Kamis, 13 Juni 2024

Genmuda – Kabar baik nih Kawan Muda! Kalian pasti tahu dong, kalau masa depan itu nggak bisa diabaikan begitu aja? Nah, Monash University, Indonesia lagi serius banget nih membantu kita semua buat siap-siap hadapi masa depan, terutama menuju target ambisius “Indonesia Emas 2045”.

Tantangan Bonus Demografi dan AI

Dengan bonus demografi yang diperkirakan bakal terus berlangsung sampai 2030, kita semua harus lebih siap, terutama dengan kecerdasan buatan (AI) yang bisa mengubah 70% pekerjaan yang ada sekarang. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), hampir 10 juta Gen Z di Indonesia masih nganggur! Banyak dari kita mungkin salah pilih jurusan pas kuliah, dan itulah yang jadi salah satu penyebabnya.

Solusi Monash University, Indonesia

Tapi tenang aja, Monash University, Indonesia hadir dengan berbagai program magister keren yang sesuai banget sama kebutuhan industri masa depan. Mereka punya program Business Innovation, Cybersecurity, Data Science, Urban Design, Public Health, Public Policy & Management, Marketing & Digital Communications, sampai Master of Sustainability. Semua program ini nggak cuma diminati secara global, tapi juga disesuaikan dengan pasar kerja masa depan.

Menurut COO dan Vice President Monash University, Tantia Dian Permata Indah, program-program ini adalah bukti komitmen mereka untuk mencetak pemimpin masa depan yang progresif dan visioner. Beliau yakin banget bahwa kombinasi pembelajaran transformatif dan kurikulum berkelas dunia yang relevan bisa menghasilkan talenta terbaik.

©Monash University, Indonesia

Keterampilan Digital Jadi Kunci

The Economist juga pernah survei nih, 60% pekerja di Indonesia bilang kalau keterampilan digital itu prioritas utama, dan 88,3% lainnya menganggap keterampilan ini sebagai fondasi yang mendasar. Jadi, program-program Monash ini jelas banget mendukung pengembangan keterampilan digital yang kita butuhin di era digital.

Yang lebih keren lagi, beberapa program Monash University, Indonesia nggak mensyaratkan pengalaman kerja buat daftar. Dan mereka juga punya banyak program beasiswa, kayak LPDP dan Australia Awards Indonesia Nusantara.

Kerja Sama dan Penelitian

Monash University, Indonesia juga terus meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Mereka berkolaborasi dengan 10 universitas swasta terkemuka dan menawarkan kesempatan belajar di kampus Indonesia dan Australia. Kerja sama terbaru mereka dengan PT PLN (Persero) misalnya, memungkinkan karyawan belajar satu tahun di Indonesia dan satu tahun di Australia.

Kontribusi Monash dalam Pemilu 2024

Nggak cuma soal pendidikan, Monash juga aktif dalam penelitian yang berdampak. Mereka terlibat dalam Pemilu 2024 di Indonesia dengan meluncurkan Hate Speech Monitoring Dashboard yang dibuat oleh Associate Professor Ika Idris dan Derry Widjaja dari Monash Data and Democracy Research Hub (MDDRH). Dashboard ini penting banget buat melawan ujaran kebencian yang makin meningkat, terutama terhadap kelompok minoritas.

Mereka juga baru aja meluncurkan buku ‘Navigasi Isu Perubahan Iklim di Pemilu 2024’, yang membahas pentingnya literasi perubahan iklim di kalangan masyarakat dan pemimpin politik. Ini semua bukti bahwa Monash berkomitmen penuh buat membina generasi pemimpin dan inovator masa depan yang siap menghadapi tantangan lokal dan global.

Jadi, buat kalian yang pengen masa depan gemilang, yuk, pertimbangkan program-program keren dari Monash University, Indonesia! Siapkan diri kalian menuju Indonesia Emas 2045! (sds)

Comments

comments