Minggu, 4 Desember 2022

Genmuda – Biarpun paling sering jadi bahasan, cinta bukan jadi hal yang paling dibutuhin remaja dan anak muda di seluruh dunia. Justru respect adalah hal yang paling diinginkan remaja dan anak muda hampir di seluruh dunia.

Rasa ingin dihargai dan dapat respon postif itu yang bikin orang-orang usia belasan hingga duapuluhan tahun jadi orang ambisius, atau rela ngelakuin hal-hal gokil yang berisiko. Dan mereka sengaja melakukan itu untuk mengejar glory.

Dua hal inilah yang kemudian bikin mereka sering banget update medsos. Kalo kata lembaga penelitian Pew Research Center (PRC) yang dkutip situs The Atlantic, 2014, di usia tersebut para remaja biasa ngelakuin suatu hal baru supaya dihargai orang-orang sebayanya.

Cara tersebut tercermin dengan aktivitas di media sosial. Bahkan jumlah like dan share pada postingan mereka di media sosial seolah menjadi salah satu pengakuan dari netizen.

Pengen dianggap jadi orang dewasa

via: Make a GIF

Sementara itu, situs Understanding Teenagers menyatakan hal yang mirip. Katanya, “Anak muda bisa termotivasi bekerja keras kalau yang dikerjakannya punya makna. Itu sesuai dengan keinginan alamiah mereka untuk diperlakukan seperti orang dewasa.”

Intinya, anak muda engga mau dianggap remeh. Dorongan itu yang bikin anak muda ngelakuin banyak hal seperti orang dewasa. Dampak positifnya adalah para pemuda jadi belajar soal profesionalitas, tanggung jawab, atau bahkan berbisnis.

Sementara dampak negatifnya, pola hidup negatif orang dewasa juga bisa ditelen mentah-mentah sama anak muda. Misalnya aja kayak merokok atau menonton film bokep. Nah loh? Kamu kayak gitu engga?

Pengen bersenang-senang

©Genmuda.com/2016

Ada pula waktu dimana anak muda ngelakuin hal yang engga ada maknanya cuma buat kesenangan semata. “Itu jadi motivasi yang juga kuat bagi anak muda,” tulis situs Understanding Teenagers.

Alasan itulah yang bikin mereka sering nongkrong, punya banyak komunitas, atau bahkan nyari pacar. Terkadang, persaingan juga bikin seorang anak remaja dan anak muda ngerasa bersenang-senang. Karena sebab itu pula, game online, olahraga, dan upaya tikung-menikung dalam hubungan asmara sering orang lakuin sepanjang masa remaja dan mudanya. Kalo engga gitu, kurang greget aja. Ya kan?

Kesimpulannya, dorongan-dorongan inilah yang bikin anak muda punya ambisi buat jadi yang paling, paling, dan paling di lingkungan masyarakat. Mulai paling modis lah, paling keren lah, atau paling gokil sekalipun. Gimana menurut Kawan Muda? Motivasi apa yang bikin kamu ngelakuin suatu hal baru? Yoks tulis komentar kamu di bawah ini. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.