Kamis, 1 Oktober 2020

Genmuda – Disney kembali luncurin film keluarga yang menyentuh, kocak, sekaligus filosofis. Kali ini, pesan moralnya dikisahkan lewat petualangan seorang bocah bernama Pete (Oakes Fegley) bersama naga kesayangannya di film Pete’s Dragon.

Kisahnya dimulai waktu Pete sedang berjalan-jalan sama kedua orangtuanya di antara hutan. Perpaduan naskah, dialog, dan suasana adegan itu membuat penonton langsung jatuh cinta dan berempati dengan semua karakternya.

Begitu masuk 3-5 menit pertama, naskah buatan Toby Halbrooks, Malcolm Marmorstein, dan Seton I Miller yang disutradarai David Lowery langsung memicu keharuan. Siapapun yang berhati pasti bakalan mewek mulai dari sini (seengganya berkaca-kaca deh).

Singkat cerita, Pete bertemu seekor naga dan langsung akrab dengan hewan mistis tersebut. Konflik dimulai ketika orang lain yang mau menang sendiri dan pragmatis (mencari kesempatan dalam kesempitan) mengetahui keberadaan naga tersebut di dalam hutan.

Campur aduk

via Disney
Kiri-kanan: Natalie, Grace, dan Jack. (Sumber: Istimewa)

Selain bocah dan naga, ada juga karakter pendukung seperti bocah bernama Natalie (Oona Laurence), Grace si penjaga hutan (Bryce Dallas Howard), Jack yang jadi suaminya Grace (Wes Bentley), juga penebang kayu yang dipanggil Gavin (Karl Urban). Ada juga seorang kakek bijak bernama Meacham (Robert Redford).

Bukan hanya bikin sedih, performa cast dan tim produksi film ini juga mengundang tawa. Apalagi, dari tingkah laku Elliot yang ternyata lebih mirip seperti anjing daripada seekor naga yang menakutkan.  Terlebih fisiknya berbeda dari bentuk naga yang selama ini hadir dalam film-film Hollywood.

via Disney's
Elliot si naga bersama Pete di hutan. (Sumber: Istimewa)

Musik akustik beraliran folk jadi musik latar yang mendominasi dari awal hingga akhir film dengan latar pegunungan pinus. Penikmat lagu-lagunya ‘Birdy’, ‘Mumford and Son’s’, ‘The Head and The Heart’, atau ‘The Lumineers’ mungkin bakalan ngerasa homey banget kalo nonton film ini.

Meninggalkan pesan moral yang baik

via Disney
Gavin lagi di dalem hutan bersama kroninya. (Sumber: Istimewa)

Seperti film-film Disney lainnya, ‘Pete’s Dragon’ mengajak penonton buat engga pernah putus asa, cerdik, dan tetep punya harapan meski lagi dalam keadaan genting. Seperti dongeng anak-anak emang, tapi Disney punya cara tersendiri buat bikin pesan itu ngena juga buat remaja dan orang dewasa.

Overall, ‘Pete’s Dragon’ tetap memiliki unsur magis khas film-film Disney yang siap menyihir kamu. Terlepas dari kritik para reviewer di Internet, Genmuda.com cuma bisa bilang kalo film ini worth it banget buat kamu tonton. Di Indonesia, filmnya udah tayang sejak 8 September, tapi di Amerika Serikat baru rilis 12 Agustus. So, silakan buktikan sendiri kisah petualangan Pete bersama dengan Elliot. “Happy Watching!”

(sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.