Senin, 26 Oktober 2020

Genmuda – Seiring dimulainya semester baru perkuliahan, kamu mungkin udah ngebayangin bakal kayak gimana perjalanan kamu ke depannya. Sayangnya, namanya juga rencana manusia, ujung-ujungnya pasti ada aja yang cuma kayak angin lalu.

Engga peduli kamu masih di semester awal atau udah masuk semester akhir, sebagian besar resolusi kamu di tiap semester baru pada dasarnya pasti engga bakal jauh-jauh dari soal akademik atau kebiasaan buruk kamu sehari-hari. Mulai dari nunda-nunda kerjaan sampai malas kuliah, semuanya dijamin bakal ada di daftar resolusi perkuliahan kamu.

Namun demikian, ibarat kata Patricia Gunawan, “Realistis deh bok jadi orang.” Kalo belajar dari pengalaman yang udah-udah nih ya, sebagian besar resolusi kamu itu justru kemungkinan besar bakal kamu langgar. So, engga maksud pesimis atau gimana, berikut ini adalah 5 contohnya, yang biasanya udah langsung engga kesampean dalam hitungan minggu:

1. Nyusun jadwal

Minggu-minggu pertama kuliah, kamu mungkin udah kebayang bakal kayak gimana pembagian waktu antara kuliah, UKM, dan kegiatan kamu yang lainnya. Hingga kemudian sebulan berlalu, kamu rasanya jadi mulai kualahan dengan tugas yang numpuk dan segudang aktivitas yang harus kamu jalanin di luar kuliah. Alhasil, jadwal yang udah kamu susun pun cuma tinggal kenangan.

2. Kurang-kurangin telat dan bolos

via gurl.com

Kesannya emang sepele, tapi justru ini bisa jadi resolusi yang paling sulit buat dilakuin. Di seminggu pertama kuliah, kamu mungkin masih semangat buat bangun pagi dan hadir di semua kelas, bahkan yang dimulai dari pukul 07.00 WIB sekalipun. Berlanjut ke minggu-minggu berikutnya sampai ke pertengahan semester, semangat kamu akhirnya mulai kendor. Apalagi kalo kamu masih punya jatah bolos, yang ada kamu pasti bakal lebih milih buat ngegunain kesempatan tersebut.

3. Ngelarin tugas sebelum deadline

Engga kalah sulit dari poin sebelumnya, ada pula resolusi buat ngelarin tugas sebelum deadline. Ini sebenarnya merupakan resolusi yang terbilang mulia, soalnya ini nunjukin betapa kamu seorang murid yang teladan. Sampai kemudian negara Api menyerang, baru deh kamu balik lagi ke kebiasaan lama kamu, yaitu ngerjain tugas di malam sebelumnya (itu juga udah tengah malam di saat mata udah setengah sadar pula) atau bahkan di beberapa jam jelang deadline.

4. Lebih rajin belajar dan perbaikin nilai

via theodysseyonline.com

“Oke, semester ini gue mau ngurangin nongkrong-nongkrong engga jelas dan banyakin belajar buat ningkatin IP dan IPK gue.” Sherina lo, Kawan Muda? Yakin engga bakal ciut pas dapet dosen yang killer-nya minta ampun? Yakin bakal tetap teguh pada pendirian kamu walaupun mata kuliahnya engga kamu minatin? Well, kalo yakin sih ya syukur, kalo engga ya apa mau dikata.

5. Nyisihin uang buat nabung

Terlepas dari perkuliahan, ada satu lagi nih resolusi mahasiswa yang engga boleh dilupain, yaitu nabung. Di awal-awal semester (apalagi pas baru dapet uang saku dari ortu), keinginan kamu buat nabung mungkin masih cukup besar. Namun demikian, setelah kamu ngerasain pengeluaran buat beli buku kuliah dan ini itu, biasanya keinginan kamu ini perlahan tapi pasti bakal memudar. Benar engga tuh, Kawan Muda? (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer