Kamis, 3 Desember 2020

Genmuda – Ngejalanin kuliah pada dasarnya emang engga gampang, tapi di sisi lain juga engga perlu dibawa ribet apalagi lebay. Engga bisa diungkirin lagi kalo kuliah tetap aja bakal nimbulin sejumlah kekhawatiran tertentu bagi para mahasiswa.

Engga peduli kamu mahasiswa baru, mahasiswa senior, atau koboi kampus alias mahasiswa abadi, di setiap awal semester pasti ada aja hal-hal yang berpotensi bikin kamu resah. Ya sebetulnya kamu udah engga asing lagi sih sama berbagai hal tersebut. Tapi, tetap aja semua itu masih bisa pengaruhin kamu.

Emangnya apa aja sih hal-hal yang suka dikhawatirin para mahasiswa di setiap awal semester? Well, sebagian besarnya sih ya jelas masih berhubungan sama sisi akademik dari perkuliahan itu sendiri. Kalo kamu masih belum percaya juga, kamu mendingan liat dulu aja 5 contoh di antaranya berikut ini:

1. Salah kelas

via funnyisms.com

Meski kamu udah sekian lama tiap hari bolak-balik kampus, tetap aja yang namanya salah kelas itu masih mungkin banget terjadi. Alhasil, di H-1 sebelum perkuliahan dimulai, kamu dan teman-teman kamu pasti bakal ramai di grup buat saling tanya kelas. Terlepas dari itu, biasanya sih di hari H-nya sebagian dari kalian masih ada aja yang bakal bingung muter-muter nyari kelas lagi.

2. Dosen killer

Beda semester, otomatis dosen-dosen yang ngajar kamu juga bakal ada yang beda. Kalo dapet dosen yang udah kenal tapi cuma belum pernah ngajarin kamu aja sih masih engga apa-apa. Sebaliknya, kalo dapet dosen yang benar-benar baru dan terkenal galak atau pelit ngasih nilai, yang ada belum apa-apa kamu malah udah bakal snewen duluan.

3. Tumpukan tugas

via tumblr.com

Hal yang satu ini jelas engga kalah bikin dag dig dug di awal setiap semester perkuliahan. Baru juga pertemuan pertama, eh ternyata si dosen udah langsung gercep ngasih silabus yang isinya deadline tugas. Lah belajarnya aja belum, masa tugasnya udah numpuk duluan? Sabar ya, Kawan Muda!

4. Salah jurusan

Kira-kira gue udah cocok belum ya masuk jurusan ini? Kalo nanti udah lulus, kira-kira gue bakal kerja apa ya dengan jurusan gue yang sekarang? Well, pertanyaan-pertanyaan semacam itu emang kerap terlintas di otak banyak mahasiswa dan terbilang cukup wajar. Mau kamu udah semester akhir dan tinggal skripsi sekalipun, kekhawatiran akan hal ini ada kalanya bakal nyerang kamu. We’ve all been there kok!

5. Kapan lulus

via bustle.com

Baru juga awal semester, eh udah mikirin lulus kuliah aja. Hal ini sebenarnya engga salah loh. Yang salah itu adalah kalo kamu cuma terus-terusan khawatir doang, tapi engga ada usaha buat bisa lulus. Emangnya kamu yakin bisa lulus cuma dengan bermodal khawatir? So, semangat kuliah, Kawan Muda!

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer