya foto bareng temen seperjuangan

Via google
(Sumber: Istimewa)

Foto emang bisa mengabadikan momen, apalagi kalo acara special yang cuma sekali seumur hidup kayak wisuda. Karena menjadi kenangan, foto bisa ngajak kamu flashback nginget masa-masa jadi maba (baca: Mahasiswa baru). Temen seperjuangan waktu ospek, kuliah, atau cabut bareng. Sayangnya saking kelamaan kamu nyelesain skripsi, kamu jadi engga bisa wisuda bareng mereka. Rasanya pasti sedih bukan main kan.

2. Dibilang ‘lelet’

Via Google
(Sumber: Istimewa)

Ada yang bilang “pelan tapi pasti”. Tapi, kalo kelamaan juga, engga heran pada bilang “KELAMAAN.” Mau engga mau terima aja kenyataan itu. Lambat lulus bukan berarti lama juga dapet kerja kan? *pembelaan dari penulis.

3. Jangan heran kalo pada sibuk kerja

https://www.instagram.com/p/BRZhzqqDdn7/?taken-by=anakipb

Biasanya wisuda satu angkatan itu bakalan rame. At least temen-temen satu geng kamu bakalan dateng. Tapi lain soal misalnya kamu lulus belakangan. Bukannya engga mau dateng, tapi ada momen-momen dimana teman geng kamu udah pada sibuk dengan pekerjaannya. Nothing to lose aja kalo ada temen satu angkatan kamu yang dateng saat kamu wisuda paling belakangan.

4. Selebrasinya bareng junior

Via Google
(Sumber: Istimewa)

Walau engga ada temen kampus, seengaknya kamu masih bisa selebrasi sama junior-junior satu jurusan. Rasa canggung pasti ada, apalagi wisudanya bareng junior yang dulu pernah kamu kerjain pas jadi panitia ospek. Harus menerima kenyataan kalo kamu jadi setara sama doi. *sedih.

5. Engga bawa tentengan apa-apa

Via Google
(Sumber: Istimewa)

Jangan ngerep bawa segenggam bunga kalo temen-temen aja pada sibuk. Terima aja kenyataan bahwa kamu bakal dapet selamat dari orang tua atau pacar (kalo engga jomblo). Inget, ini semua engga ada maksud bikin kamu sedih kok. Tapi semoga bisa jadi motivasi supaya kamu engga nunda-nunda lagi skripsi kamu! Zemangat!

Bonus

Biar makin semangat negrjain skripsinya, mending liat suasanya wisudanya Alika Islamadina siapa taukan makin ngebut ngerjain skripsinya!

(sds)

Comments

comments

Al Fanny Panestika
Wannables, penyuka ice cream dan colak colek Nutela