Selasa, 7 April 2020

Genmuda – Siapa sih yang gak suka makan? Makan adalah salah satu surga dunia, sahabat setia, dan pasangan sejati. Gak apa-apa gak punya pacar, yang penting masih bisa makan.

Tapi kalo Kawan Muda terlalu cinta sama makanan, lo harus hati-hati nih. Semua hal yang berlebihan emang gak baik gengs, termasuk juga sama kecanduan makan, atau bahasa kerennya, binge-eating.

Binge-eating ini adalah salah satu tanda penyakit yang bisa berbahaya loh. Serius lo?

Yup, ini gak bercanda. Binge-eating disorder termasuk dalam daftar Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders sebagai Eating and Feeding Disorder. Menurut Dr. Lauren Ozbolt, seorang psikiater di Los Angeles, ada beberapa ciri-ciri penderita binge-eating atau kecanduan makanan ini. Di antaranya sebagai berikut.

  1. Lo makan lebih cepat dari biasanya, kayak lagi ngejar-ngejar kereta.
  2. Lo makan terlalu over sampe perut kayak mau meledak.
  3. Lo tetep pengen makan walaupun sebenernya gak laper.
  4. Lebih suka makan sendirian, soalnya malu kalau dilihatin orang (karena lo kalo makan kayak habis nguli seminggu).
  5. Kadang merasa jijik sama diri sendiri (OMG KENAPA SIH GUE MAKAN MULU???)
  6. Kalo stres, pelampiasannya pasti jadi makan sebanyak-banyaknya.
  7. Mengalami ciri-ciri di atas setidaknya tiga bulan sekali atau bahkan lebih.

Gimana, gimana? Kalo semua tanda-tandanya lo udah check-list dan ngerasa,

ih bener ini gue banget! Kok tau sih? Jangan-jangan ini Mama Lauren ya!

Bukan, ini bukan masalah kejahatan terjadi bukan saja karena ada niat si pelaku, tapi juga karena ada kesempatan, tapi lo emang perlu waspada karena si binge-eating ini bisa berbahaya!

Kecanduan makanan bisa sangat merusak, baik secara fisik maupun psikologis. Coba aja lo disuruh makan nasi padang 10 porsi, walaupun gratis dan nasi padang sangatlah menggoda iman, tapi cuma secuil orang yang mampu ngabisin 10 porsi sekaligus, tanpa muntah-muntah dan mengibarkan bendera putih.

Makan berlebihan emang berbahaya, dan kenapa bikin kita mual? Soalnya itu bikin usus kita menderita. Bayangin dong, kalo usus disuruh kerja rodi memproses makanan yang jumlahnya gak kira-kira, apa lo gak kasihan? Udah over-working, gak dapet lemburan pula.

Selain itu, walaupun kita hidup di tengah-tengah ketidakpastian, yang udah pasti bisa terjadi kalo lo makan berlebihan adalah naiknya berat badan secara ekstrem. Nah inilah yang bisa mengganggu sisi psikologis kalo lo ngerasa stres gara-gara berat badan naik tapi gak bisa berhenti makan, terus apa yang terjadi? Lo bisa menderita bulemia. Serem ‘kan?

Oke-oke, sebelum lo ketakutan sendirian, lebih baik kita cari tau dulu, kenapa sih orang bisa menderita binge-eating dan apa penyebabnya?

Kecanduan makanan ini bukan cuma berakar pada makanannya aja. Misalnya, gara-gara lo suka banget sama cokelat, terus jadi kecanduan makan cokelat sampe kantong jebol, apalagi kalo cokelatnya harus langsung diimpor dari Swiss.

Binge-eating disorder lebih merupakan gangguan psikis, yang akhirnya terlampiaskan pada makanan. Stres gara-gara nilai ujian jelek, akhirnya makan. Galau berat abis diputusin pacar, lari nya ke makanan. Atau kebiasaan kalo mau tidur harus ngabisin cemilan di kulkas, ya jadinya harus makan. Gangguan-gangguan psikis inilah yang nyebabin kamu akhirnya kecanduan makan, dan susah ngeberhentiin kebiasaan ini.

So, apa yang harus dilakuin? Tenang, jangan panik.

Ada beberapa cara alami yang bisa kamu lakuin buat terlepas dari binge-eating. Pertama, stay positive! Jaga diri biar gak stres, toh hidup cuma sekali loh guys.

Terus, kalo lo addicted banget sama satu jenis makanan, coba deh ganti makanan tersebut dengan jenis makanan lainnya yang bikin sehat, kayak sayur dan buah. Dan batasi makan makanan yang bikin kamu kecanduan, misalnya cuma boleh satu atau dua kali seminggu. Jangan maksa makan kalau perut lo udah penuh. Itu sama aja kayak lo maksa gebetan buat jadi pacar, padahal dia gak suka sama lo.

Terakhir biasain makan teratur tiga kali sehari dan mengkonsumsi empat sehat lima sempurna. Serta jangan lupa berolahraga. Kalo lo masih juga ngerasa kecanduan makanan setelah nyoba cara-cara di atas, segera periksain ke dokter ya. Ini serius loh, dari pada bahaya nantinya. (sds)

Comments

comments