Selasa, 14 Juli 2020

Genmuda – Anak muda mana sih yang engga tau istilah kepo. Kata ini emang engga masuk KBBI guys, namanya juga bahasa slang. Tapi kamu tau engga kalo kepo adalah akronim dari Knowing Every Particular Objects (KEPO). Jangan bilang kamu baru tau?

Lanjut ya, di luar sana (baca: Eropa) sebenarnya istilah tersebut justru maknanya cendrung positif loh. Orang kepo itu ibaratnya TAU BANYAK HAL, bukan PENGEN TAU BANYAK HAL.

Tapi karena di Indonesia udah terlanjur salah pemahaman, engga heran kesannya malah negatif. Jadi deh kepo sebagai julukan orang yang pengen tau atau ikut campur urusan orang lain. Padahal sih engga gitu-gitu juga keleus.

Nah, supaya Kawan Muda engga makin sesat pikir cuma gara-gara kepo. Kamu wajib tiru macam ‘Kepo-kepoan’ kayak gini selagi muda:

1. Kepo sama seseorang yang bisa sukses dalam hidupnya

Nadiem Makarim dan RIfat Sungkar saat press conference Street Smart Program. (foto: Genmuda.com/2015 Rima)
Nadiem Makarim dan RIfat Sungkar saat press conference Street Smart Program. (foto: Genmuda.com/2015 Rima)

Kamu kepo ke orang kayak gini engga bakalan rugi kok. Serius. Namanya anak muda, masih jauh dari pengalaman. Belajar menjadi anak muda sukses kayak Nadiem Makariem atau Merry Riana engga ada salahnya kan.

Kamu seengganya bisa tau gimana mereka bisa meraih kesuksesan di usia muda. Syukur-syukur bisa langsung dicontoh dan ketularan sukses. Kalo masih butuh motivasi lebih baca-baca aja kisah sukses di Genmuda.com

2. Kepo sama materi yang baru dipelajari

(Sumber: Shutterstock)
(Sumber: Shutterstock)

Dosen: “Sekian materi kuliah hari. Ada yang mau bertanya?”

Adul: “Pak, bisa diperinci lagi hubungan relativitas, gravitasi, dan perbedaan waktu?”

Dosen: “Baik jadi seperti ini, bla… bla…” *waktu kuliah pun nambah 1 jam.

Percaya, pasti ada aja mahasiswa yang sebel kalo momen di atas terjadi di kelas. Tapi Si Adul bukanlah orang yang harus disalahin, namanya engga tau ya lumrah kalo nanya. (Emangnya lo dukun) Percuma juga dong bayar SPP mahal kalo di dalam kelas cuma jadi pendengar.

3. Kepo sama makanan/minuman yang kamu konsumsi

via: giphy

Sebenarnya engga peduli sih kamu mau makan dan minum apa aja. Toh itu juga uang kamu sendiri bukan ditraktir sama Genmuda.com. Namun selagi masih muda engga ada salahnya buat kepo sama makanan/minuman yang kamu konsumsi. 

Bukan ngajarin pilih-pilih makanan. Akan tetapi kamu berhak cari tau efek setelah mengonsumsinya. Salah-salah makan bisa fatal loh akibatnya. Coba aja belajar dari kasus kematian Wayan Mirna yang sampe sekarang masih jadi drama misteri.

4. Kepo sama calon pasangan kamu

via: Tumblr
(Sumber: Istimewa)

Inget, keponya engga perlu ganggu atau posesif ya. Yang wajar-wajar aja deh. Terus kenapa harus kepo sama pasangan sendiri? Karena seiring berjalannya waktu, hubungan kalian nantinya bakal merujuk pada pertanyaan “Kapan diresmiin dan nyebar undangan.”

Nah, daripada pas diajak ke jenjang serius kamu engga tau apa-apa soal pasangan kamu, mendingan cari tau sendiri mulai dari sekarang. Biar apa? Biar engga nyesel lah. Emangnya mau punya pacar dalam karung? *loh

5. Kepo sama hidup kamu sendiri

(Sumber: hinge.co)
(Sumber: hinge.co)

Ini ‘kepo-kepoan’ yang paling wajib kamu cari tau selagi muda. Namanya anak muda pasti selalu coba hal baru dan pengen terlihat keren. Wajar kalo kamu salah-salah langkah endingnya bakal engga enak.

Oleh sebab itulah, mumpung kamu masih muda terus deh kepoin diri kamu itu mau kayak gimana. Apa sih rencana hidup kamu ke depan? Passion kamu itu di bidang apa. Pokoknya kepoin terus aja. Kan kepo ke diri sendiri itu engga dilarang. 

Jadi kalo ada yang bilang kamu orang kepo berbanggalah, karena kepo itu manusiawi dan pasti pernah dilakuin sama setiap orang. Setuju engga?

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.