Sabtu, 24 Oktober 2020

Genmuda – Kehadiran konsol game terbaru PlayStation 5 bukan lagi sekedar rumor, tepat pada Jumat (12/05/2020) WIB, Sony akhirnya membeberkan bocoran lengkap terkait spesifikasi serta game yang akan hadir secara eksklusif di PS5. Kawan Muda gak sabar ingin membelinya? Simak dulu informasi dibawah ini yang dirangkum oleh Genmuda.com dari berbagai sumber. Cekidot!

Desain

PlayStation 5 Versi Standar dan PlayStation 5 Versi Digital (Sumber: PlayStation)

Didominasi oleh warna putih hitam PS5 mengusung punya standing vertikal layaknya desain Xbox Series X dari Microsoft yang jadi kompetitor Sony dalam konsol game selama ini. Berbeda dari generasi sebelumnya, PS5 juga punya dua varian versi standar dan juga digital. Dari tampilan versi digital punya desain agak ramping karena di sini lo gak akan menemukan tombol eject disc. Singkatnya lo hanya bisa memainkan game digital yang didownload langsung dari PlayStation Store sekaligus mengembangkan tren cloud gaming.

Baik versi standar maupun digital, Sony membekalinya dengan satu kontroler terbaru dengan warna senada dengan nama DualSense Controller. Desain lebih besar, mewah, simpel, dan futuristik diharapkan mampu memberikan pengalaman baru buat para gamer dalam bermain game di rumah mereka.

Spesifikasi

(Sumber: PlayStation)

Di atas kertas PS5 punya banyak pembaharuan dari segi jeroan. Mesinnya ditenagai oleh prosesor sentral 3.5GHz eight core AMD Zen 2 central processor, 2.23GHz graphics processing unit berdasarkan AMD’s RDNA architecture, 16GB RAM dan 825GB solid state hard drive yang diklaim lebih cepat daripada hard disk drive standar yang digunakan oleh PS4.

Game Eksklusif

via playstation.com
(Sumber: playstation.com)

Salah satu alasan kenapa para gamer menjatuhkan pilihan kepada PS5 ketimbang Xbox Series X adalah lineup game di dalamnya. Saat event live streaming berlangsung Sony menjanjikan bakalan ada game-game ekslusif yang dirilis di PS5 selama liburan musim panas tahun ini.

Dalam kesempatan yang sama sejumlah game yang menarik pertahian adalah Spider-Man: Miles Morales, Horizon: Forbidden West, Hitman 3, Ratchet & Clank: Rift Apart, dan Gran Turismo 7. Selain nama-nama tersebut PS5 juga bakal diramaikan oleh game dari banyak pengembang besar maupun indie kayak Project Athia, Goodbye Volcano High, Oddworld: Soulstorm, Ghostwire: Tokyo (2021), Godfall, NBA2K21, Solar Ash, Bugsnax, Little Devil Inside, Deathloop, hingga Astro’s Playroom.

Harga

via: Tenor

Sejauh ini Sony belum menyebutkan harga resmi PS5 yang akan dirilis di pasaran. Tapi sebuah akun Twitter bernama @IronManPS5 menyebutkan harga konsol next gen tersebut sempat bocor di Amazon dengan harga 499 dolar AS (sekitar Rp 7 jutaan). Belum diketahui apakah harga tersebut untuk versi standar atau digital. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.