Jum'at, 30 Oktober 2020

Genmuda – Di era yang serba update kayak sekarang ini, belum afdol rasanya kalo suatu hubungan engga diresmiin lewat media sosial. Sayangnya, hal itu sering kali justru malah memicu fenomena oversharing.

Kawan Muda mungkin masih ingat soal kasus selebgram Awkarin, yang beberapa waktu lalu ngehebohin dunia maya gara-gara nangis-nangis abis diputusin cowoknya, Gaga Muhammad. Nah, baru-baru ini, kasus yang hampir mirip udah dialami pula oleh selebgram lainnya, yaitu Rachel Vennya.

https://instagram.com/p/BKBQcoZD7e2/?taken-by=rachelvennya&hl=en

Namun demikian, engga kayak Awkarin yang diputusin pas Gaga ultah, Acel justru putus gara-gara cowoknya yang bernama Niko Al-Hakim alias Okin ketauan selingkuh sama cewek lain dan cewek tersebut minta pertanggungjawaban doi atas kehamilannya. Padahal, Okin udah ngelamar Acel dan mereka cuma tinggal nikah doang. Sakitnya tuh di sini deh pokoknya, Kawan Muda! *tunjuk dada*

Terlepas dari itu, engga bermaksud mojokin atau gimana-gimana, satu hal yang bisa dipelajari dari kasus Awkarin dan Acel adalah pacaran itu sebaiknya engga terlalu diumbar ke orang-orang. Salah satu alasannya sih ya jelas supaya engga malu abis dan nyesek-nyesek banget pas misalnya nanti tiba-tiba putus. Berikut ini adalah 5 alasan lainnya:

1. Engga perlu khawatirin pandangan orang lain

via tumblr.com

Kalo kamu udah ngebagiin sesuatu ke media sosial apapun itu jenisnya, otomatis kamu udah harus siap berhadapan dengan komentar seisi dunia. Sebaliknya, kalo kamu ngejalanin aja hubungan kamu apa adanya tanpa perlu ribet mikirin sering-sering posting ke medsos, kamu bisa ngubah cara pandang kamu dengan ngeyakinin diri kamu bahwa orang lain bakal ngelihat hubungan kamu sama kayak kamu. Dengan begitu, kamu dan pacar kamu pun bisa ngejalanin yang lebih bahagia.

2. Urusan pribadi biar jadi urusan pribadi

Sisi lain dari oversharing adalah curhat soal berbagai hal yang engga kamu sukai dari hubungan kamu, entah itu soal berantem, putus, atau yang lainnya. Padahal, curhat di medsos itu engga bakal nyelesain masalah sama sekali, yang ada justru bisa nambah masalah. Engga peduli kayak gimana konteksnya, tetap aja yang namanya urusan pribadi ya sebaiknya engga usah diumbar-umbar.

3. Bisa lebih total dalam hubungan

via tumblr.com

Di saat kamu bahagia akan sesuatu, seharusnya kamu bisa lebih terlibat dalam hal itu. Dalam hal hubungan misalnya, yang bikin kamu bahagia ‘kan apa yang kamu lalui sama pacar kamu. So, ngapain juga kamu ngeganggu hidup kamu dengan terus-terusan pusing mikirin buat update medsos?

4. Engga ada yang perlu dibuktiin

Masih terkait dengan poin pertama, pada dasarnya suatu hubungan yang baik bakal terjalin karena ada kemauan dari kedua belah pihak. Dengan kata lain, kamu dan pacar kamu jelas lagi engga dalam keadaan saling manfaatin buat ngebuktiin ke dunia bahwa kalian emang bahagia dan sebagainya. Kecuali hubungan kalian emang setting-an belaka, itu lain lagi ceritanya.

5. Biar hubungannya yang bicara, bukan postingannya

via celebuzz.com

Ingat, satu hal yang pasti dari hubungan kamu dan pacar kamu adalah hubungan itulah yang ngesahin kalian sebagai pasangan, bukan postingan kalian. Dengan demikian, kamu sebenarnya engga perlu lagi nyari pengesahan dari pihak luar. Intinya adalah kebahagiaan yang kalian punya berasal dari kebersamaan kalian, bukan dari postingan tentang kebersamaan kalian. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer