Selasa, 18 Juni 2024

Genmuda – Kendaraan listrik menjadi tarik buat pencinta otomotif di Indonesia. Gak heran kalau peminatnya makin banyak belakangan ini. Dan salah satu tips yang paling banyak dicari adalah bagaimana perawatan baterai kendaraan listrik?

Nah, jika kendaraan konvensional membutuhkan bensin, kendaraan listrik jelas membutuhkan baterai sebagai daya utama. Seperti halnya alat eletronik lain, baterai pada kendaraan listrik jelas memiliki perawatan tersendiri supaya engga gampang jebol.

Dikutip dari Wired, Selasa (19/3/2024), berikut sejumlah tips perawatan baterai kendaraan listrik yang bisa memperpanjang masa guna baterai. Yuk, cekidot!

1. Jaga Suhu

Hindari suhu ekstrem yang dapat mempengaruhi kinerja baterai. Suhu optimal untuk baterai kendaraan listrik biasanya berkisar antara 15°C hingga 30°C.

2. Hindari pengisian penuh

Hindari mengisi baterai kendaraan listrik hingga penuh secara terus-menerus. Sebaiknya kamu isi daya baterai hingga sekitar 80-90% untuk mengurangi stres pada baterai.

3. Hindari pengosongan total

Chery Omoda E5 di IIMS 2024 ©Genmuda/2024

Jangan biarkan baterai benar-benar habis sebelum mengisi ulang. Ini dapat merusak sel-sel baterai dan memperpendek umur baterai.

4. Pengisian perlahan

Saat memungkinkan, gunakan pengisian perlahan (slow charging) daripada pengisian cepat (fast charging). Car ini dapat membantu memperpanjang umur baterai.

5. Perawatan berkala

Ikuti jadwal perawatan yang direkomendasikan oleh produsen kendaraan listrik Kawan Muda. Ini termasuk pemeriksaan rutin dan pemeliharaan baterai.

6. Hindari overcharging

Hyundai IONIQ 5 Batik ©Genmuda/2024

Jangan biarkan kendaraan terhubung ke stasiun pengisian setelah baterai terisi penuh. Ini dapat menyebabkan overcharging yang merusak baterai.

7. Gunakan fungsi regeneratif

Manfaatkan fitur regenerative braking untuk mengurangi keausan pada sistem pengereman dan untuk mengisi ulang baterai saat berkendara.

8. Simpan dengan benar

Jika Kawan Muda menyimpan mobil listrik untuk jangka waktu yang lama, pastikan untuk menyimpannya dengan baterai yang terisi sebagian dan pada suhu yang tepat.

Dengan mengikuti tips ini, Kawan Muda dapat memperpanjang umur dan meningkatkan kinerja kendaraan mobil listrik kamu. Selamat mencoba!

Comments

comments

Wisnu
An average joe lives in the value of curiosity/orang biasa tukang kepo.