Senin, 26 Oktober 2020

Genmuda – Saat beberapa produsen gadget mundur secara perlahan di pasar tablet, Samsung justru kembali memasarkan tablet terbaru mereka yakni Samsung Galaxy Tab S7 dan S7+ pada akhir bulan Agustus 2020.

Kali ini Genmuda.com berkesempatan mengulik perangkat Samsung Galaxy Tab S7 buat Kawan Muda. Semenarik apa sih tablet android satu ini? Apakah bisa memenuhi segala kebutuhan harian anak muda? Simak langsung review lengkapnya di bawah!

Desain

©Genmuda.com/2020 Liki

Saat pertama kali membuka unit Galaxy Tab S7 dari dalam box, kalian akan disambut oleh desain minimalis dan elegan sebagai tablet serba bisa. Bodinya dilindungi oleh logam dengan finishing doff di bagian belakang. Bobot tablet juga cukup ringan, yakni 500 gram dengan ketebalan 6,3 inci.

Layar Galaxy Tab S7 menggunakan layar 11 inci LTPS LCD dengan fresh rate mencapai 120Hz dan HDR10+. Layar ini telah mendukung 16:10 aspect ratio dengan resolusi 1.600 x 2.560 pixel. Persis di tengah atas, Samsung menyematkan kamera depan dengan resolusi 8MP.

©Genmuda.com/2020 Liki

Seperti generasi sebelumnya Samsung telah menyediakan tempat S Pen di bagian belakang, yang juga berfungsi sebagai pengisian daya S Pen. Sejajar dengan tempat menempel S Pen terdapat logo Samsung dengan warna senada. Di pojok atas terdapat juga kamera 13MP dan 5MP.

Di bagian samping kiri terdapat tombol kunci, volume, microphone, dan slot Nanp-SIM Card. Sedangkan di sisi atas dan bawah mengapit empat speaker dari AKG guna mendukung kebutuhan multimedia pengguna. Persis di dua speaker bawah mengapit port USB Type-C. Di bagian sisi kiri kalian juga akan menemukan konektor magnet untuk memhubungkan tablet dengan smart keyboard. Perlu diingat jika smart keyboard di sini dijual secara terpisah oleh Samsung.

User Experience

©Genmuda.com/2020 Liki

Barang kali lo belum tau, baik Samsung Galaxy Tab S7 dan S7+ menggunakan processor generasi terbaru Snapdragon 865+. Prosesor ini diklaim menghadirkan peningkatan performa dibanding seri terdahulunya. Selain itu prosesor ini memungkinkan tablet menghadirkan pengalaman bermain game tanpa lag dengan tampilan grafis yang tinggi.

Saat Genmuda.com jajal hasilnya jelas bukan kaleng-kaleng, gengs. Mulai dari kegiatan mengetik, mengedit naskah, bermain game, video conference, menonton video, hingga menggambar sekalipun mampu disikat dengan baik oleh Samsung Galaxy S7.

Perpaduan layar LTPS LCD dengna speaker AKG pada perangkat ini sangat memanjakan kalian saat menonton. Mulai dari Youtube, Netflix dan Disney+ Hotstar semuanya berjalan dengan jernih, baik segi tampilan gambar dan audio yang didengarkan. Cukup banget buat kalian yang hobi nonton streaming tanpa perlu dukungan speaker tambahan.

Sejauh Genmuda.com coba, penggunaan RAM 6 GB dan memori internal 128 GB masih sangat mempuni untuk banyak produktivitas harian anak muda. Saat dipakai browsing, membuka Microsoft Office, membuka email, hingga bermain game-game berat semuanya masih berjalan normal tanpa lag.

Gak cuma itu, kemudahan dalam mengoperasikan Galaxy Tab S7 juga makin lengkap dengan S Pen terbaru dari Samsung. Dengan latensi 9ms dan 4.096 level sensitivitas tekanan mampu memberikan gerak yang presisi terutama saat digunakan ketika menggambar dengan aplikasi desain grafis.

Sejumlah fitur bawaan dari seperti Samsung DeX, Samsung Notes, hingga Multi-Active Windows semakin memudahkan kalian dalam beraktivitas secara digital. Fitur paling membantu bagi Genmuda.com adalah Multi-Active Windows karena di sini pengguna juga bisa mengatur short-cut sesuai kemauan, memberikan catatan secara langsung, dan dapat memberikan kemudahan dalam multitasking di beberapa aplikasi yang sedang berjalan.

©Genmuda.com/2020 Liki

Terus gimana kameranya? Sebagai tablet pintar Genmuda.com bisa bilang fitur kameranya cukup oke. Dengan konfigurasi 13MP aperture f/2.0 dan 5MP aperture f/2.2 mampu memberikan tangkapan gambar secara mempuni. Hasil kamera depan 8MP juga cukup jernih dan tajam. Sehingga tablet ini juga sangat sesuai untuk kebutuhan video conference di masa pandemi seperti sekarang.

Fitur bawaan kamera Galaxy Tab S7 juga relatif standar seperti auto HDR dan scene optimizer, night mode, portrait mode, dan Pro mode. Walau gak ‘wow’ banget, namun hal ini sangat wajar mengingat jarang banget kan tablet dipakai untuk foto-foto, kecuali kepepet. He-he.

Wrap-up

©Genmuda.com/2020 Liki

Dari pengalaman Genmuda.com menggunakan Samsung Galaxy Tab S7, tablet ini cukup mendukung untuk berbagai kebutuhan gaya hidup di zaman sekarang. Dukungan baterai 8.000 mAh setidaknya mampu memenuhi kebutuhan harian Kawan Muda sekitar 5-6 jam non stop.

FYI, Galaxy Tab S7 sudah menggunakan fitur fast charging 45W. Namun sayangnya dalam paket penjualannya Samsung gak menyertakan kepala charger dengan daya yang sama, alias dijual secara terpisah.

Di atas kertas tablet ini nyaris menawarkan fungsi dari sebuah laptop pada umumnya. Pengguna juga diberikan aplikasi pendukung seperti Microsoft Office, Clip Studio Paint maupun Canva. Walaupun agak disayangkan karena beberapa aplikasi tersebut bersifat trial.

Genmuda.com juga menyarankan akan lebih maksimal jika pengguna menggunakan cover tambahan atau cover keyboard, lantaran saat mengoperasikan beberapa aplikasi berat maka suhu di belakang tablet akan sedikit meningkat. Kendati demikian penulis merasa jika Galaxy Tab S7 layak masuk dalam jajaran tablet terbaik di tahun 2020 dengan harga Rp 13 jutaan saat peluncurannya bulan lalu.

Dukungan fitur serta aksesoris seperti S Pen dan cover keyboard semakin mempermudah kalian dalam menggunakannya sebagai tablet serba bisa buat anak muda. Dipakai kerja boleh, dipakai buat hiburan juga ketcjeh. Tertarik? (sds)

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.