Minggu, 14 April 2024
StudentKampus

Monash University Komitmen Lakukan Riset dan Kolaborasi dengan Berbagai Pihak di Indonesia, Apa Aja?

Ki-ka: Prof. Taufiq Asyhari, Prof. Matthew Nicholson, dan Tantia Dian Permata Indah ©Genmuda/2024

Genmuda – Monash University, Indonesia, telah berkomitmen melakukan riset multidisiplin dan kemitraan strategis dalam tiga tahun terakhir di Indonesia. Hal ini pun turut sejalan dengan program pemerintah Indonesia dalam mempersiapkan Indonesia emas di tahun 2045.

Dalam acara media gathering di Jakarta, Selasa (19/3/2024), Wakil Rektor Senior dan Presiden Monash University Indonesia, Profesor Matthew Nicholson menyebut bahwa kehadiran Monash University tidak hanya memberikan pengalaman world class university, namun juga memberikan dampak bagi SDM di Indonesia.

“Sebagai salah satu dari 50 universitas terbaik di dunia, Monash University juga berupaya untuk meningkatkan sumber daya manusia dengan memberikan relevansi ilmu yang relevan dengan permasalahaan yang dihadapi saat ini,” kata Matthew.

Ki-ka: Tantia Dian Permata Indah, Prof. Matthew Nicholson, dan ⁠Prof. Taufiq Asyhari ©Genmuda/2024

FYI, kampus asal Australia itu baru membuka cabangnya di daerah BSD, Tangerang, pada tahun 2021 lalu alias saat masa Pandemi Covid-19. Namun demikian di tahun ketiganya ini, banyak pencapaian yang berhasil diraih oleh Monash University, Indonesia.

“Ini tahun ketiga kami hadir di Indonesia. Sejauh ini kami juga berkerjasama dengan beberapa instansi pemerintah pada program studi yang memang dibutuhkan untuk pembangunan di Indonesia,” kata Chief Operating Officer Monash University, Indonesia, Tantia Dian Permata Indah.

Diakuinya sejauh ini ada tujuh jurusan yang ada di Monash University, Indonesia, yakni Business Innovation, Data Science, Marketing and Digital Communication, Public Health, Public Policy and Management, Urban Design dan PhD yang bersamaan dengan berbagai program eksekutif dan mikro-kredensial yang ditujukan untuk sektor tertentu.

Lebih lanjut, selama tiga tahun terakhir Monash University, Indonesia, juga telah melakukan sejumlah riset dan kolaborasi untuk menjawab sejumlah permersalahan. Jurusan Data Science contohnya, terbaru mereka juga terlibat dalam menganalisis data Pemilu 2024.

Ki-ka: Prof. Taufiq Asyhari, Prof. Matthew Nicholson, dan Tantia Dian Permata Indah ©Genmuda/2024

Selain itu Monash University, Indonesia telah menggandeng berbagai komunitas lokal dalam memperkuat sejumlah pusat riset dan program yang diinisiasi, termasuk di antaranya Pusat Riset Komunikasi Perubahan Iklim Monash University, Indonesia; Climateworks Center; program Revitalisasi Pemukiman Liar dan Lingkungannya (RISE); serta program World Mosquito.

Melengkapi komitmen dalam memberikan berbagai peluang bagi talenta masa depan Indonesia, Monash University, Indonesia juga resmi terdaftar sebagai tujuan program beasiswa LPDP dalam negeri dan Australia Awards Indonesia Nusantara. Sejak tahun 2022, tercatat Monash University, Indonesia telah menerima ratusan pengajuan beasiswa, menunjukkan jaminan mutu yang unggul dan bersaing.

Gak cuma itu aja gengs, Monash University, Indonesia juga konsisten menghadirkan serangkaian program-program inovatif, seperti Australia Leadership Program dan Study Tour supaya mahasiswa punya bekal keahlian serta pengalaman untuk siap berkembang di dunia yang kian terintegrasi. Sejumlah program ini pun menjadi daya tarik yang mendorong sejumlah kemitraan strategis bersama lembaga pemerintah di Indonesia, serta sektor publik dan swasta.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.