Jum'at, 19 Juli 2024

Genmuda – Kehadiran mobil listrik di Indonesia menjadi daya tarik terendisi untuk pencinta otomotif. Namun demikian tidak sedikit dari kita yang masih mikir-mikir membeli mobil listrik karena mengkhawatirkan masalah daya tahan atau umur baterai.

Seperti diketahui, baterai memang menjadi hal utama dalam kendaraan listrik. Gak heran jika butuh perawatan yang tepat supaya beterai mobil listrik kamu tetap awet.

Menurut Haad of Public Relations PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Uria Simanjuntak diperlukan pemahaman dan edukasi yang tepat kepada konsumen mobil listrik untuk merawat mobil mereka. Menurutnya, penggunaan baterai mobil memang tidak sesulit yang dibayangkan.

“Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan [perawatan] baterai handphone. Sebisa mungkin ketika mencapai 20% langsung dicas. Kalo ingin waktunya [masa penggunaan baterai] lebih panjang, saat 80% sudah cukup,” jelas Uria pada acara IIMS 2024 di Jakarta, Kamis (22/2/2024).

Haad of Public Relations PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Uria Simanjuntak ©Genmuda/2024

“Kalo pun mau 100% engga masalah, cuma kembali lagi konsumen kan pasti tahu 80% itu seharinya untuk penggunaan jarak berapa kilometer,” jelasnya.

Menurutnya pengisian sekitar 80-90% bertujuan untuk mengurangi stres pada baterai.

Selain itu, Uri menyebutkan bahwa penggunaan ultra fast charging di mobil listrik sejatinya bisa dilakukan pada saat keadaan penting saja, seperti keluar kota. Tapi dia menegaskan bahwa tegangan yang paling aman adalah 7kW.

“Kalo untuk sesekali pakai Ultra Fast Charging gak masalah, tapi kalo sering setiap hari, kita tidak menyarankan,” sambungnya.

Oleh sebab itu Uri menyebut jika pengguna mobil listrik juga memerlukan edukasi akan pentingnya travel planing. Hal ini berfungsi agar siklus baterai lebih terjaga.

“Misalnya sampai rumah baterai sisa 60%, cas aja. Karena nanti bisa diatur, ‘Gue cuma mau di-cas sampai 80%, habis itu mati,’ itu bisa,” pungkasnya.

FYI, pada IIMS 2024 Hyundai juga mempertegas kepemimpinannya di ekosistem kendaraan listrik melalui semangat baru
bertajuk “Hyundai EV. Expect more.” guna mendorong elektrifikasi di Indonesia yang ditunjukkan melalui peluncuran IONIQ 5 Batik serta menampilkan SEVEN Concept dan All New KONA Electric.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.