Selasa, 11 Agustus 2020

Genmuda – Semua orang udah tau manfaat dan enaknya piknik. Apa lagi, jalan-jalan ke tempat yang instagramable macam pantai, gunung, atau luar negeri. Tapi, ada di antara penggemar traveling bilang yang dicarinya adalah sensasi kegembiraan ketika melakukan perjalanan.

Sadar atau engga, Kawan Muda sebenarnya bisa merasakan sensasi petualangan tanpa perlu merogoh kocek dalam buat jalan-jalan. Engga percaya? Berikut ini yang bisa kamu lakukan biar menjadi sosok yang Genmuda.com sebut sebagai urban adventurer kekinian. Yuk, cekidot gaes!

1. Mencari jalan baru

(Sumber: YouTube Image)

Engga perlu trekking naik gunung kalo emang pengen jalan. Kamu bisa cari jalur baru dari dan ke sekolah, kampus, atau kantor. Biar engga mempengaruhi keterlambatan, kamu bisa blusukan ke jalan-jalan pintas baru di hari libur. Biar lebih menantang, matikan ponsel dan GPS. Jadi, kamu bakal bertanya dengan warga sekitar layaknya kamu mencari jalan ke lokasi pendakian gunung. Kalo ketemu jalur pulang-pergi baru kan lumayan buat menghindari macet.

2. Berbincang dengan orang asing

(Sumber: businessinsider.com)

Biar engga mati gaya waktu kamu sendirian di tempat umum, kamu bisa ajak orang di sekitar kamu ngobrol. Bagi beberapa orang, terutama mereka yang introvert, hal ini cukup menguras mental dan perlu keberanian. Namun begitu dilakukan, kamu bakal merasa senang layaknya berhasil mencapai prestasi tertentu. Pokoknya sensasinya engga bisa diungkapin kata-kata deh. (*tsah!)

3. Nongkrong di tempat baru

(Sumber: lachesispublishing.com)

Engga perlu jauh-jauh ke provinsi lain kalo kamu pengen mempelajari kebudayaan dan kebiasaan manusia. Soalnya, kamu bisa melakukan itu di tempat-tempat nongkrong di kota. Serius. Beda tongkrongan tuh beda atmosfer, kebiasaan, dan pola interaksinya. Kamu pun bisa ikutan nongkrong sambil menikmati suasana baru sekaligus banyakin relasi kamu.

4. Ikut volunteer

(Sumber: purelylocal.co.za)

Biar bisa langsung ngerasain berbincang dengan orang asing dan nongkrong di tempat baru, kamu bisa ikutan volunteer, kepanitaan, atau kegiatan sosial lain. Di situ kamu bakal ketemu banyak orang di satu tempat dan berinteraksi secara intens. Buat mahasiswa tingkat akhir, kegiatan volunteer juga bisa bikin resume atau CV kamu terlihat lebih meyakinkan.

5. Cari pacar baru

(Sumber: onehdwallpaper.com)

Cari pacar baru bisa dibilang level urban adventure yang lebih ekstrem dari ngajak ngobrol orang asing. Soalnya kamu bakalan terikat (atau semi-terikat) dengan orang yang sama sekali engga ada hubungan darah. Sensasinya mirip seperti open trip, namun tujuan akhir kalian adalah bahtera rumah tangga (sadis), bukan sekadar pantai atau gunung yang mainstream. Tapi pastiin kalo kamu jomblo daripada nanti terpaksa jomblo karena kegep selingkuh.

6. Pindah kerja

cewek kreatif
(Sumber: Istimewa)

Berhubung inti traveling adalah berpindah dari satu tempat ke tempat lain karena bosan di tempat lama, kamu yang mau jadi urban adventurer kekinian bisa melakukannya dalam bentuk pindah kerja. Daripada kamu bosan dan makan hati terus di tempat lama (udah gitu gajinya engga naik-naik), engga ada salahnya kamu ngelirik kantor baru. Tapi, inget. Jangan keseringan pindah atau resume kerja kamu bakal jelek.

7. Membesarkan anak

(Sumber: multiplemayhemmamma.com)

Kamu sendiri sejatinya adalah buah petualangan cinta orangtuamu. Pertama, karena engga ada buku manual soal cara membesarkan anak. Jadi, mereka perlu mencari jalan sendiri buat ngebesarin kamu dengan cara terbaik. Kedua, karena kamu sering jadi ‘roller coaster’ buat mood mereka. Kadang kamu ngangenin kadang kamu nyebelin. Perasaan seperti itu sepertinya menjadi bentuk petualangan paling tinggi yang bisa dirasakan manusia.

Gimana, mana yang paling pengen kamu lakuin saat ini? Ceritain ke Genmuda.com ya! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.