Senin, 22 April 2024

Genmuda – Engga di darat atau di laut, di desa atau di kota, manusia tetep aja punya cara buat ngerusak alam. Engga perlu mikir penebangan hutan atau perampokan ikan, itu kayaknya terlalu berat buat Genmuda.com bahas. Soalnya, ada satu hal kecil yang sering dilakuin dan berdampak besar buat alam. Atau jangan-jangan (mungkin) kamu pernah melakukannya?

Emang apaan sih? Jawabannya ya buang perasaan sampah sembarangan. Keliatannya sepele emang. Tapi, kalo dilakuin banyak orang efeknya bisa jadi besar juga.

Fotografer dan media dari seluruh dunia udah sering banget munculin foto soal kerusakan lingkungan. Tapi, foto-foto di bawah ini yang punya efek ngena banget loh buat kita. So, liat deh foto dan cerita di balik pemotretannya biar kamu engga gagal paham lagi buat buang sampah sembarang.

1. Albatros Pasifik Berisi Sampah Plastik

jangan buang sampah sembarangan
(Sumber: Chris Jordan/Chrisjordan.com

Foto ini diabadikan Chris Jordan, seorang fotografer Washington, Amerika Serikat di Midway Atoll, sebuah pulau di tengah Samudra Pasifik. Sejak 2009, doi udah bertekad mengabadikan dampak konsumsi massal manusia. Caranya, dengan melihat sampah plastik apa aja yang tersisa di dalam perut bangkai burung Albatros.

“Bagi saya, berlutut di atas bangkai itu bagaikan berkaca. Burung-burung ini jadi korban konsumerisme dan pertumbuhan industry yang tidak terkontrol. Tercekik hingga mati karena sampah yang kita buat, albatross-albatros yang mistis ini mengajak kita sadar bahwa tantangan yang kita hadapi ada di sekitar kita,” tulis Chirs di blog fotografinya.

2. Kantong Plastik Pun Menyamar Jadi Ubur-ubur Mediteran

jangan buang sampah sembarangan
(Sumber: Medasset)

Seperti yang terjadi dengan kamu, penyu di laut Mediterania juga salah mengira kantong-kantong plastik yang melayang di lautan ini sebagai ubur-ubur, makanan favorit mereka. Karena salah makan, banyak penyu yang akhirnya tersedak atau kena penyumbatan usus.

“Plastik yang menyangkut di usus penyu itu memberikan rasa kenyang palsu. Padahal, penyu itu kemungkinan besar sedang krisis nutrisi yang dibutuhkan,” tulis Mediterranean Association to Save the Sea Turtles (Medasset) dalam situs resminya.

3. Sangkutan Sampah Seusai Badai

Jangan buang sampah sembarangan
(Sumber: sas.org.au)

Organisasi peselancar peduli lingkungan Surfers Against Sewage bikin project fotografi ngabadiin polusi sampah rumah-tangga yang nyangkut di sejumlah pantai di Inggris. Salah satu yang bikin komunitas ini sebel adalah kebiasaan buang puntung rokok sembarangan. Makanya, salah satu gerakan organisasi itu bernama ‘No Butts On The Beach’.

“Laporan dari pemerintah Inggris menunjukkan dampak dan ancaman yang ditimbulkan sampah di lautan bagi ekosistem, makhluk laut, bahkan komunitas manusia di sekitarnya,” seperti yang ditulis Surfers Against Sewage di situsnya.

4. Bau Engga Sedap Lebih Menarik dari Budaya

jangan buang sampah sembarangan
(Sumber: gallagher-photo.com)

Hal pertama yang menarik minat seorang pakar foto jurnalistik Sean Gallagher di Jakarta bukanlah kemacetan, perpaduan budaya, atau makanannya. Bau engga sedap gorong-gorong dan sungai lah yang mengusik perhatian doi. Fotografer perwakilan National Geographic Creative dan anggota Royal Geographical Society Inggris itu pun langsung mengabadikan pemandangannya.

“Berdiri di tepi Ciliwung, saya memotret seorang keluarga menjaga toko. Beberapa meter dari sana, tepi sungai Ciliwung berada. Airnya yang cokelat mengalir di depan kami, menghanyutkan kantong plastik, botol, kotak polyester, dan sampah lainnya,” tulis Gallagher di blognya.

5. Selancar di Antara Sampah

jangan buang sampah sembarangan
(Sumber: Zak Noyle / A-Frame Photo)

Foto ini diabadikan Zak Noyle, seorang fotografer selancar yang menjepret aksi jawara peselancar local Dede Suryana di sebuah teluk di Pulau Jawa. Alih-alih fokus pada sang jawara, doi malah fokus pada sampah-sampah yang tergulung ombak.

“Gila banget. Saya terus melihat bungkus mie ngambang di sebelah saya. Sangat menjijikkan. Bahkan saya terus berpikir, sebentar lagi saya bakal liat bangkai manusia ngambang di laut ini,” kata Noyle seperti yang dikutip situs media Grind TV.

6. Nusa Lembongan Bali butuh Bantuan Sekali

Pemandangan Nusa Lembongan, Bali seperti yang dijepret Noyle. (Sumber: Take3.org.au)

Foto kondisi laut di Nusa Lembongan, Bali ini dijepret oleh Nick Pumphrey, seorang warga Inggris yang niatnya main ke Bali buat liat-liat ikan pari Manta Ray. Begitu doi nyebur ke laut, doi kaget, miris, dan kecewa karena pemandangan ikan pari bener-bener terganggu sampah yang melayang-layang di laut.

“Waktu itu, kapten kapal bilang, biasanya pemandangannya engga kaya gini. Mungkin benar kata dia. Tapi, masalahnya bukan itu. Warga sekitar sini terlalu banyak pakai produk plastik,” kata Pumphrey seperti yang dikutip situs organisasi peselancar Australia Take3.

Jadi, begitulah nasib laut kita sekarang, gaes. Selain enam hal di atas, Kawan Muda bisa nemuin lebih banyak bukti lain kok. Mungkin emang udah waktunya kita bantu alam buat lebih baik. Any comment? (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.