Rabu, 17 Juli 2024

Genmuda – Kawan Muda tahu gak kalau menghadapi lingkungan toxic tuh gak gampang ya. Selain menguras emosi dan mental, lingkungan toxic kadang bisa jadi lingkaran setan yang bisa membuat siapa saya, termasuk penulis, terjebak di dalamnnya.

Tapi, ada banyak cara loh supaya kita bisa survive dari lingkungan toxic! Tanpa berlama-lama berikut Genmuda.com share tips-tips simpel buat tetap waras di tengah-tengah kekacauan:

1. Tetapkan Batas

Jangan takut buat ngasih tau orang-orang kalo ada hal-hal yang gak boleh mereka lewatin. Punya batasan itu penting, biar gak kelamaan nyaman di lingkungan toxic yang bikin hati jadi remuk.

2. Cari Dukungan

Hiphop production class YES ACADEMY 2016
(Foto: Genmuda.com 2016 / Charisma Rahmat)

Di dunia yang penuh drama ini, temen-temen yang supportif tuh penting banget. Cari circle yang bisa nerima lo apa adanya, bukan yang justru nambahin toksisitas.

3. Jangan Terlalu Bawa-bawa Hati

Yakali kita tuh jadi bahan bercandaan orang-orang toksik. Coba deh ubah mindset, anggep aja itu masalah mereka, bukan kita yang punya.

4. Self-care Itu Penting

Jangan lupa sama diri sendiri! Lu bisa manjain diri sendiri, misalnya dengan nonton Netflix, dengerin musik, atau sekadar jalan-jalan ke tempat yang lu suka.

5. Kembangkan Keterampilan Emosional

via: Tumblr
(Sumber: Istimewa)

Bukan cuma IQ, tapi EQ juga penting. Belajar ngeliat situasi dari perspektif orang lain bisa bantu banget buat deal sama toksisitas.

6. Pilih Battles yang Worth It

Jangan capek-capek rebutin argument ga jelas sama orang-orang toxic. Fokus sama hal-hal yang beneran worth buat diperjuangin.

7. Jangan Ragu Buat Minta Bantuan

Kalo lo merasa gak bisa handle sendiri, minta bantuan orang tua, saudara, atau profesional. Ga ada yang jelek dari minta tolong.

Jadi, jangan sampe toksisitas lingkungan ngebuat lo down terus ya. Kita punya kuasa buat kontrol reaksi dan pilih apa yang baik buat diri kita sendiri. Stay strong, Gen Z!

Comments

comments

Velesya Dea
A charmwoman