Rabu, 28 Oktober 2020

Genmuda – Namanya teknologi pasti engga ada habisnya dalam kehidupan kita. Salah satu yang paling hits belakangan ini adalah teknologi virtual reality (VR).

Demi menghadirkan pengalaman lebih realistis buat user, teknologi VR sering diaplikasikan ke berbagai komponen teknologi, mulai dari PC, Smart TV, sampe smartphone. Mulai dari video game sampe pengalaman menonton film engga luput dari pengembangan VR.

Tapi ada hal menarik dari pengaplikasian teknologi ini di Jepang. Negara asia yang paling maju tersebut menjadikan VR sebagai media nge-date virtual.

Dalam perayaan Hari Valentine kemarin, salah satu perusahan IT asal Jepang sengaja membuat layanan nge-date virtual bareng model cantik, Ai Shinozaki. Idenya sendiri udah mulai digagas sejak tahun 2015 lalu lewat situs Green Funding, namun proyek ini pertama kali dirilis tepat pada Hari Valentine 2016, dalam acara ‘Hack Day’ di Tokyo dan diberi nama ‘VR Valentine’.

(Sumber: Rocket News)

Buat yang belum tahu siapa Ai Shinozaki, doi adalah salah satu model Jepang yang berusia 23 tahun. Selain seksi, wajahnya sering bikin cowok-cowok gagal fokus.  Cewek asal Tokyo ini dikenal juga sebagai seorang aktris dan penyanyi.

Terus apa aja sih yang ditawarin sama ‘VR Valentine’? Jadi kamu bakalan masuk ke dalam kotak kecil yang berisi sebuah meja, laptop, dan headset VR. Setelah itu user bakalan melihat setingan skenario di dalam apartemen Shinozaki.

(Sumber: Rocket News)

Sepanjang program ini dijalankan, mereka bakalan bener-bener ngedenger suara pintu terbuka, hingga langkah kaki Shinozaki. Setelahnya, user bakalan diajak ngobrol, bercanda, sampe manja-manjaan kayak pacar beneran.

Meski terlihat realistis, sayangnya program ini belum bisa dijalankan secara dua arah. Dalam artian, kamu belum bisa mengajaknya berbicara, alias cuma bisa mendengar si model berbicara sendiri.

(Sumber: Rocket News)

Akan tetapi, gestur, dialog, hingga emosi dari Shinozaki dibuat secara mirip dan mengalir dalam skenario. Terus nih endingnya kamu bakalan kasih cokelat valentine dan kecupan manis loh sama doi. *awas jangan baper ini cuma bohongan.

‘VR Valentine’ sampai saat ini masih diproduksi terbatas dan belum ada kabar bakal dirilis dalam versi rumahan. Salah satu reporter asal Jepang, Seiji, mengaku kalo ‘VR Valentine’ beneran dibuat untuk versi rumahan, mungkin doi engga butuh pacar beneran. Waduh, serius tuh? Gimana pendapat Kawan Muda? Langsung aja kasih komentar di bawah!

 

Sumber: Rocket News

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.