Kamis, 29 Oktober 2020

Genmuda – Saat pertama kali diterapkan pada tahun 2016 Sistem Zonasi mengalami banyak kendala buat orang tua murid atau pun calon peserta didik baru (PPDB). Selain karena baru tiga tahun diterapkan, alasan yang paling sering ditemui adalah minimnya informasi mengenai tiap sekolah yang terdekat dari domisili PPDB.

Menyikapi masalah sistem zonasi yang muncul tiap tahunnya, aplikasi Aku Pintar siap membantu Kawan Muda untuk memberikan informasi tersebut lewat fitur Sekolah Pintar yang dapat diakses melalui akun siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Saat ini, Fitur Sekolah Pintar dilengkapi dengan fitur Zonasi dan Bandingkan Sekolah sehingga keduanya melengkapi fitur yang sudah ada dalam Fitur Sekolah Pintar sebelumnya yaitu Cari Sekolah. Fitur Zonasi bakal memudahkan siswa dan orang tua dalam mendapatkan informasi terkait SMA/SMK Negeri dan Swasta se-Indonesia yang dituju sesuai sistem zonasi.

Dalam fitur Zonasi, saat ini pengaturan sekolah ditentukan berdasarkan kota. Untuk menggunakan fitur ini, kalian dapat menggunakan pilihan sekolah lo yang secara otomatis menampilkan SMP yang tertera dalam profil siswa atau kalo lo sedang berada di rumah, gunakan aja pilihan lokasi saat ini. Daftar sekolah yang muncul bisa diurutkan mulai dari jarak terdekat sampai terjauh dari titik yang dipilih.

Proses Simulasi Zonasi di Aplikasi Aku Pintar (Dok. Aku Pintar)

Menariknya lagi nih gengs, pilihan sekolah juga dilengkapi dengan informasi status sekolah (swasta atau negeri), akreditasi, kurikulum, sarana dan prasarana, prestasi sekolah, nilai UN, jumlah Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), serta jumlah Peserta Didik (PD). Fitur Zonasi saat ini dapat diakses melalui aplikasi Aku Pintar dan diunduh melalui Play Store di Android.

Sementara untuk fitur Bandingkan Sekolah memungkinkan siswa untuk melihat dua sekolah secara langsung dengan membandingkan poin-poin kayak; jarak ke sekolah, status, akreditasi, kurikulum, rata-rata nilai UN SMA IPA dan IPS, serta jumlah siswa dan guru. Melalui informasi dan perbandingan secara langsung, siswa dan orang tua akan lebih mudah menemukan SMA Negeri dan Swasta sesuai pilihan dan kebutuhannya.

Co-Founder dan CEO Aku Pintar, Lutvianto Pebri Handoko mengungkapkan adanya fitur Sekolah Pintar yang dilengkapi dengan fitur terbaru yaitu Zonasi dan Bandingkan Sekolah merupakan salah satu upaya Aku Pintar untuk meningkatkan layanannya sebagai aplikasi pendidikan terlengkap yang mendukung ekosistem pendidikan di Indonesia menuju Indonesia Pintar.

“Aku Pintar menyediakan beragam fitur secara gratis mulai dari rangkaian test minat, bakat, dan penjurusan lengkap serta materi pembelajaran sampai informasi SMA hingga Kampus untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mempermudah mereka dalam menentukan jurusan dan karier yang tepat.” ujar Pebri.

Selain fitur Zonasi dan Bandingkan Sekolah, siswa SMP dapat mengakses fitur lainnya yaitu Minat Pintar, Belajar Pintar, Tes Pintar, AP Live, dan Konseling Pintar. Bagi user yang sudah pindah ke jenjang ke SMA/SMK dapat memperbaharui laman profil di aplikasi Aku Pintar sesuai status pendidikan terbaru.

Diperkenalkan pertama kali pada Februari 2019, Aku Pintar merupakan aplikasi pendidikan terlengkap dan gratis yang ditujukan bagi siswa SMP dan SMA/SMK di Indonesia. Aku Pintar memberikan video belajar, latihan dan pembahasan soal serta try out SBMPTN, UN, PKN STAN bagi siswa SMA/SMK. Seluruh materi pelajaran telah disesuaikan dengan kurikulum nasional dari Kemendikbud. Semua fitur tersebut bisa diakses secara gratis.

Melalui dua fitur anyar yang baru dirilis, Pebri berharap ke depannya Aku Pintar dapat menjadi jembatan bagi siswa dengan para stakeholder untuk memeratakan pendidikan di Indonesia serta meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. (sds)

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.