Minggu, 20 September 2020

Genmuda – Kenikmatan kopi bagi sebagian orang memang udah engga perlu diraguin lagi. Terlepas dari itu, banyak di antara kamu yang suka ngopi sampai sekarang mungkin masih ada aja yang belum begitu paham terkait gimana cara nikmatin kopi yang seutuhnya.

Engga peduli sesering apa kamu ngopi atau semahal apa kopi yang kamu minum, semua itu bakal jadi kurang sempurna kalau kamu nikmatinnya engga di saat dan dengan cara yang sempurna pula. Iya sih ujung-ujungnya emang bakal ditelan juga. Meski begitu, kalo ada momen dan cara yang lebih baik buat nikmatin kopi, kenapa kamu harus pilih yang biasa-biasa aja?

Nah, biar ke depannya kopi kamu bisa terasa makin nikmat sampai sruputan terakhir, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatiin lagi nih, Kawan Muda. Berikut ini adalah 5 contoh kesalahan yang mungkin suka kamu lakuin saat minum kopi, yang semoga engga bakal kamu lakuin lagi ke depannya:

1. Waktunya engga tepat

Minum kopi di tengah malam atau segera setelah bangun tidur pada dasarnya sama-sama engga baik. Kalo kemalaman kamu bakal sulit tidur, kepagian pun kamu bakal bikin kafeinnya jadi engga begitu efektif seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, biar kopi bisa bekerja maksimal pada tubuh kamu, usahain buat minum kopi antara jam 09.30 sampai 11.30.

2. Takarannya kurang pas

Konsumsi kafein yang berlebih emang bisa berakibat pada masalah kesehatan serius, kayak misalnya insomnia, peningkatan tekanan darah, jantung yang berdebar-debar, dan buang air kecil yang lebih sering. Meski begitu, para peneliti Harvard udah nemuin bahwa orang yang ngekonsumsi 3-5 cangkir kopi dalam sehari punya kemungkinan yang lebih kecil buat mati muda. Sebaliknya, European Food Safety Agency justru ngerekomendasiin takaran kafein maksimal 400 mg per hari.

3. Suhunya kepanasan

JSYK, sejumlah riset udah ngungkapin bahwa suhu terbaik buat nikmatin kopi adalah sekitar 57,8 derajat Celcius. Yang lebih menariknya lagi, baru-baru ini World Health Organization (WHO) berhasil nemuin pula bahwa minuman yang kepasanas bisa jadi salah satu penyebab kanker kerongkongan. Lebih tepatnya, suhu sekitar 70 derajat Celcius justru bisa jadi faktor karsinogenik ketimbang minumannya.

4. Biji kopinya disimpan di lemari biasa

Buat kamu yang suka bikin kopi sendiri (bukan cuma sekedar nyeduh kopi sasetan aja loh ya), ada baiknya kamu engga nyimpan biji kopi kamu di lemari biasa. Kalo kamu pengen cita rasa yang terbaik, kamu seharusnya nyimpan biji kopi kamu di freezer. Saat lebih dingin, biji kopi bakal ngehasilin partikel dengan ukuran kecil yang lebih konsisten, sehingga air bisa ngeekstrak rasanya lebih cepat.

5. Minum tanpa variasi

Coffee in a cone from @thegrindza ? #love #coffee #coffeeinacone #coffee #happiness #melrose

A post shared by Ornella Laura Varanini (@nellavaranini) on

Siapa bilang kopi cuma bisa dinikmatin di gelas atau cangkir doang tanpa tambahan apa-apa? FYI, ada banyak banget cara buat nikmatin kopi. Jika kamu pengen sesuatu yang baru, kamu bisa aja kok minum kopi dari kerucut es krim kayak gambar di atas. Selamat mencoba, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer