Rabu, 28 Juli 2021

Genmuda – Buat kamu yang doyan streaming video di YouTube kayaknya harus sedikit kecewa lantaran, situs berbagi video ini akan memberlakukan iklan yang wajib kamu tonton. Kalau biasanya kamu bisa buru-buru nge-skip iklan tersebut, sekarang kamu diharuskan nonton sampe kelar.

Bete? Sedih? Jangan sedih-sedih banget Kawan Muda, soalnya durasi yang wajib kamu tonton itu cuma berdurasi 6 detik aja kok. Hal ini disampaikan secara tertulis dari Product Manager Youtube, Zach Lupei, dalam blog resmi perusahaan.

“Kami mengumpamakan video bumper ini seperti haiku-nya (puisi pendek) video iklan, kami tak sabar apa yang akan dilakukan komunitas kreatif dengannya,” tulis Zach.

Meski didasari oleh kebutuhan bisnis, YouTube tetap ingin memperkuat pesan di video iklan yang lebih panjang atau menjangkau penonton yang lebih banyak. Pembaharuan ini pun kabarnya akan mulai berlangsung pada bulan Mei 2016.

Nah, biar kamu engga terlalu bete-bete banget. Kamu sebenarnya bisa menggunakan waktu 6 detik tersebut dengan hal-hal produktif kayak gini loh!

1. Siapin cemilan

Sambil streaming video YouTube kayaknya kurang afdol kalau engga ngemil kudapan. Jadi ada baiknya kamu ke dapur/supermarket dulu (kalau deket) sambil nunggu iklan di monitor kamu selesai. Setelah itu silakan ‘me-time’ ria ya.

2. Seduh/Icip minuman

anigif_enhanced-buzz-15761-1365545781-3

Mau kopi, teh, atau susu, waktu 6 detik itu berharga banget buat 3 kali putaran sendok dengan kecepatan rendah saat ngaduk gula (penting). Kalau semuanya udah diseduh sebelum nonton iklan, kamu seengganya bisa sekedar icip minuman yang ada di atas meja kamu. Itung-itung santai sejenak gaes.

3. Cek grup chating/medsos

Waktu yang sedemikian sempit pun kadang jadi berarti buat anak muda yang kekinian. Contohnya mungkin bisa ngecek news feed di medsos, update status, atau cuma cek broadcast message dari grup chatting yang isinya undangan kawinan atau info lowongan pekerjaan.

4. Ngobrol

Sambil nunggu iklan di YouTube selesai, engga ada salahnya buat kamu untuk saling berkomunikasi dengan lingkungan sekitar kamu. Entah sekedar basa-basi atau mau buat tebak-tebakan kayak gini.

Liki: “Gaes, coba tebak ‘Siapa artis Indonesia yang sering banget nongol di YouTube?'”
Bobi: “Siapa? Syahrini?”
Liki: “Salah.”
Gabby: “Raditya Dika?”
Liki: “Bukan.”
Bobi & Gabby: “Terus siapa?”
Liki: “Dede YouTuf!”
OB Kantor: “Mas Listrik Turun!”

Dari percakapan di atas bisa dibilang 6 detik hidup kamu hampir engga kerasa kan? Meski efeknya jadi garing maksimal, minimal senyum dikit bisa bikin olahraga wajah loh.

5. Browsing/Baca Informasi di Genmuda.com

Sambil nunggu iklan video beres kamu bisa juga kok browsing ke situs lain kayak Genmuda.com. Selain banyak artikel seru, siapa tahu malah tertarik jadi penulis di Genmuda.com. Lumayan dong buat nambah-nambah uang jajan, informasi dan wawasan kamu. He-he.

Well, tentunya sebagai pengguna YouTube, Kawan Muda harus terima dengan lapang dada ya buat keputusan tersebut. Semoga aja efek iklan 6 detik ini juga memacu para pengiklan supaya punya video iklan yang lebih menarik dan kreatif buat kita tonton.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.